window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX

Enda · 2 Feb, 2024 10:01

Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX 01

Varian Suzuki Ertiga dihadirkan dalam beberapa tipe untuk menyesuaikan selera dan budget calon konsumennya.

Startegi ini pun ternyata cukup sukses, mengingat varian Suzuki Ertiga tipe paling bawah juga banyak dibeli terutama dari kalangan perusahaan (fleet) sebagai armada kegiatan usaha mereka.

Sedikit kilas balik tentang sejarah Suzuki Ertiga, rival utama Avanza di segmen Low MPV ini pertama kali diperkenalkan pada 19 April 2018 di ajang pagelaran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketika diluncurkan, PT Suzuki Indomobile Sales (SIS) menawarkan Ertiga dalam tiga varian, yakni GA, GL dan GX. Seperti yang diketahui, Suzuki Ertiga GA ini merupakan tipe yang paling murah.

Namun saat ini Suzuki menyodorkan empat tipe berbeda untuk Ertiga, yakni GA, GL, GX, dan satu lagi Ertiga Suzuki Sport (SS).

Ingin tahu apa saja perbedaan dari varian Suzuki Ertiga tersebut? Berikut ulasannya.

Harga Suzuki Ertiga terbaru per Februari 2024

  • GL M/T: Rp 251.800.000
  • GL A/T: Rp 262.800.000
  • GX Hybrid M/T: Rp 273.700.000
  • GX Hybrid A/T: Rp 284.700.000
  • SS Hybrid M/T: Rp 284.600.000
  • SS Hybrid A/T: Rp 295.600.000

Baca juga: Ketahui Semua Varian Suzuki XL7, Mana yang Paling Pantas Kalian Pilih?

1. Perbedaan Tampilan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX

Eksterior

varian suzuki ertiga 2024

Tampilan depan Ertiga tipe GX Hybrid

Baik tipe GA, GL maupun GX, memiliki tampilan yang sedikit berbeda khsusunya pada ekterior guna mewakili setiap varian yang ditawarkan.

Seperti yang bisa dilihat, baik GL maupun GX terlihat lebih mewah dengan adanya lapisan krom yang disematkan pada grill, serta keduanya juga sudah pakai fog lamp.

Meski begitu, di tipe GA juga sudah pakai projector headlamp sama seperti di tipe GL maupun GX.

Perbedaan berikutnya ada pada velg yang digunakan.

Untuk tipe GA masih menggunakan velg kaleng (steel wheels) dengan ukuran diameter 15 inci tanpa dilengkapi dengan wheel dop.

Sementara tipe GL sudah memakai alloy wheel multi spoke juga 15 inci dengan finishing single tone abu-abu.

Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX 02

Tampilan belakang Suzuki Ertiga GA

Untuk tipe GX sama dengan varian Suzuki Ertiga Suzuki Sport yaitu mendpaat velg multi spoke dual tone antara hitam dipadu polish hanya saja desainnya berbeda.

Walau demikian, baik tipe GA, GL, GX atau SS, menggunakan ukuran ban yang serupa yaitu 185/65R15.

Hebatnya, semua varian yang dijajak sudah menggunakan rear wiper serta lampu utama berprojector yang dapat memberikan visibilitas berkendara di malam hari.

Kalau menyukai tampilan yang sporty, tentu Anda sebaiknya pilih Suzuki Ertiga SS karena cuma di varian ini ditambahkan pula Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Upper Spoiler, dan Rear Under Spoiler keluaran dari Suzuki Sport.

Interior

varian suzuki ertiga hybrid

Interior Ertiga GX Hybrid

Melihat bagian dalam, varian Suzuki Ertiga GX didominasi dengan warna hitam dengan aksen wood panel pada dashboard, door trim serta lingkar kemudinya.

Adapun pada tipe Ertiga SS, bagian-bagian ini diganti dengan aksen serat karbon hitam sehingga terlihat makin sporty.

Tetapi untuk tipe GA dan GL, aksen-aksen tersebut ditiadakan, sehingga panel dasbor dan trim pintu hanya berupa material plastik keras warna hitam dof.

Menengok sistem hiburannya, kecuali GA, varian GL, GX, dan SS telah disematkan head unit touchscreen 8 inci.

Untuk menjalankan beberapa fitur pendukungnya, pada lingkar kemudinya juga sudah dilengkapi dengan steering stwitch control.

Oh iya, sebagai informasi Suzuki Ertiga tipe GL, GX, dan SS ini mendapatkan pengaturan AC dengan tampilan digital yang sudah didukung auto climate with heater.

Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX 04

Tampilan interior Suzuki Ertiga GA

Berbeda dengan varian diatasnya, Ertiga GA belum mendapatkan fitur hiburan namun mendapatkan laci penyimpanan di kotak sistem infotaimentnya.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, karena pada center clusternya juga bisa ditambahkan sistem infotaiment dari produk after market.

Sebagai informasi, pengaturan AC varian terendah Ertiga ini juga masih sederhana, loh, karena Suzuki sendiri masih menggunakan pengaturan AC model knob putar.

Untuk hembusan anginnya, Ertiga GA masih mengandalkan single blower di depan, sedangkan GL, GX maupun SS sudah disematkan double blower yang mampu memberikan kesejukan udara hingga baris belakangnya.

Baca juga: Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E

2. Perbedaan Fitur di Antara Varian Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga GA

Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX 05

Suzuki Ertiga GA

Meski tipe terendah, Suzuki Ertiga GA sudah disematkan beberapa fitur antara lain berupa Power Window, ABS+EBD, Dual SRS Airbag, seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning, ISOFIX, Tilt Steering, Immobilizer tanpa alarm.

Suzuki Ertiga GL

varian suzuki ertiga gl

Tampilan Suzuki Ertiga tipe GL

Sama seperti GA, Ertiga GL sudah ditambahkan semua fitur yang ada di varian GA ditambah juga dengan electric mirror, touch panel head unit , AUX, power outlet, (2nd ROW) dan bluetooth phone connection.

Suzuki Ertiga GX

varian suzuki ertiga gx hybrid

Suzuki Ertiga GX hybrid

Suzuki Ertiga GX juga memiliki fitur yang sama seperti tipe GL hanya saja ditambahkan teknologi berupa push start/stop button, driver seat height adjuster, ventilated cup holder dan LED rear combination lamps with light guides.

3. Ada Mesin Bensin dan Mild Hybrid

Hadir Dalam Tiga Varian, Ini Perbedaan Suzuki Ertiga GA, GL dan GX 08

Mesin K15B pada Suzuki Ertiga GA dan GL

Bicara jantung mekanis, varian Suzuki Ertiga tipe GA da GL dibenamkan mesin yang sama, yaitu K15B 4 silinder berteknologi DOHC VVT.

Mesin berkapasitas 1.462 cc itu dapat merilis tenaga hingga 105 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm.

Sebelum menyalurkan putaran tenaga ke roda depan, varian GA hanya tersedia transmisi manual 5 percepatan, sementara tipe GL ada opsi transmisi otomatis 4 percepatan.

Sementara itu tipe GX dan tipe SS memakai mesin K15B yang ditambahkan sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang menggunakan komponen ISG serta baterai Lithium lon.

Teknologi SHVS dengan kemampuan Auto Start/Stop Engine memainkan peran penting saat kendaraan berada dalam keadaan idle atau berhenti.

Saat pengemudi tidak menginjak pedal dan kendaraan berada dalam posisi netral, sistem ini secara otomatis mematikan kinerja mesin bensin.

Namun sistem kelistrikan tetap menyala ditopang dari baterai, memungkinkan fungsi-fungsi penting seperti lampu, AC dan sistem audio tetap beroperasi.

Ketika pengemudi menginjak pedal, Integrated Starter Generator (ISG) secara otomatis menyalakan kembali mesin kendaraan.

Proses ini mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang saat kendaraan berhenti, seperti saat berada di lampu lalu lintas atau terjebak dalam kemacetan.

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2024
  GA GL GS SS
Dimensi
Panjang 4.395 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.690 mm
Jarak sumbu roda 2.740 mm
Jarak ke tanah 180 mm
Kapasitas tangki BBM 45 liter
Ukuran roda 185/65R15
Mesin
Tipe mesin K15B DOHC VVT Suzuki Smart Hybrid (K15B + ISG + Lithium lon)
Isi silinder 1.462 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 105 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 138 Nm @4.400 rpm
Kapasitas baterai  - 6 Ah 12V
Transmisi Manual 5-percepatan
  - Otomatis 4-percepatan
Penggerak roda Penggerak roda depan
Sasis
Suspensi depan MacPherson strut with coil spring
Suspensi belakang Torsion beam with coil spring
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Drum

Kesimpulan

Sebagai varian terendah, Suzuki Ertiga GA pada umumnya digunakan untuk kendaraan operasional perkantoran.

Meski begitu, tipe ini sudah didukung dengan fitur keselamatan yang terbilang cukup lengkap.

Sedangkan varian Suzuki Ertiga lainnya yaitu GL, GX dan SS sangat cocok dipakai sebagai mobil keluarga.

Selain memiliki fitur lebih lengkap, tampilan keduanya ini terlihat lebih luxury dan nyaman karena memiliki peredam yang lebih tebal.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil