window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan

Fariz · 1 Jun, 2022 13:30

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 01

Suzuki Shogun 125R generasi pertama hadir di awal tahun 2004
  • Khas dengan karakter torsi mesin yang cukup kuat
  • Varian injeksi memiliki sensor yang sangat lengkap
  • Bisa dipinang mulai dari Rp 3 jutaan

Suzuki Shogun menjadi bebek andalan dari Suzuki yang kualitasnya cukup menjanjikan. Bahkan kemampuannya sudah terbukti juga di ajang balap, tidak jarang Shogun memenangi ajang balap road race atau drag race di zamannya.

Generasi pertama hadir di tahun 1997 dimulai dari Shogun 110, Shogun 110R, dan di tahun 2004 ada pembaharuan yang cukup banyak. Dari desain bodi yang lebih ramping dan sporty hingga penggunaan mesin 125 cc.

Varian Suzuki Shogun 125

Suzuki Shogun 125 hadir pertama kali di tahun 2004 mengikuti trend bebek 125 cc pada saat itu, sedangkan bebek 110 cc digantikan oleh Suzuki Smash. Suzuki Shogun 125R varian basic menggunakan pelek jeruji dan masih pakai rem tipe tromol di belakang.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 02

Hadir dengan varian Shogun 125R dan Shogun 125SP

Berselang setahun, lahirlah Suzuki Shogun 125SP yang kepanjangan dari Sport Production. Paling mencolok ada pada penggunaan pelek cast wheel, rem cakram di belakang, kopling tipe manual, dan pengoperasian gigi injak cungkil seperti motor sport.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Dulu Suzuki Shogun, Sekarang Giliran Honda PCX Yang Punya Parkiran Khusus di Mall

Pelek yang digunakan punya model palang seperti Suzuki Satria F150. Begitu juga dengan warna bak magnet dan bak kopling yang pakai warna emas. Suspensi belakang pakai warna ulir merah untuk memberi kesan yang lebih sporty.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 01

Shogun 125SP pakai kopling manual, pengoperasian gigi ala motor sport, cast wheel, dan cakram belakang

Di tahun 2007, Suzuki Shogun mendapatkan ubahan yang cukup besar. Desain bodi jadi lebih banyak lekukan, tapi tetap tidak meninggalkan kesan lancip yang sporty. Bahkan lampu sein depannya pindah ke sayap depan.

Sehingga tidak heran kalau varian ini disebut dengan Suzuki Shogun Robot. Ada tiga varian yang disuguhkan dengan beberapa pembeda selain warna dan striping. Pertama Suzuki Shogun 125R yang menggunakan rem tromol di belakang dan pelek model jari-jari.

Kemudian ada Suzuki Shogun 125RR yang pakai pelek palang dan cakram belakang, tapi koplingnya masih semi manual seperti Suzuki Shogun 125R. Terakhir ada Suzuki Shogun 125SP, beda dari Shogun 125RR adalah penggunaan kopling manual.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 02

Hadirnya New Shogun 125R dengan rombakan besar

Baca juga: Ngindam Suzuki Shogun 110R? Intip Harga Bekas dan Biaya Restorasinya

Masuk ke tahun 2008, era injeksi mulai diaplikasikan ke segmen roda dua. Suzuki Shogun pun langsung masuk ke era ini dengan nama Suzuki Shogun 125R FI. Tentu saja dilengkapi dengan sensor IAP, CKP, dan TPS.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 03

Varian New Shogun 125RR pakai cast wheel dan cakram belakang namun masih semi manual

Sistem injeksinya diberi nama Discharge Pump Fuel Injection (DCP-FI). Teknologi ini punya pompa bensin yang menyatu dengan injector, bukan berada di tangki bensin seperti kompetitornya. Sehingga tidak perlu tekanan tinggi untuk menyemprotkan bensin ke ruang bakar.

Fitur

Mulai generasi ketiga , Shogun mendapatkan update yang sudah lebih modern. Seperti penggunaan lampu utama dengan dua bohlam, lalu ada kombinasi spidometer analog dan digital. 

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 04

Pembaca kecepatan sudah pakai sensor dan penujuk bensin juga odometer tipe digital di Shogun 125R 2004

Pembaca kecepatan untuk spidometer juga sudah tidak menggunakan kabel konvensional, tapi sudah dibaca secara digital melalui sensor yang ada di as gir depan.

Baca juga: Sekilas Kiprah Suzuki Shogun 110, Bebek Legendaris Yang Komponennya Kerap Dicuri

Meski bodinya terbilang ramping, tapi ruang penyimpanan di bawah joknya masih cukup dalam dan lebar. Meski belum bisa memuat helm, tapi menyimpan jas hujan dan sarung tangan rasanya bukan hal yang sulit.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 05

New Shogun 125R justru kembali pakai spidometer full analog

Di tahun 2007 dengan balutan baju baru, Suzuki Shogun 125R tetap mempertahankan lampu utama dua bohlamnya. Sedangkan lampu rem kini sudah pakai tipe LED yang terkesan lebih modern dan terang.

Layar digital kecil pada varian sebelumnya hilang, Suzuki Shogun 125R justru kembali menggunakan spidometer full analog. Seperti penunjuk kecepatan maupun meteran bensinnya semua menggunakan jarum.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 06

Pertama kali lampu utama model 2 bohlam digunakan sejak Shogun 125R 2004

Tidak lupa ada varian RR yang pakai kaki-kaki cast wheel dan rem cakram di belakang dan varian SP yang ada ketambahan kopling manual serta sistem perseneling injak cungkil.

Baca juga: Mengenang Suzuki Shogun SP 125, Motor Bebek Sporty Pesaing Yamaha Jupiter MX 135

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 07

New Shogun 125R punya bagasi yang lebih dalam

Ruang bagasi yang lebih luas juga disuguhkan di varian ini, karakter bagasinya lebih dalam meskipun tidak terlalu lebar dan belum bisa menyimpan helm. Sejak tahun 2007, generasi Suzuki Shogun mulai menggunakan engine balancer untuk meminimalkan getaran mesin.

Karakter Mesin Suzuki Shogun 125

Mesin yang diusung sejak tahun 2004 hingga modern punya karakter khas yang dipertahankan, yaitu hentakan torsi yang cukup galak. Memberi kesan lincah baik untuk menyalip atau menanjak, karena tidak perlu membuka gas terlalu banyak.

Selain itu mesin ini juga khas akan suaranya yang senyap, baik suara yang dihasilkan oleh mesin maupun knalpot. Yang juga tidak kalah adalah vibrasi mesin yang minim baik di kaki maupun jok.

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 08

Lampu sein pindah ke bodi depan mengikuti trend saat itu

Mesin ini juga terkenal akan kekuatannya yang bandel. Tiap komponen mesinnya punya umur pakai yang panjang asalkan pemiliknya tidak lupa dan rajin mengganti oli mesin sesuai ketentuan.

Baca juga: Matic Entry Level Gak Pasaran, Mending Pilih Suzuki Nex II atau Nex Crossover?

Bahkan bisa dikatakan kalau Suzuki Shogun 125R FI jadi sistem injeksi yang sangat lengkap karena dilengkapi tujuh sensor. Seperti Engine Temperatur Sensor (ET), Intake Air Pressure Sensor (IAP), Intake Air Temperature Sensor (IAT), Throttle Position Sensor (TPS), juga Crank Position Sensor (CPS), dan Tip-Over Sensor (TO).

Serba-Serbi Suzuki Shogun 125, Motor Bebek Legendaris Yang Bisa Ditebus Cuma Rp 3 Jutaan 09

Meski lampu sein bohlam, tapi lampu rem sudah pakai LED

Tapi memang nikmatnya sensasi mesin Suzuki Shogun ini harus ditebus dengan rata-rata konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros ketika dibandingkan dengan kompetitornya.

Harga Bekas

Melihat dari beberapa situs jual beli, Suzuki Shogun 125R tahun 2004 hingga 2005 sudah bisa dimiliki dengan harga di bawah Rp 5 juta. Bahkan penjualan harga terendah dimulai dari Rp 3 jutaan.

Namun harga tersebut berbanding lurus dengan kondisi motor ya! Tentu semakin terawat maka harga jualnya akan semakin tinggi. Kemudian untuk Suzuki Shogun 125R, terlihat harga jualnya mulai di atas Rp 5 jutaan.

Baca juga: Jangan Kaget, Ternyata Dua Motor Suzuki Ini Tak Lagi Dijual di Indonesia

Wajar saja karena lahir di tahun yang lebih muda dan dengan fitur-fitur lebih modern membuat harga jualnya lebih tinggi. Kondisi motor dengan tahun lebih muda juga cenderung lebih mulus dan masih nyaman digunakan.

Gimana? Mau bernostalgia dengan bebek yang punya jargon ‘Shogun Dilawan?!’ ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });