window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya

Enda · 6 Nov, 2021 08:00

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 01

Volvo B12M satu-satunya bus bermesin tengah milik PO Nusantara

Pada umumnya bus yang dijual di Indonesia menggunakan mesin depan FR (Front Engine-Rear Wheel Drive) dan mesin belakang RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive). Namun tahukah kalian, pada 2005 pabarikan otomotif asal Swedia, Volvo group pernah mendatangkan sasis bus bermesin tengah di Indonesia yang dinamai dengan Volvo B12M.

Seperti yang diketahui, Volvo B12M merupakan satu-satunya bus bermesin tengah (middle engine) di Indonesia yang dimiliki oleh PO Nusantara asal Kudus, Jawa Tengah. Tak seperti bus pada umumnya, mesin yang diletakan di tengah memiliki beberapa keunggulan, yakni lebih stabil disaat bermanuver karena posisi mesin yang di tengah membuat mobil lebih seimbang. Selain itu, traksi ban juga memiliki kekuatan yang merata, efek dari titik berat yang tersebar merata.  

Namun untuk kekurangannya, ruang kabin menjadi lebih terbatas karena sudah habis untuk mengakomodasi mesin yang umumnya berukuran tidak kecil. Disisi lain, akses untuk perawatannya juga lebih sulit.

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 02

Tampilan belakang Volvo B12M (foto: Awansan.com)

Dalam proses pembangunan manjadi bus secara utuh, saat itu bus Volvo B12M yang dimiliki PO Nusantara memerlukan waktu hingga tiga tahun lamanya di rumah industri karoseri Adiputro, Malang, Jawa Timur. Hal ini terjadi lantaran pihak Volvo pusat harus melakukan supervisi yang ketat karena B12M ini merupakan sasis pertama bahkan satu-satunya di Indonesia sehingga diharuskan banyak melakukan konsultasi dengan pabrikan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 01

Area kokpit Volvo B12M (foto: Awansan.com)

Hadir dengan model Setra Smile selendang, Volvo B12M kepunyaan PO Nusantara ini dikhususkan sebagai bus pariwisata premium dengan desain interior yang mewah dimana joknya menggunakan sofa yang dilapisi kulit. Selain itu, didalamnya juga terdapat kursi pijat elektrik serta tambahan televisi LCD 32”.

Agar semakin berkelas, di dalam bus ini juga terdapat dua tempat tidur, dapur kering lengkap dengan kulkas, microwave, pemanas air, dan pemanggang roti. Agar penumpang semakin nyaman perjalanan, bus ini dilengkapi dengan sistem infotaiment yang bisa untuk karaoke serta adanya jaringan internet.

Baca juga: Bismania Wajib Tahu, Alasan Bus Mercedes Benz OH 1626 Cocok Digunakan AKAP dan Pariwisata

Selain Bertenaga, Fitur Keselamatan Busa Volvo B12M Terbilang Jempolan! 

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 02

Sasis bus Volvo B12M sebelum dibawa ke karoserie

Menurut data spesifikasi, Volvo B12M ini dibenamkan mesin diesel DH12 berkubikasi 12L 6 silinder segaris turbocharger dan intercooler yang mana mampu memeras tenaga hingga 422 PS @1.800 rpm serta torsi maksimum 2.000 Nm @1.200 rpm. Untuk tingkat percepatannya, bus ini menggunakan transmisi manual 8-percepatan (7 maju dan 1 mundur).

Bicara soal fitur keselamatan, bus Volvo B12M ini berhasil disematkan fitur safety berupa Anti-lock Braking System (ABS) dan retarder sebagai pembantu fungsi pengereman bus.

Spesifikasi Volvo B12M
Jarak Sumbu Roda 6.200 mm
Panjang Keseluruhan 10.007 mm
Tinggi Keseluruhan Rangka 866 mm
Lebar Keseluruhan 2.471 mm
GVW 19.000 Kg
Tipe Mesin Mid-mounted, 6 silinder diesel turbo intercooler, injeksi langsung elektronik
Kapasitas 12.100 cc
Tenaga 422 PS @1.800 rpm
Torsi 2.000 Nm @1.200 rpm
Transmisi Manual 8-percepatan (7 maju dan 1 mundur)
Suspensi Electronically Controlled Suspension with air bellow suspension and shock absorbers
Alternator 3 x 110 A
Batere Flash 24 V – 2 x N 150 A
Sistem Kemudi Power steering ball & nut dengan servo unit. Tuas dilengkapi high & tilt steering
Sistem Pengereman Volvo drum brakes air system with ABS
Rem Parkir Aktuasi pegas tabung rem pada tromol roda belakang
Kapasitas Tangki 450 liter (3 x 150 liter)
Ban Michelin XZE 295/80/R 22,5
Emisi Euro3, EEV
Exhaust Stainless steel exhaust system with SCR catalytic converter

Baca juga: Adu Spesifikasi Mitsubishi Canter FE 74 HD VS Isuzu ELF NMR 71, Mana yang Paling Perkasa?

Selain B12M, Volvo Juga Pernah Menjajakan Beberapa Varian di Segmen Big Bus

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 03

Bus Volvo B7R (foto: Arya Saputra)

Dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air khususnya di segmen bus besar, Volvo sendiri pernah memperkenalkan beberapa varian selain B12M, yakni: B7R, B8R dan B11R.

Untuk B7R sendiri populasinya sangat sedikit karena kurang begitu diterima oleh para pelaku usaha otobus. Hal ini terjadi lantaran untuk ketersediaan sparepart bus B7R ini terbilang langka dan sulit didapat.

“Saat itu kami punya Volvo B7R yang memang populasinya tidak banyak. Namun saat ini kita punya Volvo B8R untuk 2 axle atau 2 sumbu roda dan B11R 3 axle atau 3 sumbu roda,” Ujar Eka Lovyan, Chief Operational Officer PT. Indotruck Utama.

Eka Lovyan menambahkan, bus Volvo B8R dan B11R saat ini banyak digunakan oleh Transjakarta dan beberapa PO bus di Indonesia untuk mendukung kemajuan transportasi di Indonesia.

“Soal ketersediaan sparepart B8R dan B11R jangan khawatir, kami memastikan untuk ketersediannya. Mengingat kita dekat dengan Singapore, sehingga bisa dengan mudah mengambil suku cadang dari sana. Terlebih kami siap dengan cepat melakukan perbaikan apabila terjadi kerusakan terhadap beberapa produk kami,” ungkapnya.

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 04

Bus Volvo B8R

Bicara Volvo B8R atau 8400, bus ini menggunakan mesin D7A 8.000 cc dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-speed integrated retarder dan optimised rear axle ratio. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan sebesar  332 PS dengan torsi 1200 Nm.

Pada sistem keselamatannya, Volvo B8R sudah dilengkapi EBS, ABS, Brake Blending, Hill Start Aid, Brake Assist, ESP, integrated hydraulic retarder. Soal kenyamanan, bus ini memakai suspensi udara yang dikontrol secara elektronik dengan Electronically Controlled Suspension (ECS).

Volvo B12M Pernah Dijual di Indonesia Sebagai Satu-satunya Bus Bermesin Tengah, Yuk Intip Spesifikasinya 05

Bus Volvo B11R (foto: @satriam.q_)

Bagaimana dengan Volvo B11R? Secara data bus ini telah tersematkan mesin diesel D11K 10.837 cc 6-silinder turbocharged dan aftercooler yang dapat melecutkan tenaga sebesar 372 PS dengan torsi maksimal 1.770 Nm.

Mengenai tingkat percepatan yang digunakan, varian ini didukung transmisi otomatis ZF, 6AP2000B, 6 percepatan otomatis yang tengah dilengkapi teknologi Automatic Idle Shift (AIS) dengan Torque Converter. Tidak hanya itu, transmisinya ini terintegrasi dengan retarder dan Electronic Control System (ECS) untuk memudah dalam melakukan pengereman.

Oh iya, untuk sistem pengereman sendiri B11R sudah menggunakan disc brake yang dikontrol secara elektronik dengan sistem EBS. Selain itu juga terpasang Electronic Stability program (ESP), sehingga disc brake dapat mengunci secara bersamaan. Hal Ini tentunya dapat mencegah bus melintir pada saat pengereman mendadak saat berada pada kecepatan tinggi.

Sama seperti B8R, Volvo B11R menggunakan suspensi udara yang dikontrol secara elektronik dengan Electronically Controlled Suspension (ECS).

Baca juga: Dibandrol Rp1 Miliaran, Mercedes-Benz New Sprinter Siap Jadi Mobil Travel Premium

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Volvo XC90 T5 Momentum

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil