window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir?

Fariz · 21 Jun, 2023 09:30

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir? 01

TVS Callisto Intelligo 110 cc 2023
  • Jadi varian Callisto paling tinggi dengan harga Rp 20,5 juta.
  • Dilengkapi spidometer full digital plus navigasi.
  • Sistem start/stop baru dengan starter generator.

Tidak ingin ketinggalan kemeriahan Jakarta Fair 2023, PT. TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI) ikut meramaikan gelaran tahunan ini dengan merilis TVS Callisto Intelligo 2023, sebagai varian tertinggi keluarga Callisto.

TVS Callisto sendiri merupakan matic andalan dari TVS di kelas 110 cc yang sudah muncul sejak tahun 2019, hal ini pula yang mendasari TVS-MCI untuk melakukan inovasi dan pembaruan pada produk satu ini.

Punya harga jual Rp 20,5 juta on the road Jakarta, TVS Callisto Intelligo punya selisih Rp 800 ribu dengan varian limited dan beda Rp 1,6 juta dengan varian standar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Lebih Murah dari BeAT, Segini Harga Motor Bebek TVS Terbaru

Berikut beberapa pembaruan yang cukup menarik pada TVS Callisto Intelligo.

Warna TVS Callisto Intelligo

Pertama dan paling terlihat tentu saja ada pada pilihan warna. Terdapat 2 pilihan warna baru pada Callisto Intelligo yaitu Aqua Tosca dengan warna biru cukup terang atau biasa dikenal dengan Blue Cyan.

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir? 01

Hadir dengan 2 warna baru

Warna berikutnya ada Moon Silver yang membuat tampilan Callisto Intelligo ini terlihat lebih premium dengan konsep bodi khas matic beraura retro.

Warna bodi barunya dikombinasi dengan warna dek bodi cokelat yang sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan Callisto tipe limited atau standar. 

Baca juga: TVS Callisto Astro Dikenalkan di Indonesia, Harga Rp 29 Jutaan Cuma 99 Unit

Di tiap pembelian Callisto Intelligo ini sudah satu paket dengan visor atau windshield dan sandaran mungil di behel untuk pembonceng.

Dual Tone Seat

Selain bodi, warna pada jok juga berubah menggunakan dual-tone atau kombinasi dua warna berbeda, yaitu warna cokelat pada sisi samping juga depan dan senada dek tengah.

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir? 02

Desain jok baru dengan kombinasi warna kalem

Sedangkan sisi tengah menggunakan warna merah hati senada dengan sandaran mungilnya. Untuk menambah kesan eye catching terdapat motif segitiga yang cukup banyak bertebaran di kulit joknya.

All In One Lock

Upgrade cukup signifikan juga ada pada kunci kontaknya yang diberi nama all in one lock. Artinya, kunci kontak Callisto Intelligo sudah terintegrasi dengan pembuka jok dan penutup tangki bensin.

Baca juga: Homey Banget, Dealer TVS di Surabaya Serasa di Rumah Nenek!

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir? 03

Kunci kontak sudah terintegrasi dengan pembuka jok dan tangki bensin

Suguhan ini tentu berbeda dengan varian standar dan limited. Di mana untuk membuka jok dan tangki bensin harus memindahkan anak kunci ke kunci kontak belakang. Ini agak merepotkan dan jadi memberi kesan jadul.

Mekanisme bukaan jok TVS Callisto Intelligo dengan cara memutar anak kunci ke sisi kiri. Sedangkan cara membuka tutup tangki bensin, menekan dan memutar anak kunci ke arah kanan.

Sayang, rumah kunci kontaknya belum dilengkapi pengaman ekstra, seperti model penutup magnet atau immobilizer.

Spidometer

Ubahan pada spidometer jadi salah satu yang paling besar. Kini menggunakan spidometer full digital, menggantikan spidometer jarum atau analog pada versi limited dan standar.

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir? 04

Spidometer full digital dengan informasi lengkap

Baca juga: Tampang Mirip Mio J, TVS Callisto Vietnam Kok Jadi Lebih Keren?

Isi informasinya cukup lengkap, mulai dari adanya indikator helm yang akan berkedip selama beberapa detik untuk mengingatkan pengendaranya, lalu ada informasi odometer, trip A & B, trip fuel, jam, suhu mesin, dan fuel meter.

Tidak sampai di situ, spidometer ini juga sudah disematkan dengan Smart Connect yang artinya spidometer bisa terkoneksi dengan smartphone melalui sambungan bluetooth, sehingga bisa menampilkan notifikasi hingga navigasi turn-by-turn.

“Hal ini tentu menjadikan Callisto Intelligo 110 cc satu-satunya skutik 110 cc di Indonesia yang tersedia dengan spidometer digital serta navigasi. Platform TVS SmartXonnect adalah teknologi yang dapat mengoneksi smartphone dengan motor melalui bluetooth dan dapat digunakan dengan aplikasi seluler TVS Connect yang tersedia di Android dan iOS,” terang Rizal Tandju selaku DGM Marketing TVS Motor Indonesia.

TVS IntelliGO

Fitur satu ini berhubungan dengan kecanggihan di sektor mesin, karena dengan Intelligo ini mesin TVS Callisto jadi memiliki fitur start/stop yang secara otomatis mematikan mesin ketika berhenti dan untuk menyalakannya cukup menarik handle rem serta memutar selongsong gas.

TVS Callisto Intelligo 2023 Tembus Rp 20 juta, Modalnya Bikin Honda Scoopy Ketar-Ketir? 05

Starter jadi halus dan bisa otomatis mati saat berhenti di persimpangan lalu lintas

Baca juga: Mengenal TVS Apache RTR 160, Lawan Bajaj Pulsar di Indonesia

Adanya fitur ini tentu membuat penggunaan bahan bakar pada mesin yang mengusung teknologi Eco Thrust Fuel Injection (ETFi) makin efisien, karena bisa meminimalisir bahan bakar terbakar percuma seperti saat menunggu di persimpangan lampu merah.

Fitur baru ini juga membuat momen menyalakan mesin Callisto Intelligo sangat senyap, karena memanfaatkan starter generator yang diberi nama i-TOUCHstart. 

Menurut Anda dengan harga yang selevel bahkan lebih murah, kehadiran TVS Callisto Intelligo bisa membuat Honda Scoopy (Spesifikasi | Berita) ketar-ketir? 

Spesifikasi TVS Callisto Intelligo 2023
Tipe mesin 4-langkah, silinder tunggal, fuel injection, pendingin udara
Bore x stroke 53,5 x 48,8 mm
Kapasitas mesin 109,7 cc
Tenaga maksimal 7,8 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal 8,8 Nm @5.500 rpm
Sistem starter Elektrik dan kick starter
Rem depan Cakram 220 mm, kaliper 1 piston, SBT
Rem belakang Tromol 130 mm, SBT
Ban 90/90-12 tubeless
Tipe rangka High rigidity underbone
Berat kosong 109 kg
P x L x T 1.834 x 678 x 1.286 mm
Jarak sumbu roda 1.275 mm
Jarak terendah ke tanah 163 mm
Suspensi depan Teleskopik hidrolik
Suspensi belakang Hidrolik tunggal dengan gas nitrogen, setelan kekerasan 3 tingkat
Tipe baterai 12V, 4Ah MF

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });