window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Viral Pemotor Kena Tilang Elektronik Gara-Gara Mekanik Bengkel Resmi, Kok Bisa?

Harry · 30 Jun, 2022 13:30

Viral Pemotor Kena Tilang Elektronik Gara-Gara Mekanik Bengkel Resmi, Kok Bisa? 01

Tangkapan layar foto bukti tilang. 
  • Mekanik tak pakai helm saat mencoba motor konsumen.
  • Kena denda Rp 250 ribu.
  • Pihak bengkel sudah mengganti kerugian pemilik motor.

Sebuah kejadian unik terkait tilang elektronik viral dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya sang pemilik motor merasa tak melakukan pelanggaran lalu lintas, namun mendapat kiriman surat tilang dari pihak kepolisian.

Peristiwa ini dialami seorang wanita asal Lamongan, Jawa Timur. Ia membagikan sebuah video Tiktok lewat akun bernama @NA_PEACE, yang berisi curhatan ketika dirinya menjadi salah satu pelanggar lalu lintas.

Dirinya menyebut sepulang bekerja mendapatkan paket amplop cokelat dari Pos Indonesia, yang berisi surat tilang elektronik, beserta bukti pelanggaran yang tercapture dari kamera E-TLE.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Viral Video Kawasaki Ninja ZX-25R Ditilang di Dealer, Ternyata Alibi Buat Hindari Polisi

Uniknya, motor dari pemilik video tertangkap kamera saat sedang servis di bengkel resmi. Dan seperti biasa, usai motor selesai servis, mekanik akan mencoba motor tersebut sebelum diserahkan kembali pada konsumen.

Viral Pemotor Kena Tilang Elektronik Gara-Gara Mekanik Bengkel Resmi, Kok Bisa? 01

Mekanik akan menjajal motor usai servis selesai.

Nah masalahnya, saat sedang mencoba motor itulah, sang mekanik tak menggunakan helm. Dan karena yang tercapture adalah motor dengan pelat nomornya jelas, maka surat tilang datang ke alamat pemilik motor.

Sontak unggahan ini viral dan banyak diposting ulang oleh banyak akun, termasuk oleh akun Instagram bernama @enjangjing. Beragam komentar warganet pun membanjiri postingan tersebut.

Baca juga : Viral Motoran ke Sawah Kena Tilang ELTE di Sukoharjo, Kok Bisa?

"Belum siap sistem e-tilang masih banyak yang harus dibenahi," komentar akun Whisnu Wicaksono. "Komplen ke pihak ahas mba," tulis akun Sam.grnd.

Viral Pemotor Kena Tilang Elektronik Gara-Gara Mekanik Bengkel Resmi, Kok Bisa? 02

Bukti pembayaran tilang sebesar Rp 250 ribu.

Namun ada juga yang menyarankan untuk meminta tanggung jawab dari bengkel tersebut, karena merupakan kelalaian mekaniknya lantaran tak menggunakan helm saat berkendara.

Bengkel Ganti Biaya Tilang

Usai videonya viral, pihak bengkel AHASS pun menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengganti biaya tilang. Pemilik motor mengunggah bukti bayar denda tilang lewat Briva sebesar Rp 250 ribu.

"Oke guys, untuk masalah e-tilang kemarin yang sangat viral, menyangkut pekerja di AHASS, ini sudah selesai, pihak AHASS sudah bertanggung jawab atas biaya tilangnya ini guys, sudah diganti rugi. Jadi sudah selesai masalah e-tilang-nya," ujar pemilik akun.

Baca juga : Ditilang Polisi karena Knalpot Bising, Pemotor Ducati Sambangi Polda Metro Jaya

Viral Pemotor Kena Tilang Elektronik Gara-Gara Mekanik Bengkel Resmi, Kok Bisa? 03

Ilustrasi kamera tilang elektronik.

Pemberlakukan tilang elektronik memang mempermudah pihak berwajib untuk menindak pelanggaran-pelanggaran lalu lintas yang kerap dilakukan pengendara. Tak heran jika kamera tilang elektronik ini akan ditambahkan jumlahnya.

Terkait video viral tersebut, tentu saja sistem tilang elektronik tak akan mempedulikan siapa yang menggunakan kendaraan, selama terbukti bersalah, maka surat tilang akan dikirim menuju rumah pemilik kendaraan yang terdaftar di kepolisian.

Jadi hati-hati minjemin motor sama teman kalian ya! Hehehe...

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });