window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Keunggulan Mitsubishi Fuso Canter Euro 4, Truk Andalan Para Pengusaha Tanah Air

Enda · 28 Jan, 2023 11:00

Mitsubishi Fuso Canter Euro 4

Nama Mitsubishi Fuso Canter Euro 4 kini sangat melekat di hati masyarakat Indonesia khususnya mereka para pelaku bisnis. Diawali oleh Mitsubishi T200 yang diluncurkan tahun 1975. Sejak saat itu Colt Diesel terus bertahan menjadi market leader hingga saat ini.

Untuk diketahui Mitsubishi Fuso Canter kini sudah menggendong teknologi Euro 4. Atas marwahnya, PT Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia hadirkan Mitsubishi Fuso Canter Euro 4 dengan 3 varian anyar yang belum ada di line-up sebelumnya.

Ketiga varian terbaru tersebut diantaranya; Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, dan Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan begitu secara keseluruhan kendaraan niaga jenis light truck berlogokan tiga berlian ini memiliki 15 varian yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan bisnis sehari-hari.

Jadi andalan bisnis sejati para pelaku usaha di Indonesia, simak 4 keunggulan Mitsubishi Fuso Canter Euro 4 melalui ulasan berikut.

Baca juga: Ribuan Pecinta Mitsubishi Fuso Canter Kumpul-Kumpul di Jambore Nasional 2022 CMIC di Malang

1. Mitsubishi Canter Euro 4 Punya Daya Angkut Lebih Besar

Mitsubishi Fuso Canter Euro 4

Mitsubishi Fuso Canter FE 71 Long lebih panjang 2 meter

Sebagai informasi, 15 varian Mitsubishi Fuso Canter Euro 4 yang dijajakan saat ini antara lain; FE 71, FE 71 BC, FE 71 Long Non Cab, FE 71 Long, FE 71 Long BC, FE 73, FE 74, FE 74 HD FE 74 Long, FE 74 HDS, FE 84 G, FE 84 GS, FE 84 G BC, FE 84 SHDX, dan FE SHDX.

Guna memberikan kemudahan dalam hal daya angkut barang, Fuso Canter Euro 4 memperoleh berbagai penyempurnaan teknis. Khususnya di serie FE 71 dan FE 71 Long yang cocok mendukung bisnis konsumen di sektor logistik perkotaan.

Canter FE 71 Long memiliki ROH yang dimelarkan. Berawal dari 1,3 meter kini menjadi 2,0 meter dengan panjang total 6,4 meter sehingga memiliki volume angkut yang lebih besar. Oh iya, bagi kalian yang belum tahu Rear Over Hang (ROH) merupakan jarak antara garis tengah gardan belakang dengan bagian ujung belakang kendaraan.

2. Mitsubishi Fuso Canter Euro 4 Lebih Perkasa dan Ramah Lingkungan

Mitsubishi Fuso Canter Euro 4

Mesin 4V21-2AT1

Mitsubishi Canter Euro 4 untuk performa yang dihasilkan beragam. Sesuai dengan kebutuhan, truk ini dihadirkan mulai dari yang bertenaga 108 PS, 136 PS, hingga 150 PS.

Salah satu varian yang menjadi primadona di kalangan pengusaha adalah Canter FE 74 HDS. Truk ini memiliki tenaga dan torsi yang terasa cekatan di jalan lurus sehingga memperingkas waktu perjalanan.

Fuso Canter Euro 4 FE 74 HDS sendiri dibekali mesin baru berkode 4V21-2AT1 yang sudah memenuhi regulasi Euro 4. Jantung pacu diesel berkombusi 3.907 cc dengan teknologi commonrail 4-silinder segaris direct injection tersebut, di atas kertas sanggup meletupkan tenaga hingga 136 PS di 2.500 rpm serta torsi puncak mencapai 420 Nm pada putaran 1.500 rpm.

Mengenai gearboxnya, mesinnya dikawinkan menggunakan transmisi manual 5-percepatan model M035S5 dengan perbandingan gigi akhir 4.444.

Dikontrol oleh Electronic Control Unit (ECU), lewat ubahan ini pabrikan mengklaim bahwa tenaga yang digelontorkan lebih melimpah, serta torsi juga dapat merata di setiap putaran mesin. Terlebih, mesinnya sudah didukung sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR), Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler yang berfungsi untuk mereduksi gas buang Nitrogen Oksida.

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Juga Ikutan KTT G20 Bali, Tempuh Perjalanan Ratusan Kilometer

3. Truk Fuso Canter Masih Bisa Tenggak Bio Solar

Mitsubishi Fuso Canter Euro 4

Pada dasarnya mesin diesel common rail dengan teknologi Euro 4 tidak disarankan menggunakan BBM jenis bio solar dengan Cetane Number 48 dan mengandung sulfur maksimal 2.500 ppm. Hal tersebut jika sering dilakukan dapat memperpendek usia mesin.

Menurut pabrikan, Mitsubishi Fuso Canter Euro 4 disarankan untuk menggunakan solar dengan kandungan tingkat sulfur 50 ppm guna menghasilkan performa maksimal serta menjaga keawetan mesin.

Dengan begitu bisa dibilang jenis BBM yang sesuai saat ini adalah Shell V-Power Diesel. Solar jenis ini memiliki kandungan sulfur maksimalnya 10 ppm dengan Cetane Number 51.

Karena Fuso Canter Euro 4 merupakan kendaraan niaga yang dituntut untuk menghasilkan keuntungan terhadap pemiliknya, maka truk ini masih bisa menggunakan bio solar. Dikatakan Aji Jaya, Vice President Sales & Marketing PT KTB bahwa soal ini pabrikan sudah mewaspadai.

“Manakala menggunakan bio solar sudah ada mekanisme filterasi bahan bakar untuk menyaring kotoran,” katanya.

Seperti diketahui Fuso Canter Euro 4 sudah dilengkapi filter-filter yang dapat menyaring endapan lumpur, kotoran atau kandungan sulfur berbahaya yang beresiko merusak mesin. Sistem penyaringan pre filter dengan masa periodical setiap 20 ribu km harus dilakukan penggantian.

4. Berkendara Lebih Nyaman, Fuso Canter Euro 4 Punya Fitur Komplit

Mitsubishi Fuso Canter Euro 4

Tak hanya memanjangkan sasis guna menghasilkan daya angkut barang lebih banyak serta tenaga lebih besar, untuk fitur di Fuso Canter Euro 4 juga semakin komplit. Seperti yang bisa dilihat, untuk memberikan kenyamanan selama berkendara truk ini berhasil disematkan tilt & telescopic dan power steering.

Hebatnya Fuso Canter Euro 4 juga dilengkapi rear camera yang terintegrasi dengan monitor berupa di spion tengah guna menghindari blind spot di belakang ketika parkir mundur. Pada center cluster truk ini memperoleh head unit single din dengan format DVD, CD, MP3, USB, Aux in, dan Radio yang berfungsi menemani setiap penggunanya disaat berkendara dengan membawa muatan barang.

Guna memberikan daya cengkram yang baik, truk ini mendapat bantuan berupa sistem pengereman gas buang. 

Baca juga: Mitsubishi Fuso eCanter Lakukan Uji Coba Jadi Mobil Paket, Truk Listrik Ringan Pertama di Indonesia Mulai Disiksa

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil