window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kulik Perbedaan Tampilan dan Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid Cruise 2024 vs Ertiga SS

Prasetyo · 20 Feb, 2024 10:02

spesifikasi suzuki ertiga hybrid cruise

Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid Cruise 2024 yang sudah resmi diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, sebenarnya ada sedikit diferensiasi dibanding Ertiga Hybrid Suzuki Sport.

Uniknya lagi, Ertiga Cruise bukan diposisikan mengganti Ertiga Hybrid Suzuki Sport (SS), namun Cruise menjadi varian Suzuki Ertiga termahal di Indonesia.

Perlu diketahui, selama ini tipe tertinggi dari Ertiga adalah Ertiga SS, di bawahnya ada tipe GX, selanjutnya ada tipe GL, dan versi paling basic ada tipe GA.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sama-sama menggunakan tambahan bodykit serta beberapa ragam aksesoris lain, ternyata tampilan serta spesifikasi Suzuki Ertiga Hybid Cruise sedikit berbeda dibanding Ertiga Hybrid SS.

Nah buat kalian yang sudah kepincut dengan mobil ini, sebelum melakukan booking fee Ertiga Hybrid Cruise, lebih baik cek dulu perbedaan Suzuki Ertiga Hybrid Cruise 2024 dan Ertiga SS berikut ini.

Baca juga: Kapasitas Baterai Lebih Besar, Suzuki Ertiga Hybrid Cruise Resmi Meluncur Harga Mulai dari Rp288 Juta

Tampak Depan

spesifikasi suzuki ertiga hybrid cruise 2024

Desain bumper depan dan under spoilernya lebih dominan warna hitam

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise diperlengkapi dengan sejumlah ubahan pada sisi eksteriornya terutama di bagian depan, samping dan belakang. 

Pada fascia depan, Ertiga Cruise mendapat tambahan Front Garnish Bumper dan Front Under Spoiler yang ternyata punya lekukan berbeda dibanding Ertiga SS.

Kalau diperhatikan lebih teliti, aksen pada foglamp housing di Ertiga Hybrid SS ada kombinasi hitam dof dan putih senada body.

Sementara untuk Suzuki Ertiga Cruise warna hitamnya lebih dominan, kemudian dibagian atas airdam atau kisi-kisi udara bemper depan, di Ertiga Cruise diberi tambahan aksen hitam.

suzuki ertiga hybrid ss

Desain front under spoiler di Ertiga SS dibuat lebih agresif

Lanjut ke bagian Under Spoiler, lekukan komponen ini juga berbeda antara Ertiga Hybrid SS dengan Cruise.

Kalau di Ertiga SS lekukannya seperti dibuat bertumpuk pada sudut kiri dan kanannya, pada Ertiga Cruisedibuat lebih flat, tetapi pada bagian di bawah foglamp dibuat seperti ada patahan.

Kemudian aksen hitam di area tersebut, pada Ertiga Cruise juga dibikin oleh Suzuki jadi lebih banyak ketimbang Ertiga SS. 

Tampak Samping

suzuki ertiga hybrid cruise 2024 samping

Ertiga Hybrid Cruise bagian sideskirt ada aksen hitam dan diatasnya ditambah decal hitam

Pada Ertiga Cruise, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap memberi tambahan komponen sideskirt untuk memberi kesan modern di mobil ini.

Hal yang sama juga sebenarnya sudah diterpakan sejak pertama kali SIS memperkenalkan Ertiga Suzuki Sport.

Tetapi kalau ditelisik, ternyata desain sideskirt atau Side Under Spoiler pada Ertiga Cruise berbeda dengan Ertiga SS.

Pada Ertiga Cruise ada kombinasi aksen hitam yang terlihat sanga kontras dengan kelir body mobil ini yang diberi nama Pearl Snow White.

suzuki ertiga hybrid suzuki sport

Ertiga Hybrid SS warna eksteriornya juga tidak Two Tone

Kemudian kalau pada Ertiga SS komponen ini menggunakan aksesoris dari Suzuki Sport yang tak lupa diberi emblem Suzuki Sport.

Selain itu, di atas side skirt tersebut untuk model Ertiga Cruise juga diberi tambahan Side Body Decal yang juga kelirnya hitam.

Yang berbeda lainnya adalah untuk Ertiga Hybrid Cruise khusus warna putih alias Pearl Snow White, hadir dengan tema eksterior Two Tone Colour yaitu bagian pilar dan atapnya diberi warna Black Gloss, ini tidak terjadi di Ertiga SS.

Sementara untuk desain dan ukuran velg, antara kedua mobil ini masih serupa.

Baca juga: Pilih Suzuki Ertiga Hybrid atau XL7 Hybrid? Teknologi Serupa Harga Beda Rp10 Jutaan

Tampak Belakang

suzuki ertiga hybrid cruise

Desain under spoiler bemper belakang pada Ertiga Hybrid Cruise

Baik Ertiga Suzuki Sport maupun Ertiga Cruise sama-sama menggunakan Rear Upper Spoiler dengan desain dan lekukan yang serupa, bedanya cuma warna, karena pada Ertiga Hybrid Cruise diberi kelir yang penamaannya Cool Black.

Lanjut ke bagian agak bawah, Ertiga Hybrid SS dan Ertiga Hybrid Cruise juga menggunakan Rear Under Spoiler, hanya saja desainnya berbeda.

Karena pakai bodykit racikan Suzuki Sport, maka garis-garis desain pada spoiler bagian bawah Ertiga SS dibuat lebih agresif, serta dipadukan aksen hitam di area tengahnya.

suzuki ertiga hybrid ss belakang

Tampilan belakang Ertiga Hybrid Suzuki Sport

Adapun untuk Ertiga Cruise desainnya dibentuk lebih kalem, serta area tengah yang hitam tadi, diganti warna silver.

Sementara desain lampu kombinasi belakang, rear chrome garnish dan posisi plat nomor juga masih serupa.

Bedanya lagi adalah pada Ertiga SS terdapat emblem Suzuki Hybrid, sementara Ertiga Cruise cuma "Hybrid".

Interior Suzuki Ertiga Hybrid Cruise 2024 Masih Sama

suzuki ertiga cruise interior

Dasbornya tetap pakai aksen karbon

Nah kalau di bagian luar ada pembeda antara Suzuki Ertiga Hybrid Suzuki Sport dan Ertiga Hybrid Cruise, maka hal ini tidak terjadi di area kabin.

Layout interior kedua mobil ini masih sama persis, mulai dari tata letak dasbor, aksen panel karbon di dashboard, motif pelapis jok, sampai penempatan baterai yang ada di bawah jok penumpang depan pun serupa.

Jadi kalau kalian sudah punya Ertiga Hybrid SS, maka akan mendapatkan sensasi yang sama saat berada di kabin mobil tersebut.

Baca juga: Toyota Luncurkan MPV Berbasis Suzuki Ertiga di Afrika Selatan, Tampangnya Mirip Kijang Innova Reborn!

Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid Cruise 2024

suzuki ertiga cruise

Tipe termahal dari Suzuki Ertiga di Indonesia

Secara teknis, sebenarnya tidak banyak yang berubah antara spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid SS 2024 dan Ertiga Hybrid Cruise.

Contohnya dari segi dimensi tubuh, panjang kedua mobil ini tetap 4.395 mm, lebarnya juga masih 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dengan wheelbase 2.740 mm. 

Bahkan kedua mobil ini juga masih sama-sama punya ground clearance 180 mm dan menggunakan ukuran ban 185/65 R15.

Kemudian Ertiga Hybrid Cruise juga tetap pakai mesin bensin 1.5-liter berkode K15B yang dikombinasikan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dengan Integrated Starter Generator (ISG) dab baterai Lithium-Ion.

Perbedaannya hanya pada kapasitas baterai, kalau di Ertiga Hybrid SS kapasitasnya 6 Ah 12 Volt, maka di Ertiga Hybrid Cruise jadi lebih besar yakni 10 Ah bertegangan 12 volt.

Mengaplikasikan baterai yang sama dari Suzuki XL7 Hybrid, menurut Donny Saputra selaku 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), penggunaan baterai lebih besar ditujukan untuk memberikan kinerja yang lebih optimal sekaligus lebih menghemat konsumsi bahan bakar.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Hybrid Cruise vs Ertiga Hybrid SS
  Ertiga Hybrid Cruise Ertiga Hybrid SS
Dimensi
Panjang 4.395 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.690 mm
Jarak sumbu roda 2.740 mm
Jarak ke tanah 180 mm
Kapasitas tangki BBM 45 liter
Ukuran roda 185/65 R15
Mesin
Tipe mesin K15B + ISG + Battery Lithium-Ion
Isi silinder 1.462 cc
Jumlah silinder 4
Kapasitas baterai 10 Ah 12 volt 6 Ah 12 volt
Tipe baterai Lithium-Ion
Daya maksimum 105 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 138 Nm @4.400 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan
  Otomatis 4-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Depan
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Drum

Daftar harga Suzuki Ertiga terbaru 2024:

  • Ertiga GA MT: Rp 228.400.000
  • Ertiga GL MT: Rp 251.800.000
  • Ertiga GL AT: Rp 262.800.000
  • Ertiga Hybrid GX MT: Rp 273.700.000
  • Ertiga Hybrid GX AT: Rp 284.700.000
  • Ertiga Hybrid SS MT: Rp 284.600.000
  • Ertiga Hybrid SS AT: Rp 295.600.000
  • Ertiga Hybrid Cruise MT (Cool Black: Rp 288.000.000
  • Ertiga Hybrid Cruise MT (Two Tone): Rp 290.000.000
  • Ertiga Hybrid Cruise AT (Cool Black): Rp 299.000.000
  • Ertiga Hybrid Cruise AT (Two Tone): Rp 301.000.000

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia