window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bukan Yamaha, Ini Yayama R6 Kloningan dari China dan Bukan Moge

Adit · 25 Agu, 2021 15:00

Pabrikan otomotif di China seperti tak ada hentinya untuk meniru desain dan bentuk ragam motor yang dijual resmi di pasaran. Beberapa model mulai dari skutik entry level hingga motor besar pun tak luput dibuat kloningannya. 

Salah satu motor tiruan yang paling menarik perhatian adalah Yayama R6. Dari namanya sudah ketahuan dia kloningan dari motor sport Yamaha R6. Secara bentuk dan permainan warnanya mencoba mengadopsi R6 yang diproduksi tahun 2008. Khususnya varian yang memiliki kelir kombinasi putih, merah, dan hitam.

Bukan Yamaha, Ini Yayama R6 Kloningan dari China dan Bukan Moge 01

Yayama R6, kloningan Yamaha R6.

Baca Juga: Sadis, Replikasi Vespa 946 cuma Dijual Rp6 Jutaan!

Kemudian melihatnya dari depan juga punya dua lampu utama. Di tengahnya terdapat lubang sebagai aliran udara ke sistem pendingin. Spionnya juga berupa model tangkai, tapi kelihatan ringkih karena merupakan produk aftermarket

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tampak secara menyerong Yayama R6 ini malah terlihat seperti bocah yang pakai baju kedodoran. Fairing-nya terlihat besar serta tetap dibubuhi lampu sein, tapi finishing-nya kurang rapi sehingga banyak celah yang memperlihatkan bagian mesinnya yang cenderung kopong. 

Bukan Yamaha, Ini Yayama R6 Kloningan dari China dan Bukan Moge 01

Yayama R6 punya wujud yang cingkrang.

Bedakan dengan Yamaha R6 asli. Bentuk fairing-nya diproduksi rapi sehingga layout mesinnya tak nampak. Mencirikan motor sport balap sesungguhnya yang mengedepankan aspek aerodinamika. 

Tangkinya dibuat tinggi serta dipasang jok model bertingkat. Buritannya juga meruncing kemudian disematkan bracket tambahan pada rangka belakang sebagai foot step penumpangnya. Tapi lagi-lagi seperti tidak dirancang baik karena ada bagian rangkanya yang terekspos. 

Bukan Yamaha, Ini Yayama R6 Kloningan dari China dan Bukan Moge 02

Motor tiruan Yamaha R6 bernama Yayama R6.

Namun biar makin mirip Yamaha R6, si desainer tak menanggalkan bagian printilan moge tersebut. Ya, Yayama R6 tetap dipasangkan hugger untuk menghalau kotoran supaya tidak mudah masuk ke bagian mesin. 

Baca Juga: Bikin Heboh, 10 Motor Kopian asal Cina ini Sudah Beredar di Jalanan!

Yayama R6 Bukan Moge, Mesinnya 150 cc

Masuk ke kaki-kaki untuk bagian depannya pakai suspensi upside down. Yang bikin nyeleneh adalah sepakbor depannya punya gap yang jauh dengan lingkar ban. Selain itu pada bagian belakang sepakbor ditambah pengait besi. Entah agar menahan lekukannya ke bawah atau sebagai pengunci biar tidak mudah goyang. 

Biar makin 'moge look' ditanam juga rem cakram ganda. Namun ukuran rodanya belum terungkap. Tapi yang pasti menggunakan profil ban gambot yang kelihatannya terlalu besar ukurannya, serupa ban donat. 

Bukan Yamaha, Ini Yayama R6 Kloningan dari China dan Bukan Moge 03

Motor Yayama R6 warnanya dibuat mirip Yamaha R6.

Pun dengan roda belakang juga belum diketahui secara detail ukurannya. Anehnya desain velg punya dua warna yang mengedepankan unsur retro. Namun bukan masalah besar karena dia tetap pakai cakram belakang dan single monoshock yang disematkan pada lengan ayun yang unik.

Kenapa unik? alih-alih pakai model banana khas moge sport yang tebal, swing arm pada Yayama R6 justru pakai model ramping dan minimalis seperti motor sport 150 cc. Oleh karena itu secara keseluruhan dari foto tampak cingkrang lewat kombinasi kaki-kaki tersebut.

Bukan Yamaha, Ini Yayama R6 Kloningan dari China dan Bukan Moge 04

Inilah wujud Yamaha R6 yang sesungguhnya.

Faktanya motor sport Yamaha R6 KW super tersebut memang bukan moge. Secara bentuk dan wujudnya sudah terkuak sama sekali tidak termasuk keluarga motor besar. Ini karena rangkanya ternyata cuma menggendong mesin 150 cc!

Sayangnya tak ada detail yang merinci spesifikasi mesin motor itu. Mengenai harga jualnya juga belum terungkap. Kemungkinan sebagai motor modifikasi motor sport 150 cc yang diubah serupa moge R6. Dugaan ini menguat karena knalpotnya pakai aftermarket, begitu pun dengan bagian handle bar

Baca Juga: Tiruan Honda ADV150 Asal Cina Masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia Juga?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });