window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Semacam Jodoh, Kecocokan Pemilik Motor dan Mekanik Bengkel mesti Terjalin

Ary · 9 Sep, 2021 12:30

Melakukan servis di bengkel, menjadi opsi utama bagi pemilik yang ogah repot mengoprek motornya di rumah. Namun, tak jarang juga empunya kuda besi merasa kurang sreg sepulangnya dari bengkel. Ada saja keluhan, sementara uang yang dikeluarkan lumayan banyak. Jika sudah begini, kecil kemungkinan dirinya kembali ke bengkel tersebut. 

Terlepas dari adanya aksi nakal, kecocokan antara pemilik motor dan mekanik bengkel sejatinya memang mesti terjalin. Semacam jodoh. Dalam hal ini pemilik suka karena diperlakukan dengan baik. Sementara mekanik atau pihak bengkel, menghargai rupiah yang Anda keluarkan dengan memberikan pelayanan terbaik. 

Tips Mengetahui Mekanik dan Bengkel yang Memberikan Pelayanan Terbaik.

Ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk mengetahui mekanik dan bengkel yang mementingkan kepuasan konsumen.

Baca juga: Ingat, Motor Injeksi Bukan Berarti Bebas Perawatan! Jangan Lupa Cek Bagian Ini

Lalu, bagaimana cara mengetahui mekanik bengkel tersebut memperlakukan Anda selayaknya pasangan? Menukil dari beberapa sumber, beberapa hal berikut bisa Anda praktekkan saat berkunjung ke sebuah bengkel. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Pendengar yang baik

Mekanik yang baik akan mendengarkan keluhan konsumen dengan seksama. Setelah mengetahui masalah, mekanik mendiagnosa lantas menerangkan sekaligus mengkonfirmasi kemungkinan adanya kerusakan pada salah satu bagian sepeda motor. 

2. Menawarkan solusi

Saat ada kerusakan pada suatu komponen, mekanik umumnya menyarankan penggantian spare part baru. Tapi, mekanik baik pasti akan menawarkan solusi berupa perbaikan (jika masih memungkinkan). Bukan berarti tak perlu diganti. Tapi paling tidak, penggantian suku cadang tesebut bisa dilakukan pada servis berikut. 

3. Menjelaskan harga secara rinci

Untuk poin ketiga ini, biasanya dilakoni si pemilik bengkel. Setelah mengetahui item apa saja yang harus diganti, mekanik akan melaporkan kepada si bos untuk memeriksa ketersedian suku cadang motor. Di sini, wajib hukumnya untuk Anda mendapatkan penjelasan harga secara rinci, termasuk biaya pamasangannya.

Tips Hindari Mekanik Bengkel Nakal

Mekanik yang baik akan transparan kepada konsumen.

Baca juga: Lupa Ganti Oli Mesin, WFH Dijamin bikin Kantong Jebol!

4. Transparan 

Jika sudah sepakat, mekanik akan melanjutkan tugasnya. Di sini, ada baiknya Anda pantau pekerjaan si mekanik. Dari situ, Anda bisa melihat proses penggantian spare part lama dan baru secara jelas. Namun tanpa diminta pun biasanya mekanik yang baik akan berlaku transparan. Dia akan memperlihatkan komponen baru dan lama saat tahapan pemasangan berlangsung.

5. Memberikan garansi

Selain mekanik, bengkel yang baik juga akan memberikan garansi kepada konsumen setelah servis berlangsung. Anda bisa kembali lagi jika masih mendapati adanya keluhan. Pihak bengkel tentu tak ingin bekerja dua kali untuk satu orang konsumen saja. Maka dari itu, bengkel dengan layanan garansi akan bekerja sebaik mungkin agar meminimalisir keluhan. 

Upaya Federal Oil Cetak Mekanik Terbaik

Seperti kami sebutkan di atas, kepuasan terlihat dari seberapa baik mekanik maupun pihak bengkel memperlakukan pemilik motor. Upaya ini pun dilakukan pula oleh Federal Oil terhadap jaringan penjualannya. Mereka sepakat, mekanik dari bengkel-bengkel umum berjuluk Federal Oil Center (FOC) merupakan garda terdepan. 

Kontes Mekanik Federal Oli 2021

Ujian pada kontes mekanik Federal Oil selevel dengan tes di bengkel resmi.

Baca juga: Oli Baru Mobil Series Dari ExxonMobil Tetap Berkualitas dan Kian Ekonomis

Oleh karenanya, Federal Oil konsisten untuk tetap menyelenggarakan kontes mekanik yang sudah dilakoninya sejak 2017 silam. Ajang ini ditujukan sebagai komitmen untuk meningkatkan kemampuan dan menjamin kualitas para mekanik di FOC. Tak ada alasan lain, Federal Oil ingin setiap konsumen mendapatkan pelayanan maksimal lantaran pengerjaan dilakukan dengan standar tinggi.

Meski begitu, keunikan terjadi pada penyelenggaraan Federal Oil Mechanic Contest 2021. Lantaran adanya kebijakan PPKM, kompetisi antar mekanik FOC pun dilakukan secara online. Tapi, hal itu tak sedikit pun mengurangi antuasisme helatan karena Federal Oil mampu menarungkan sebanyak 466 mekanik dari 287 FOC yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pendaringan kemudian dilakukan dalam dua tahap. Pada tes online tahap 1, brand pelumas motor ini menyaring peserta menjadi 123 mekanik dari 56 FOC. Dilanjutkan kemudian dengan tes online tahap 2, di mana 30 mekanik dari 26 FOC lolos ke tahapan akhir sebelum grand final. Pada tahapan ini peserta terpilih akan membuat video yang menjadi tolak ukur penilaian, sebelum akhirnya akan terpilih 3 finalis untuk babak grand final.

Pemenang Kontes Mekanik Federal Oil 2021

Para pemenang Federal Oil Mechanic Contest 2021.

Baca juga: Mantap! Federal Oil Bakal Ramaikan MotoGP 2022, Gabung Gresini Racing Ducati

Setelah beberapa rangkaian kegiatan dan tahapan kontes selesai dilaksanakan. Acara Grand Final Virtual Mechanic Contest ini ditayangkan pada Minggu, (5/9) melalui kanal YouTube Federal Oil Indonesia.

Pada acara ini ke-3 finalis yaitu Mekanik dan Owner dari Irian Motor Tasikmalaya, Sari Jaya Motor Bali dan Rahmad Motor Yogyakarta, diadu pengetahuan dan kemampuannya dalam hal troubleshooting, role-play dan tanya jawab secara langsung dengan para juri terkait pengetahuan produk beserta teknologi pelumas Federal Oil. 

Federal Oil Virtual Mechanic Contest 2021 akhirnya dimenangkan oleh mekanik dan owner Sari Jaya Motor Bali. Mekanik dan owner berhasil memperoleh penilaian maksimal terkait soal di atas. Keunggulan lainnya terlihat dari cara mekanik menjaga protokol kesehatan saat menerima pelanggan dan kemampuan soft skill yang baik.

Tips Perawatan sepeda motor di Bengkel

Ketika merasa puas, konsumen pasti akan kembali lagi ke bengkel Anda!

"Selamat kepada pemenang! Kami sangat senang melihat antusiasme para mekanik yang ikut dalam kontes tahun ini, sangat banyak dan mereka semua hebat. Itu membuktikan bahwa para mekanik Federal Oil Center ingin menunjukkan bahwa mereka merupakan mekanik yang punya kemampuan sangat baik dan adaptif untuk nantinya memberikan solusi kepada pelanggan yang datang ke bengkel mereka. Federal Oil memang ingin agar konsumen merasakan pengalaman yang bernilai ketika merawat kendaraan mereka," Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (induk perusahaan Federal Oil) dalam rilis. 

"Kami berharap setelah kontes ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi mekanik secara individu tapi juga bisnis bengkel para owner, dengan masyarakat tahu bahwa mekanik dan bengkel Federal Oil punya kualitas yang tinggi, semakin banyak yang mempercayakan kendaraan mereka di FOC," tambah Herry Hambali selaku B2C Sales Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia sembari memungkasi. 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });