window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Etika Penting yang Kerap Terlupakan Saat Pinjam Mobil Orang Lain, Jangan Cuma Isiin Bensin!

Yongki Sanjaya · 12 Sep, 2023 14:00

3 Etika Penting yang Kerap Terlupakan Saat Pinjam Mobil Orang Lain, Jangan Cuma Isiin Bensin! 01

Meminjam mobil dari teman atau kerabat untuk kebutuhan transportasi adalah hal yang lumrah. Namun kita sebagai peminjam mobil juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip penting agar tidak menimbulkan masalah bagi pemilik mobil. Untuk itu, kita jangan melupakan beberapa etika saat pinjam mobil milik orang lain.

Paling umum, kita akan membalas kebaikan pemilik mobil dengan mengisi bensin dan mencuci kendaraan yang kita pinjam. Namun ternyata bukan cuma itu etika yang perlu kita lakukan, karena masih ada beberapa hal lain yang tak kalah penting.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rental Mobil Buat Mudik Lebaran, Segini Tarif Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid per Hari

Males Nunggu Inden Hyundai Ioniq 5 dan Toyota Kijang Innova Zenix? Rental Mobilnya Aja!

Paling penting, Anda juga perlu menganggap mobil pinjaman sebagai mobil Anda sendiri untuk menjamin keselamatannya selama digunakan. Lantas apa saja etika yang perlu kita lakukan selama meminjam mobil orang lain? Berikut ini ulasannya.

1. Saat Pinjam Mobil, Tidak Melanggar Aturan Lalu Lintas

3 Etika Penting yang Kerap Terlupakan Saat Pinjam Mobil Orang Lain, Jangan Cuma Isiin Bensin! 01

Saat kita mengendarai mobil orang lain, harus benar-benar hati-hati dan senantiasa menaati peraturan lalu lintas. Jangan sampai melakukan pelanggaran baik yang ringan sekalipun. 

Sebab jika tidak sengaja melanggar peraturan lalu lintas saat berkendara, maka peminjam akan dikenakan tilang elektronik, sehingga menimbulkan masalah bagi pemilik mobil. Peminjam harus bertanggung jawab untuk membayar tilang setelahnya.

Meskipun kalian siap bertanggung jawab untuk mengganti biaya tilang, namun kepercayaan dari si pemilik akan hilang. Hal ini membuat pemilik kendaraan tentunya tidak akan meminjamkan lagi di lain waktu.

2. Mengalami Insiden yang Merusak Kendaraan

3 Etika Penting yang Kerap Terlupakan Saat Pinjam Mobil Orang Lain, Jangan Cuma Isiin Bensin! 02

Ada pepatah mengatakan, hari nahas tidak ada di kalender. Untuk itu kita harus selalu waspada. Meskipun kita sudsh sangat berhati-hati tapi kapanpun kita bisa mengalami insiden saat berkendara.

Saat meminjam mobil orang lain, usahakan memilih jalan yang lebar dan mulus untuk dilalui. Hal ini akan membantu meminimalisir risiko tabrakan yang tidak perlu dengan sepeda motor atau trotoar di kedua sisi jalan. Bila kita melewati jalan yang berlubang bisa saja  membuat ban, suspensi, pipa knalpot mengalami kerusakan saat berkendara di jalan berlubang dan bergelombang.

Banyak pemilik mobil yang sangat menjaga mobilnya tanpa ada goresan, sehingga tidak akan senang bila mobilnya muncul 'luka' setelah dipinjamkan. Andaikata kalian tidak sengaja merusak karena kelalaian pengendara lain saat di jalan, tetaplah bertanggung jawab dan meminta maaf kepada pemilik mobil.

Jelaskan kronologinya agar si pemilik tidak berburuk sangka atas kesalahan yang kalian lakukan di mobil yang dipinjamkan. Dengan begini, kepercayaan dari pemilik tidak sampai hilang.

3. Tidak Mengotori Kabin dengan Makan dan Merokok Sembarangan Selama Pinjam Mobil

3 Etika Penting yang Kerap Terlupakan Saat Pinjam Mobil Orang Lain, Jangan Cuma Isiin Bensin! 03

Saat kita melakukan perjalanan jauh dengan meminjam kendaraan, tak jarang kita lapar dan ingin jajan di dalam mobil. Nah urusan kebersihan interior kadang terlupakan sehingga kabin jadi begitu kotor saat mobil selesai digunakan. Belum lagi kalau kita merokok sambil menyetir, aromanya kadang masih tersisa di dalam kabin.

Bagi pemilik mobil yang tidak merokok, bau rokok akan langsung tercium begitu mereka mengembalikan mobilnya. Mereka akan sangat risih dengan bau tersebut, apalagi jika memiliki anak kecil.

Lebih parah lagi kalau ada makanan atau minuman yang tumpah mengenai kursi atau karpet mobil. Banyak orang mengira setelah dibersihkan akan hilang. 

Namun pada beberapa material seperti karpet mobil atau jok berbahan fabric, cairan yang menempel pada makanan dan minuman akan membutuhkan banyak tenaga untuk mengatasinya. Noda sisa makanan dan minuman akan mudah meninggalkan bau tak sedap pada mobil.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Akan Mengembalikan Mobil

Sempat dijelaskan di atas, kita perlu mengisi bensin saat akan mengembalikan mobil. Selain itu mencuci mobil, membersihkan interior, menghilangkan bau, dan lain-lain menjadi bentuk rasa terima kasih yang tentu membuat pemilik kendaraan senang.

Dengan poin yang telah kami ulas tadi, dapat menunjukkan diri sebagai orang yang berbudaya dan bertanggung jawab ketika meminjam mobil orang lain. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil