window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik

Herdi · 3 Mar, 2023 19:03

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 01

Beberapa kasus kerap ditemukan pada mobil bekas atau mobil yang sudah berumur, dimana saat hendak distarter atau mesin akan dinyalakan, ternyata tak mau hidup sama sekali. Apesnya, kita tidak tahu bagaimana menanganinya karena tak tahu soal mesin.

Ya, memperbaiki mobil yang tak mau hidup, memang tidak sesederhana hanya menyambungkan dua kabel dan mencoloknya ke stop kontak. Namun lebih dari itu. Ada beberapa hal yang ternyata bisa jadi akar penyebabnya. 

Baca juga: Aki Soak Bikin Mobil Tiba-Tiba Mogok di Jalan? Jangan Panik, Ini Solusinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 01

Distarter tapi mesin tak mau bekerja

Nah, dalam artikel ini, Autofun akan merangkum beberapa kemungkinan, mengapa mobil jadi tiba-tiba tidak bisa hidup saat hendak akan dipakai. Setidaknya informasi ini bisa jadi tambahan pengetahuan, agar nantinya bisa dilakukan perawatan atau terhindar dari mekanik nakal saat di bengkel. Berikut ulasannya:

1. Cek Kondisi Baterai atau Aki

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 02

Aki soak jadi penyebab utama mobil tidak menyala

Hal pertama yang bisa dicurigai jika mobil tak bisa dihidupkan yaitu cek kondisi aki. Ya, ini karena aki atau accu jadi sumber utama sistem kelistrikan pada mobil. Alhasil, semua yang berkaitan dengan kelistrikan sudah pasti berasal dari aki. 

Maka dari itu, jika mobil tak bisa distarter Anda perlu memeriksa aki dengan menguji voltase menggunakan multimeter. Lalu lihat apakah voltase masih cukup atau sudah habis. 

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 03

Rutin periksa kondisi aki

Selain itu, periksa juga bagian kutub kondisinya baik atau tidak. Bisa juga kedua kutub pada aki terlepas atau kotor berkerak, sehingga perlu dibersihkan. Atau bisa juga karena aki sudah soak karena usia pemakaian. 

Anda juga perlu melakukan beberapa pengecekan kabel koneksi aki karena kendur. Pasalnya, jika ini terjadi, maka starter tidak mendapatkan arus listrik yang cukup untuk menghidupkan mesin. Maka dari itu, Anda cukup kencangkan kembali, namun sebelumnya bisa juga dibersihkan terlebih dahulu. 

Nah, jika sudah dilakukan pengecekan, Anda bisa melihat indikator panel instrumen, apakah lampu berlogo aki mobil menyala atau tidak. Sebab, jika memang tak menyala, solusinya adalah mengganti aki mobil dengan yang baru.

Baca juga: Beragam Penyebab Aki Mobil Soak, Harus Segera Diganti atau Bisa Disetrum Lagi?

2. Alternator Tidak Bisa Menyalurkan Listrik

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 04

Jika aki sudah dicek namun kondisinya baik, maka ketika mobil tak bisa dihidupkan Anda perlu memberikan bagian alternator atau disebut juga dengan dinamo.

Ya, bagian komponen ini merupakan jadi pembangkit listrik yang ada dalam setiap kendaraan bermotor. Maka dari itu, jika starter tidak bisa dihidupkan, kemungkinan komponen ini jadi penyebabnya.

Biasanya, Alternator rusak karena usia pemakaian atau lainnya. Karena bagian ini memang jarang sekali mengalami kerusakan. Kendati demikian, Alternator memiliki peran penting, karena berfungsi menyalurkan tegangan daya listrik dari aki. Oleh sebab itu, jika aki merasa tidak masalah, maka cek juga altenatornya. 

3. Filter BBM Tersumbat

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 05

Pastikan isi BBM sesuai rekomendasi pabrikan

Mobil yang tak bisa dihidupkan, boleh jadi karena sistem bahan bakar tidak bisa berfungsi dengan baik. Satu diantaranya karena tidak ada bahan bakar minyak (BBM).

Namun selain itu, mobil tak bisa nyala lantaran filter bahan bakar tersumbat karena terdapat kotoran, akibat kerak, tangki bahan bakar kotor, bahkan tercampur air. Sehingga jika semua itu terjadi, tidak menutup kemungkinan bahan bakar untuk membuat mesin bekerja jadi bermasalah. 

Pada sistem bahan bakar juga ada namanya Fuel Pump, yang biasa digunakan pada mobil bermesin injeksi. Nah, jika Fuel Pump bermasalah, atau bensin tidak keluar maka sulit distarter. 

Gejala mobil tak bergeming ketika starter karena Fuel Pump bisa terdeteksi apabila tidak terdengar suara dengungan. Sebaliknya, suara tersebut akan berdengung menandakan kondisinya baik-baik saja. 

Baca juga: Jangan Tunggu Mogok, Ini Tanda Busi Mobil Mau Mati

4. Busi Bermasalah

4 Penyebab Utama Mesin Mobil Tiba-tiba Tidak Menyala, Jangan Langsung Panik 06

Busi kotor bikin pengapian terganggu

Mobil tak bisa distarter juga karena sistem pengapian seperti busi mengalami masalah. Seperti diketahui, busi merupakan pemicu terjadinya pembakaran dalam proses pembakaran di ruang mesin.

Sebaliknya jika busi lemah, maka komponen tersebut tidak bisa menciptakan bunga api yang sempurna, sehingga proses pembakaran jadi terhambat. Nah, jika busi lemah, biasanya akan mobil akan terasa getaran saat hendak dinyalakan, kemudian muncul bunyi tidak wajar.

Adapun busi bermasalah biasanya terlihat dari warnanya jadi gelap dan kotor. Hal ini diketahui karena sisa-sisa pembakaran kerap menempel pada permukaan busi, baik kerak bahan bakar atau bekas tetesan oli.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil