window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral

Herdi · 9 Mar, 2023 14:09

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 01

Sebuah pepatah yang cukup familiar mengatakan, 'Sedia Payung Sebelum Hujan'. Sejatinya, pepatah ini memang perlu diterapkan di kehidupan kita, termasuk saat berkendara menggunakan mobil.

Bagaimana tidak, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi ketika Anda bepergian dengan mobil. Sekalipun mobil sudah dilakukan service secara rutin, masalah lain biasanya tetap saja terjadi walaupun sepele.

Maka dari itu, kali ini AutoFun akan memberitahukan apa saja barang di dalam mobil yang wajib ada. Berikut ulasannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: 7 Barang Penting yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik Lebaran, Kalau Ketinggalan Bisa Bikin Mumet

1. Kotak P3K

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 01

Hal wajib pertama yang perlu ada di dalam mobil yaitu  kotak P3K atau Pertolongan pertama Pada Kecelakaan, dan tentunya beberapa perlengkapannya, mulai dari kasa steril, obat merah, pleseter, gunting, kapas. 

Ya, P3K perlu ada dalam mobil kita untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan. Maka dari itu, kita bisa melakukan pertolongan sendiri atau bisa juga untuk membantu orang lain. 

2. Toolkit

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 02

Barang di dalam mobil yang juga wajib ada yaitu toolkit atau peralatan perbaikan lengkap. Atau, setidaknya ada memiliki beberapa alat bantu, seperti berbagai ukuran kunci pas, lakban, obeng, tang dan lainnya. Ini akan berguna saat Anda perlu melakukan pekerjaan perbaikan sederhana pada mobil.

3. Kabel jumper

Kabel jumper

Kabel jumper

Kabel jumper juga termasuk barang yang harus selalu ada di mobil Anda. Pasalnya, seperti pepatah sedia payung sebelum hujan, mobil juga terkadang memiliki usia pakai apalagi jika mobil kear dipakai setiap hari, dan Anda lupa untuk mengisi atau mengganti aki.

Dengan keberadaan kabel jumper, maka jika aki mati Anda cukup menghubungkan kutub aki ke terminal aki mobil lain (yang berfungsi). Kemudian tunggu beberapa saat. 

4. Buku Manual

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 04

Ketika berkendara, sebaiknya Anda tetap membawa buku manual. Sebab, bukan tak mungkin jika terjadi gangguan, maka Anda bisa cepat melakukan inspeksi sendiri sendiri tanpa harus memanggil dan menunggu mekanik datang.

5. Ban Cadangan 

Ban Cadangan

Setiap mobil memiliki ban cadangan. Hal ini juga sesuai regulasi telah diatur di Peraturan Pemerintah No 55 Tahun 2012 pasal 47 tentang Kendaraan. Namun yang perlu Anda ketahui, meski ban cadangan, namun pemilik mobil wajib mengecek tekanan anginnya secara berkala, dan juga kondisi ban tersebut.

6. Dongkrak

Dongkrak

Dongkrak

Barang yang juga wajib ada dalam mobil yaitu Dongkrak. Pasalnya, setiap mobil memerlukan dongkrak untuk untuk memasang ban cadangan. Umumnya dongkrak diletakan di bawah jok penumpang depan. 

Namun perlu dicatat, Anda pemilik mobil sudah seharusnya selain memiliki dongkrak, juga bisa menggunakannya dengan baik dan benar. 

7. APAR

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 07

Alat Pemadam Api Ringan atau APAR juga jadi barang yang wajib ada di dalam mobil. Hal ini juga tertuang dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Selain itu, Peraturan APAR ini mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Dengan keberadaan APAR, maka hal ini jadi solusi cepat jika mobil kita atau mobil lain mengalami kebakaran di jalan. Alhasil, kita berpotensi mencegah kebakaran menjadi lebih luas dan besar.

Baca juga: Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya

8. Lap bersih

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 08

Barang yang juga perlu ada dalam mobil yaitu lap bersih. Dengan keberadaan handuk atau lap bersih, hal ini memastikan kita jadi membersihkan kabin mobil selalu bersih. Bahkan jika kita mengalami masalah dan harus memperbaiki bagian mobil yang kotor, maka lap bisa membersihkan permukaan dari kotoran.

 9. Safety Triangle

Segitiga pengaman jika mobil mengalami masalah di jalan

Safety triangle atau segitiga pengaman, kerap dianggap sepele. Namun sejatinya barang ini wajib ada di mobil, karena bisa jadikan sebagai tanda saat mobil kita mengalami masalah atau terpaksa berhenti darurat di tengah jalan. Untuk menggunakannya, letakan safety triangle di belakang mobil dengan jarak setidaknya 3 meter.

10. Kartu Identitas

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 10

Hal yang tak kalah penting saat bepergian menggunakan mobil yaitu membawa kartu identitas, baik SIM, STNK dan juga KTP. Barang ini perlu dibawa karena dapat membantu memberi tahu, jika terjadi hal yang tidak terduga seperti kecelakaan. Selain itu, dengan adanya kartu identitas, maka pihak paramedis juga bisa cepat memberitahukan keluarga. 

11. Lampu senter

Lampu senter

Selain barang primer, Anda yang hendak bepergian dengan menggunakan mobil juga perlu membawa senter. Ya, senter bisa membantu untuk penerangan ketika terpaksa harus membuka kap mesin, masalah kaki-kaki mobil dan hal lainnya saat kondisi darurat. 

Selain itu, senter juga bisa membantu untuk mencari barang terjatuh ketika di dalam mobil karena gelap. Terlebih penerangan lampu kabin tidak bisa menerangi secara menyeluruh. 

12. Tisu

Tisu di dalam mobil

Tisu juga jadi barang yang wajib ada di dalam mobil. Pasalnya, tisu bisa menjadi alat yang tepat ketika harus membersihkan tangan atau muka. Belum lagi, jika pengemudi batuk atau bersin, maka alat yang paling mudah untuk membersihkan tangan dan kemudi adalah tisu. 

13. Tempat sampah

Tempat sampah di mobil

Sudah seharusnya di dalam mobil juga memiliki tempat sampah. Sebab, tanpa disadari terkadang pengemudi maupun penumpang kerap membuang sampah, baik itu sampah makanan dan minuman, tisu, atau sampah karcis hingga struk belanja. Apabila sampah penuh, Anda bisa membuangnya ketika sampai di tempat tujuan. 

Baca juga: 5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan

14. Tali atau Tambang

Tali juga perlu dibawa ketika bepergian, khususnya tali yang kuat, setidaknya tali tambang. Ya, tali akan sangat bermanfaat untuk menarik mobil apabila bermasalah dan mogok, sehingga perlu evakuasi atau menuju bengkel terdekat.

15. Pengisi daya telepon

18 Barang yang Wajib Dibawa di Dalam Mobil, dari P3K sampai Air Mineral 14

Di era saat ini ponsel jadi barang yang sangat penting dibawa. Pasalnya telepon tidak hanya sekadar untuk melakukan kontak, tapi juga bisa untuk GPS dan lainnya. Maka dari itu, agar telepon genggam tidak kehabisan baterai, setidaknya Anda harus membawa kabel pengisi daya telepon.

Selain itu, telepon juga bisa jadi alat penghilang stress, karena dengan adanya ponsel banyak berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan.

16. Pakaian ganti

Pakaian ganti juga perlu ada di dalam mobil. Sebab, kondisi cuaca saat ini memang kerap tidak menentu, terkadang hujan namun nanti berganti panas atau sebaliknya. Saat kondisi cuaca di luar hujan, dan Anda kebasahan, maka sebaiknya pakaian diganti. Demikian juga saat kondisi di luar panas, sehingga badan menjadi gerah dan berkeringat, sebaiknya saat masuk ke kabin Anda perlu mengganti pakaian.

17. Sandal atau sepatu

Sepatu cadangan di dalam mobil

Membawa sandal atau sepatu cadangan juga cukup penting dilakukan. Apalagi ketika musim hujan untuk mengantisipasi alas kaki yang Anda pakai basah terkena genangan air. Namun saat mengemudi juga memerlukan alas kaki yang tepat agar tetap nyaman ketika menginjak pedal gas, rem atau kopling.

18. Air mineral

Air mineral dalam tempat

Air mineral dalam tempat

Terakhir, yang tak kalah perlu di bawa adalah air. Ya, air memang sumber kehidupan, pasalnya saat mengemudi air tidak hanya mengatasi dahaga. Namun air juga dapat digunakan untuk membersihkan body, kaca jendela atau mengisi radiator. 

Soal air mineral, sebaiknya anda membawa tempat khusus atau tumbler untuk mengurangi penggunaan plastik. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil