window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Alasan Penting Mengapa Harus Mematikan Lampu Kabin Mobil Saat Berkendara di Malam Hari

Yongki Sanjaya · 16 Apr, 2024 15:01

lampu kabin mobil

Lampu kabin mobil memang diciptakan buat membantu penerangan kepada pengemudi atau penumpang yang ada di dalam kendaraan.

Lampu ini biasanya diletakkan di atas plafon, ada yang terdiri dari dua lampu yaitu di bagian pengemudi dan penumpang depan serta di jok baris kedua, ada juga yang hanya terdiri dari satu lampu yang posisinya ada i tengah-tengah area plafon mobil.

Komponen yang memeprlukan daya listrik dari aki ini akan sangat berguna untuk menerangi area kabin jika diperlukan turatama saat malam hari.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apalagi banyak orang yang sengaja memilih waktu berkendara di malam hari karena situasi lalu lintasnya yang cenderung lebih lancar.

Namun meski fungsi utamanya menerangi interior kendaraan, ketika berkendara di malam hari, lampu kabin mobil menjadi salah satu bagian yang harus dimatikan.

Tidak seperti di rumah, situasi berkendara di malam hari dianjurkan dalam kondisi kabin yang cenderung gelap.

Sebaliknya, keadaan di luar kabin yang gelap mengharuskan mobil memiliki penerangan yang cukup.

Dengan mematikan lampu kabin ketika berkendara di malam hari, membuat intensitas cahaya redup yang masuk ke mata dari luar lebih dapat telihat.

Itu hanya sekilas alasan kenapa kita harus mematikan lampu kabin saat berkendara.

Masih ada beberapa faktor penting yang membuat kita harus berkendara dalam situasi kabin yang gelap. 

Mungkin kalian masih penasaran mengapa lampu kabin pada mobilmu harus dimatikan saat berkendara di malam hari.

Yuk baca ulasan lengkapnya!

Baca juga: Pilihan Waktu Perjalanan Mudik, Lebih Aman di Siang Hari atau Malam Hari?

Mengenal Jenis Lampu Kabin Mobil

lampu kabin mobil

Ada Mode Door yang membuat lampu otomatis menyala ketika pintu mobil terbuka

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan ini, keberadaan lampu kabin sangat berguna ketika kalian membutuhkan sumber cahaya di dalam kendaraan terutama pada malam hari. 

Mungkin ingin mencari sesuatu di dalam tas atau sebuah benda yang terjatuh ke lantai kabin, bisa juga digunakan untuk membaca sesuatu atau berias bagi para wanita sebelum turun dari kendaraan.

Umumnya lampu interior mobil ini menggunakan lampu jenis LED (Light Emitting Diode) karena dianggap memiliki pancaran cahaya yang cukup terang tapi membutuhkan daya listrik yang kecil.

Lampu ini juga hanya difungsikan pada keadaan tertentu yang bisa saja jarang terjadi, tidak seperti lampu utama kendaraan atau lampu sein.

Terletak di plafon kendaraan, lampu interior ini memiliki 3 saklar untuk mode yang berbeda.

Mode inilah yang akan menentukan cara kerja dari lampu yang berada pada dalam mobil.

Pertama Mode Off yaitu saklar untuk menanaktifkan lampu kabin sehingga lampu tersebut tidak akan berpendar sama sekali.

Kedua Mode On, yakni kondisi dimana lampu kabin mobil akan terus menerus menyala smapai oleh kalian diubah ke posisi Mode Off.

Ketiga Mode Door, yang merupakan kondisi ketika lampu kabin akan otomatis menyala pada saat kalian membuka pintu mobil atau ada salah satu pintu termasuk pintu bagasi yang belum ditutup sempurna.

Kalian bisa tetap mengaktifkan Mode Door ini, karena pada saat semua pintu tertutup rapat, maka lampu kabin akan otomatis tidak menyala.

Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara Malam Hari

1. Mengganggu Visibilitas Berkendara

lampu kabin mobil

Lampu kabin seharusnya dimatikan pada saat berkendara malam hari

Sebaiknya lampu di dalam kabin mobil harus selalu dimatikan saat berkendara pada malam hari.

Alasannya, menghidupkan lampu kabin saat berkendara di malam hari dapat membuat mata pengendara menjadi silau.

Pupil mata akan berubah ukuran sesuai intensitas cahaya yang diterima.

Ketika lampu kabin pada mobilmu menyala, pupil akan mengecil dan menyebabkan jumlah cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit.

Dikutip dari laman Daihatsu, jika di saat sama, keadaan di luar mobil begitu gelap, maka kemampuan penglihatanmu pun akan terganggu bila situasi kabin cukup terang. 

Oleh karena itu, lampu kabin mobil sebaiknya dimatikan agar membuat pupil matamu menyesuaikan diri dengan intensitas cahaya di luar mobil. Prinsip sederhana ini dapat meningkatkan fokus dan visibilitas.

2. Menjaga Privasi Selama Berkendara

lampu kabin mobil

Jangan sampai keadaan di dalam kabin terlihat jelas dari luar

Tak jarang, situasi berkendara di malam hari kurang aman ketika melewati kawasan tertentu.

Salah satu alasan sebaiknya lampu di interior harus dimatikan adalah untuk menjaga privasi dalam kabin. 

Ini merupakan hal wajib bagi pengendara karena menyangkut dengan keamanan di jalan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penodong, perampok, atau begal.

Jika lampu kabin pada mobil menyala, para penjahat akan lebih mudah melakukan aksinya.

Penjahat dapat mudah melihat ke dalam mobil dan mengetahui benda berharga apa saja yang sedang kalian bawa di kendaraan tersebut. 

Sebaiknya kalian jangan lupa mematikan lampu interior sebelum berkendara di malam hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak kejahatan.

Baca juga: Pemilik Mobil Listrik Neta V Wajib Tahu, Berikut Arti Lampu Indikator yang Menyala

3. Lampu Kabin Mobil Menganggu Fokus Pengendara Lain di Jalan

lampu kabin mobil

Jangan lupa untuk ikut bertoleransi dengan pengguna jalan lainnya

Lampu kabin yang menyala akan menganggu konsentrasi pengendara mobil yang berada di sekitar kamu.

Dalam kondisi gelap, pandangan pengendara lain harus tertuju pada lampu-lampu petunjuk di jalan raya. 

Jika lampu interior mobilmu menyala, konsentrasi pengendara lain akan beralih pada bagian mobil kalian yang terang.

Untuk itu, pada malam hari kalian tidak usah menyalakan lampu yang ada di interior mobil kalian. 

Tidak hanya kalian sebagai pengemudi yang akan terkena dampaknya, tapi juga berdampak pada pengendara lain.

Bukan tidak mungkin hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya insiden akibat pengendara lain hilang fokus.

4. Bikin Aki Lebih Boros

lampu kabin mobil

Jangan biarkan lampu terus menerus menyala

Lampu interior yang dibiarkan terus menyala sepanjang perjalanan, akan berpengaruh pada komponen aki.

Sebagai penyimpan energi listrik, daya aki mobil akan lekas habis dan aki jaid mudah soak jika kalian menyalakan lampu interior alam jangka waktu yang lama dan sedang berada dalam perjalanan jauh. 

Bila sudah begini, akan membuat mobil kalian jadi sulit dihidupkan dan kemudian mogok.

Tak cuma itu, beberapa komponen mobil lainnya juga kemampuannya akan menurun akibat tidak mendapatkan daya listrik yang cukup dari aki.

Baca juga: Pasang Lampu Tembak Buat Mobil, Awas Wattnya Jangan Kebesaran!

Kesimpulan

Menyalakan lampu kabin mobil saat malam hari demi kebutuhan tertentu memang bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan di dalam kendaraan. 

Namun ada baiknya memilih untuk mematikan lampu kabin demi alasan tertentu. 

Utamanya adalah untuk menghindari gangguan cahaya yang bisa mengganggu penglihatan pengemudi saat berkendara di malam hari. 

Meskipun lampu interior ini dirancang untuk memberikan pencahayaan dalam ruang kabin kendaraan, terlalu terangnya cahaya dapat menciptakan pantulan yang mengganggu dari jendela dan kaca spion.

Selain alasan gangguan visual, beberapa pengemudi juga mematikan lampu kabin untuk menghemat daya aki kendaraan. 

Terutama dalam perjalanan jarak jauh di malam hari, pengemudi mungkin ingin memastikan bahwa kai tetap bisa bekerja dengan optimal untuk mencukupi pasokan daya listrik bagi komponen dengan fungsi-fungsi penting lainnya, seperti lampu depan dan lampu belakang. 

Selain itu, dengan tetap membuat kabin gelap selama perjalanan malam hari, maka akan memberi sedikit ruang privasi demi keamanan kalian.

Pasalnya, pihak luar menjadi tidak mudah melihat kondisi interior mobil termasuk barang-barang berharga apa yang sedang kalian bawa saat itu, demi menghindari terjadinya aksi kejahatan di jalan raya.

Meskipun mematikan lampu kabin dapat memberikan beberapa keuntungan, penting bagi pengemudi untuk tetap memperhatikan keamanan. 

Memastikan visibilitas yang cukup di dalam kendaraan serta keselamatan barang berharga dan nyawa kalian tentu sangat penting untuk keselamatan berkendara.

Tapi, kalian bukan berarti tidak boleh menyalakan lampu interior sama sekali saat malam hari.

Sebenarnya boleh saja kamu menyalakan lampu kabin mobil asalkan sesuai kebutuhan dan tidak dalam waktu yang lama, misalnya untuk mencari barang di dalam tas atau yang terjatuh ke lantai kabin, serta membaca sesuatu saat sedang berhenti di pinggir jalan.

@garasi.autofun Akomodasi kabin cuma 3 orang tapi bukan pikap, agak laen nih! #autofact #funfact #mobilsport #reviewmobil #tipsmobil ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil