window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya?

Sancez · 29 Jun, 2021 16:00

Sebagai kendaraan ikonik, skuter matik asal Italia, Vespa memiliki kesamaan yang bisa disejajarkan dengan mobil-mobil sekelas Mini, Fiat 500 hingga Jeep Wrangler. Yakni kerap dirilis dengan model spesial atau edisi terbatas.

Hal ini pun berlaku di Indonesia. Bahkan tak jarang model-model spesial tersebut terjual cepat dan bekasnya justru dilepas lebih mahal. Semisal varian Vespa 946 atau Vespa Primavera Sean Wotherspoon.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 01

Vespa punya banyak varian spesial

Namun yang ingin dibahas saat ini adalah Vespa edisi spesial yang masih dijual di Indonesia. Yang paling baru tentu Vespa 75th Anniversary yang dilepas pekan ini. Lalu apa saja edisi spesial itu?

1. Vespa Sei Giorni II Edition

Dari situs resmi Vespa Indonesia, tercantum Vespa Sei Giorni II Edition sebagai salah satu edisi spesial. Basisnya Vespa GTV yang hadir dengan grafis spesial berjuluk Grey Titanio yang dirilis 2020 silam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Intip Fitur MIA Vespa Primavera Edisi 75 Tahun, Lebih Canggih dari Yamaha NMax

Di mana terlihat kelir abu-abu doff dengan decal angka enam di bagian tepong kanan dan tebeng kirinya. Serta tulisan Sei Giorni di bawah angka tersebut. Sedangkan lis merah hadir di pinggiran peleknya.

Sebagai catatan, model ini lahir untuk merayakan kemampuan Piaggio Squadra Corse dalam menaklukan kompetisi off road Sei Giorni Internazionale di tahun 1951 silam.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 01

Vespa Sei Giorni bergaya balap jaman dulu.

Vespa “Sei Giorni” yang namanya diambil dari kemenangan itu. Dan di dunia, motor ini diproduksi secara terbatas hanya sekitar 300 unit saja. Di Indonesia harganya Rp 156,2 juta.

Dari eksteriornya, gaya Vespa Sei Giorni jelas mengingatkan pada gaya Vespa klasik namun dengan sentuhan teknologi yang modern. Ciri khas GTV dengan “low headlight”, menonjolkan kesan kesederhanaan pipa logam yang terlihat sama seperti Vespa pada masa itu.

Baca juga : Harga Vespa Edisi 75 Tahun Tembus Rp 175 Juta, Apa Istimewanya?

Semangat sporty Vespa Sei Giorni juga diperkuat dengan tampilan jok model buntut tawon yang sporty. Sedangkan fiturnya terbilang komplet dengan port USB standar, sistem anti-penguncian ABS dan sekarang mengadopsi teknologi full LED pada lampu belakang.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 02

Peluncuran Vespa Sei Giorni II Edition di Indonesia

Karena hadir sebagai perayaan kemenangan di ajang balap, tentu Vespa Sei Giorni wajib dibekali mesin bertenaga. Untuk itu, terbenam mesin 300 HPE terbaru yang bervolume 278 cc silinder tunggal berpendingin cair. Mesin ini mengeluarkan daya 23,1 PS di 8.500 rpm dan torsi 25,5 Nm. Mesin yang sama dengan varian Vespa GTS 300.

2. Vespa Primavera Picnic 150 I-Get ABS

Berbasis Vespa Primavera, motor yang dirilis di bulan April 2021 lalu ini dikeluarkan untuk simbol kebebasan, kebahagiaan dan harapan dalam kegiatan piknik.

Baca juga : Dua Vespa Edisi 75 Tahun Meluncur di Indonesia, Dijual Rp64 Juta dan Rp175 Juta

Seperti bisa dilihat, dari sisi eksterior basis motor Vespa Primavera kini dilabur dengan warna klasik yang terinspirasi dari alam.

Yakni warna Green Relax yang menenangkan dan Grey Materia yang lembut. Desain Vespa Picnic dilengkapi beberapa detail berwarna cokelat unik untuk memberikan kesan rustic-chic di motor seharga Rp 50 juta ini.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 03

Vespa Picnic berwarna kalem

Semakin kental, desain rustic-chic juga diwakili lewat sentuhan berbagai fitur tambahan bernuansa piknik yang modern. Seperti jok dengan nuansa warna cokelat yang berbeda di depan dan belakang. Kemudian ada signature belt berwarna beige pada panel bar di depan dan belakang. Serta panel dek yang juga berwarna coklat.

Dari sisi detail, Vespa Picnic Limited Edition juga dibekali sederet pembeda dari varian standarnya. Sebut saja emblem bertanda khusus "Vespa Picnic" di kompartemen depan, lis putih pada edge shield dan velg roda ban 12 inci berwarna putih glossy.

Baca juga : Vespa GTS Super Tech 300 2021 Punya Fitur Navigasi Loh, Begini Cara Pakainya

Soal sumber penggeraknya, masih sama seperti Vespa Primavera standar. Pasalnya motor ini juga ditenagai oleh i-get engine 154,8 cc empat langkah silinder tunggal, sistem pendingin dan dilengkapi dengan 3 katup injeksi elektronik. Tenaganya 11,8 PS di 7.500 rpm dan torsi 12 Nm per 5.000 rpm.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 04

Aksesorisnya seperti keranjang dan tikar dijual terpisah

Masih kurang piknik? Tenang, Vespa juga menyediakan satu set aksesoris khusus opsional yang sesuai dengan tema Vespa Picnic. Diantaranya Vespa Picnic Blanket (tikar) yang lembut, kotak rotan yang unik, tas pendingin berwarna putih dan tumbler Vespa.

Bukan hanya itu, konsumen Vespa Picnic yang juga pecinta fashion, bisa melengkapi tampilan mereka dengan topi fedora dan tote bag sebagai bagian aksesoris resminya.

Baca juga : Test Ride Vespa GTS Super Tech 300 2021, Performa dan Canggihnya Juara!

3. Vespa 75th Anniversary

Pekan ini, Piaggio Indonesia kembali menghadirkan varian limited edition mereka yang berjuluk Vespa 75th Anniversary. Versi tersebut menjadi bentuk perayaan 75 tahun kiprah brand Vespa di dunia. Serta merayakan jumlah  produksi  Vespa  telah melampaui 19 juta unit produksi di seluruh dunia.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 05

Vespa 75th Anniversary Edition jadi produk spesial paling baru.

Ada dua model yang menjadi basisnya, yaitu Vespa Primavera dan Vespa GTS 300. Namun kesamaan Vespa edisi terbatas ini hadir dengan warna kuning metalik “Giallo 75th” yang dibuat khusus oleh Vespa.

Warna ini khusus diciptakan untuk Vespa 75th Anniversary Limited Edition terinspirasi oleh tren fashion di tahun ‘40-an yang abadi. Warna ini juga melambangkan kekayaan sejarah, semangat inovasi, dan high-fashion.

Baca juga : Promo Khusus buat Peminat Vespa S dan Vespa LX, Beli Unit Dapat Voucher Jutaan Rupiah!

Dari sisi eksterior, terdapat  angka  75 dengan warna yang sedikit lebih dominan dan menciptakan efek tone-on-tone yang elegan dan bagian  panel  samping  dan  mudguard  depan.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 06

Vespa 75th Anniversary Edition terdiri dari dua model

Kemudian “Front tie” pada Vespa 75th Anniversary ini juga diwarnai dengan matt pyrite yellow.  Untuk  menekankan  perjalanan  Vespa  yang  bersejarah  selama  75  tahun, sebuah badge khusus juga diletakkan di laci depan Vespa 75th Anniversary.
 
Setiap model hadir dengan jok berbahan kulit Nubuck khusus berwarna dark smoke grey.  Sedangkan peleknya diwarnai dengan warna abu-abu dengan finishing metalik.

Baca juga : Nih 7 Warna Baru Vespa Rayakan 75 Tahun, Warna Birunya Vespa Sprint S 2021 Semakin Menggoda
 
Rak  belakang  Vespa 75th Anniversary hadir  dengan  chrome-plated  finish, dirancang  sebagai tempat penempatan round bag eksklusif yang berbentuk seperti roda cadangan di masa lalu.  

Dari segi teknologi, seri Vespa 75th Anniversary bisa disebut cukup canggih. Misalnya penggunaan panel instrumen digital TFT Vespa 75th Anniversary dihadirkan untuk pertama kalinya di keluarga Primavera.

Panel TFT memiliki onboard computer yang mampu menginformasikan  diagnostik  dasar  dalam  bentuk  quick-view  sehingga  pengendara  dapat mengetahui seluruh informasi penting seperti kecepatan, sisa bahan bakar, dan informasi lainnya.

Baca juga : Serunya Menilik Memorabilia Perayaan Vespa ke-75 Tahun, Langsung di Italia

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 07

Spidometernya digital

Selain itu, ada pula sistem konektivitas Vespa MIA dan Aplikasi Vespa App. Lewat Vespa MIA dan Vespa App memungkinkan pengendara untuk terhubung melalui Bluetooth  dari  smartphone  iOS  atau  Android ke fitur elektronik onboard Vespa.

Aksesoris resmi pendukung gaya berkendara di model ini adalah helm  yang dirancang  untuk menunjukkan  keserasian  dengan detail grafis dan warna Giallo 75th.

Baca juga : Mewahnya Vespa Primavera 2021 dan GTS Super Tech 300 2021 Edisi 75 Tahun, Pakai Ban Serep Lagi?

Urusan harga Vespa 75th Anniversary dijual dengan harga Rp 64 juta untuk model Vespa Primavera 150cc dan Rp 175 juta untuk model Vespa GTS 300cc.

Kesimpulan

Sejatinya masih ada satu lagi Vespa edisi khusus yang fenomenal tahun lalu, yaitu Vespa Primavera Sean Wotherspoon. Harganya bahkan melambung sangat tinggi di tangan para pedagang dan kolektor.

Simak Deretan Vespa Edisi Spesial Yang Dijual Di Indonesia, Mana Yang Sudah Anda Punya? 08

Vespa Primavera Sean Wotherspoon fenomenal tahun lalu.

Daya tariknya adalah penampilan yang dilabur warna-warna cerah dan saling tabrakan. Selain warnanya, spesifikasi yang dibawanya masih sama dengan Vespa Primavera reguler.

Dari beberapa contoh di atas, ada yang jadi penghuni garasi rumah Anda?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });