window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal!

Harry · 26 Sep, 2021 12:00

Sekarang ini apa-apa serba online, semua bisa diakses dari smarpthone untuk memenuhi beragam kebutuhan. Termasuk juga untuk mencari spare part motor yang kini sudah banyak tersedia di beragam platform toko online nasional.

Keuntungan beli lewat online banyak banget, salah satunya kalian tak perlu repot mendatangi satu-satu bengkel motor untuk mendapatkan part yang dicari. Apalagi kalau part incaran terbilang slow moving dan tak dijual di bengkel seputar tempat tinggal.

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal! 01

Beli part secara online itu memudahkan.

Tapi hati-hati, karena banyak sekali pedagang online yang menawarkan beragam jenis merek dan harga untuk barang yang sama. Yang justru bisa menjebak kalian sebagai konsumen karena dapat barang yang tak sesuai ekspektasi.

Baca juga : Jangan Kebiasaan, Simpan Powerbank di Bagasi Motor Bisa Picu Kebakaran!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Nah sebagai konsumen tentunya kalian harus cerdas, supaya barang yang dibeli sesuai kebutuhan dan cocok untuk motor kalian. Jangan sampai pada foto terlihat gambarnya asli, tapi begitu datang eh ternyata aspal, asli tapi palsu.

Ini namanya kena zonk, sudah keluar uang seharga barang asli ternyata dapat barang abal-abal. Mau gak mau, ya harus beli lagi atau tertunda untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Nah berikut kami paparkan sejumlah tips untuk membeli spare part motor secara online. Ini berlaku untuk semua platform seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan lain-lainnya. Yuk simak.

Cek Toko Onlinenya

Yang nama platform toko online, di dalamnya banyak sekali pedagang yang menjual barang yang sama. Kalau begini kalian harus cek reputasi toko online-nya, seperti rating dan komentar yang diberi pembeli sebelumnya, untuk gambaran layanan toko tersebut.

Baca juga : Honda Vario 125 Pakai Ban Lebih Besar? Pahami Dulu Untung Ruginya

Perhatikan juga jumlah barang yang telah terjual, ini bisa jadi indikasi barang dagangannya bagus. Jangan lupa juga cek lokasi toko dan berat barang, ini berkaitan dengan ongkos kirim nantinya.

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal! 01

Rating toko menandakan kualitas layanan dan barang yang dijual.

Lakukan Perbandingan Harga

Karena ada banyak sekali pedagang yang menjual barang sejenis, lakukan perbandingan harga. Jika ada yang lebih murah Rp 10 atau 30 ribu itu masih wajar, dan anggap saja untuk menutupi ongkos kirimnya.

Namun kalau ada yang menjual harga jauh lebih murah, jangan buru-buru tergiur ya, bisa jadi kualitas barangnya berbeda. Kemasannya asli tapi isinya barang palsu.

Baca juga : Tips Mudah Supaya Tak Emosi Saat Ketemu Bikers Pengawal Ambulans

Waspada Barang CKD

Nah ini banyak yang tertipu nih, kemasannya asli seperti bawaan pabrikan jika beli spare part original, namun isinya barang CKD. Barang CKD ini dikalangan pebengkel disebut sebagai barang reject atau barang tiruan yang serupa aslinya.

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal! 02

Yang kiri jelas original, yang kanan non original.

Sayangnya karena beli online dan terkadang pedagang tak memasang foto yang proper, kalian tak bisa tahu itu asli atau CKD. Tapi ada juga pedagang yang jujur mengatakan dagangannya barang reject dan dijual tanpa kemasan.

Jangan Tergoda Harga Murah

Istilah ada harga ada rupa memang tak pernah bohong. Ada kalanya untuk barang yang sama, ada yang beda harganya sangat jomplang. Lebih baik cari dan ketahui dulu rata-rata harga barang incaran kalian.

Baca juga : Jangan Langsung Bayar, Cek Dulu Bagian Ini Waktu Beli Motor Bekas

Perhatikan Kode Parts

Motor itu punya banyak part-part kecil, meski kalian sudah menemukan barang incaran ada baiknya tanyakan pada pedagang kode part barang jualannya. Dan kalian sebagai pembeli, juga sebaiknya mengetahui kode part barang incaran, supaya sesuai dengan yang dibutuhkan dan tak ada miss komunikasi.

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal! 03

Contoh toko spesialis bearing.

Cari Toko Spesialis

Ini sudah pasti aman deh karena sesuai sama kebutuhan. Misal kalian mau beli bearing, bisa cari toko yang memang khusus menjual bearing. Selain pilihannya ukuran bearing lengkap, mereka juga bisa punya banyak merek dan kualitas.

Pengalaman penulis ketika membeli bearing full set untuk crankcase motor, ada yang kualitasnya standar pabrikan ada yang kualitasnya hi-performance. Saat ditanyakan bedanya apa pun mereka bisa menjawab dengan jelas dan detail.

Baca juga : Turunan Cangar Kerap Bikin Rem Skutik Blong, Ternyata Ini Sebabnya

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal! 04

Yamaha dan bengkel resmi Yamaha yang buka toko online.

Beli di Official Store

Ini sudah paling aman, karena barang yang dibeli pasti asli dan harga sesuai rekomendasi. Pengiriman barang pun dijamin cepat dan respon admin saat kita ajukan pertanyaan dibalas dengan cepat.

Yamaha sudah memulai sebagai pabrikan yang membuka toko online official pertama. Lalu bagaimana dengan merek lain? Tenang, kami sering kok menemui bengkel resmi yang juga menjual spare part lewat toko online, jadi kualitas dan harganya pun original.

Baca juga : Masih Pakai Kabur Barus Untuk Naikkan Oktan BBM Motor? Sudah Bukan Zamannya

Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal! 05

Bengkel Honda juga banyak yang jualan online.

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });