window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

20 Mobil Terpanjang di Dunia, Bikin Pusing Kalau Mau Putar Balik

Prasetyo · 29 Feb, 2024 12:01

mobil terpanjang di dunia

Apa mobil terpanjang di dunia yang kalian rasa pernah melihat atau mengetahuinya?

Ya, meskipun beberapa tahun belakangan dimensi mobil kian menciut dengan berbagai alasan seperti kepraktisan dalam penggunaannya, tetapi kendaraan-kendaraan dengan ukuran yang besar masih cukup banyak diproduksi.

Terutama dari segmen kendaraan penumpang (passenger car), dimensi adalah berbanding lurus dengan kelapangan kabin dan kapasitas ruang bagasi yang ditawarkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Misalnya, jika ada sebuah mobil memiliki panjang tubuh 4,5 meter (m) dengan jarak sumbu roda 2,9m, tentunya secara teori akan punya kabin lebih lapang dibanding mobil yang panjangnya hanya 4,3m dengan wheelbase 2,2m.

Nah, ketika membicarakan soal dimensi dari sebuah mobil, berikut ini adalah beberapa mobil terpanjang di dunia yang berhasil dirangkum dari 50 brand otomotif yang ada.

Apa saja diantaranya? Baca artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga: Luhut Prediksi Indonesia Jadi Produsen Baterai EV Terbesar Seplanet Bumi

1. KIA Carnival

kia carnival

Dikutip dari Autocar, daftar mobil terpanjang di dunia kita awali dari KIA Carnival generasi terbaru yang pada model sebelumnya dikenal juga dengan nama KIA Sedona.

Dengan panjang tubuh mencapai 5.156 mm, Carnival generasi keempat ini bahkan lebih panjang dari model KIA lainnya.

2. Porsche Panamera

mobil terpanjang di dunia

Ketika bicara tentang model Porsche yang ukuran tubuhnya cukup panjang, maka kalian mungkin akan terpikir tentang Porsche Cayenne (Spesifikasi | Berita).

Tapi kenyataannya, ketika pabrikan Jerman itu melahirkan Panamera yang punya tubuh sepanjang 5.199 mm, tipe ini langsung jadi Porsche terpanjang yang pernah diproduksi.

3. Hyundai Staria

mobil terpanjang di dunia

Dibanding MPV-MPV lain terutama yang produksi pabrikan Jepang, Hyundai Staria (Spesifikasi | Berita) ternyata lebih panjang.

MPV berbasis van yang merupakan penerus Hyundai H1 (Spesifikasi | Berita) itu tercatat punya panjang tubuh 5.253 mm atau berarti lebih dari 5 meter.

4. Maserati Quattroporte

mobil terpanjang di dunia

Meskipun punya desain yang eksotis serta dibalik tubuhnya tersimpan mesin bertenaga besar, namun sport car empat pintu ini sebenarnya punya dimensi yang tidak bisa dibilang ringkas.

Quattroporte generasi terbaru punya ukuran panjang tubuh 5.262 mm, bahkan lebih panjang dari Maserati Levante SUV.

5. Infiniti QX80

mobil terpanjang di dunia

Pada generasi sebelumnya dikenal dengan nama QX56, Infiniti QX80 (Spesifikasi | Berita) sebenarnya menggunakan platform body-on-frame yang sama dengan Nissan Titan double cabin.

Adapun varian paling panjang dari QX80 tercatat punya ukuran tubuh 5.339 mm.

Baca juga: 5 Mobil Termahal Sejagat, Kalau Dibelikan Toyota Fortuner Bisa Dapat 700 Unit!

6. Peugeot Landtrek

mobil terpanjang di dunia

Peugeot mungkin adalah pabrikan mobil yang memproduksi beragam model dengan sangat variatif dalam segi ukuran.

Mulai dari city car, hatchback, MPV, SUV, sampai pick-up double cabin, dan ternyata diantara semua itu model yang ukuran tubuhnya paling panjang adalah Landtrek, sebuah double cabin yang punya ukuran 5.390 mm.

7. BMW 7 Series

mobil terpanjang di dunia

Bicara sebuah sedan dengan panjang tubuh yang cukup intimidatif di jalan raya ada BMW Seri 7 yang sejak awal diproduksi menjadi saloon terbesar dari keluarga BMW.

Untuk Seri 7 terbaru saat ini, panjangnya mencapai 5.391 mm, dan untuk konsumen khusus BMW juga menyediakan yang versi LWB.

8. Opel 24/110

mobil terpanjang di dunia

Siapa bilang mobil-mobil dengan ukuran tubuh yang besar hanya kendaraan-kendaraan modern, coba lihat Opel 24/110 yang bisa dikenal dengan nama Regent.

Diluncurkan pertama kali pada tahun 1928 dan dihentikan hanya setahun kemudian, Regent buatan General Motors ini punya panjang tubuh 5.400 mm.

7. Audi A8 L Horch

mobil terpanjang di dunia

Audi A8 mungkin menjadi sedan paling panjang dari Audi, karena yang versi standarnya punya ukuran tubuh 5.190 mm.

Nah kalau model ini masih dirasa kurang lapang, pabrikan berlogo empat cincin yang saling terkait itu juga menyediakan versi A8 L Horch yang memiliki panjang tubuh 5.320 mm.

8. Mazda BT-50

mobil terpanjang di dunia

Mobil-mobil pick up kabin ganda memang ukurannya cenderung lebih besar dibanding small pickup single cabin seperti Suzuki Carry pick up atau Daihatsu Gran Max PU.

Nah satu dari beberapa mobil pick up D-Cab yang masuk daftar mobil terpanjang di dunia adalah Mazda BT-50 (Spesifikasi | Berita) yang panjang versi standarnya saja sudah 5.280 mm.

9. Hummer EV

mobil terpanjang di dunia

Setuju gak kalau mobil-mobil Hummer seperti Hummer H1 atau H3 punya dimensi yang cukup raksasa, apalagi kalau dibandingkan mobil-mobil buatan Jepang?

Padahal H1 dan H3 bukan mobil terpanjang Hummer, karena sejak Humvee hadir versi EV alias listriknya, mobil ini memiliki panjang tubuh 5.507 mm atau lebih panjang dari H1.

10. Jeep Grand Cherokee Wagoneer L

mobil terpanjng di dunia

Grand Cherokee sejatinya sudah memiliki dimensi tubuh cukup besar dibanding model Jeep lain seperti Wrangler atau Compass.

Tapi melalui Grand Cherokee Wagoneer L, ini jadi mobil terpanjang yang pernah diproduksi Jeep, yaitu tubuhnya membentang sepanjang 5.204 mm.

Baca juga: Ini Mobil Tercepat Sejagat, Sanggup Ngebut 541 Km/Jam

11. Bentley Mulsanne LWB

mobil terpanjang di dunia

Bentley memang menjadi produsen yang memproduksi mobil dengan ukuran cukup besar, satu diantaranya adalah Mulsanne.

Bahkan untuk versi Long Wheelbase (LWB) mobil ini punya panjang tubuh 5.825 mm, namun sebenarnya ada model Mulsanne Grand Limousine yang lebih panjang dari itu, tetapi ini cuma unit pesanan khusus bukan produksi massal.

12. Pontiac Grand Safari

mobil terpanjang di dunia

Mungkin dari tadi kita sudah menampilkan beberapa mobil dengan panjang tubuh yang tidak bisa dibilang compact, namun kebanyakan modelnya sedan.

Nah kalau Grand Safari ini mungkin layak disebut sebagai station wagon terpanjang di dunia yang pernah dibuat oleh Pontiac tahun 1970-an dengan panjang tubuh 5.875 mm.

13. Bugatti Royale

mobil terpanjang di dunia

Kalian mungkin pernah melihat mobil di foto ini, meskipun bisa jadi belum pernah tau tipe mobil apakah itu.

Kenalkan, ini adalah Bugatti Royale yang diproduksi antara akhir tahun 1920 sampai awal tahun 1930-an, serta memiliki panjang tubuh 5.918 mm.

14. Rolls-Royce Phantom Long Wheelbase

mobil terpanjang di dunia

Versi LWB (Long Wheelbase) dari Phantom ini memang bukan mobil terpanjang di dunia, tapi dibanding model Rolls-Royce lainnya.

Dengan panjang tubuh mencapai 6.084 mm, sebenarnya Phantom LWB ini juga sedikit lebih pendek dibanding versi terdahulunya yang debut di tahun 2003.

15. Cadillac Fleetwood 75

mobil terpanjang di dunia

Kalian mungkin setuju kalau mobil-mobil klasik Amerika punya ukuran tubuh yang tidak umum dibanding mobil-mobil saat ini.

Satu diantaranya Fleetwood 75 yang pernah diproduksi Cadillac tahun 1971, mobil yang juga ada versi Ambulans dan Mobil Jenazah itu punya panjang tubuh 6.406 mm.

Baca juga: Ferrari Purosangue Debut di Indonesia, Jadi Salah Satu Crossover Tercepat

16. Mercedes-Maybach Pullman

mobil terpanjang di dunia

Mercedes-Maybach boleh dikatakan sebagai kasta tertinggi dari Mercedes-Benz yang mengambil basis dari S-Class.

Tapi tahukah kalian, panjang keseluruhan Mercedes-Maybach Pullman bisa mencapai 6.499 mm atau mirip dengan pick up - pick up Amerika seperti Ford F-Series dan GMC Sierra.

17. GMC Sierra HD

mobil terpanjang di dunia

Pick up double cabin asal Amerika Serikat (AS) ini memang tidak dipasarkan di Indonesia, namun beberapa unit diantaranya mungkin pernah kalian lihat sedang melaju di jalanan dalam negeri.

Kalau kalian pikir ini adalah mobil yang cukup besar, memang tepat, sebab panjang GMC Sierra untuk yang tipe Long Bed bisa mencapai 6.759 mm.

18. Chevrolet Silverado Heavy Duty (HD)

mobil terpanjang di dunia

Chevrolet menghadirkan Silverado dalam dua varian, yakni HD (Heavy Duty) dan Medium Duty (MD).

Untuk varian HD juga ada dua tipe yakni 2500HD dan 3500HD, adapun tipe terakhir ini punya panjang tubuh 6.756 mm!

19. Ford F-Series Super Duty

mobil terpanjang di dunia

Kalau melihat mobil ini di jalanan, pasti sosoknya bakal sangat intimidatif dan memakan banyak ruang di lajur jalan.

Pada kondisi standar saja, Ford F-Series sudah terlihat besar dibanding mobil pick-up lainnya, dan saat hadir dalam model Crew Cab, mobil ini seketika jadi punya panjang tubuh 6.761 mm. 

20. VW Grand California 680

mobil terpanjang di dunia

Kalau kalian anggap mobil-mobil Amerika punya ukuran yang sangat besar, maka pupus pikiran itu mulai sekarang!

Sebab berdasarkan data yang ada, sebuah Volkswagen Grand California 680 adalah mobil terpanjang di dunia yang tubuhnya memiliki panjang mencapai 6.800 mm atau berarti mobil ini punya panjang 6,8 meter!

Kode 680 sendiri mencirikan panjang keseluruhan dari kendaraan tersebut, karena Volkswagen ternyata juga menyediakan Grand California yang versi 600, artinya varian dengan panjang tubuh 6 meter.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil