window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kekurangan Kia Carnival Diesel Gen 1, Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli

Enda · 11 Sep, 2023 16:30

Kia Carnival diesel gen 1

Setelah mengetahui keunggulan Kia Carnival diesel gen 1, ada baiknya ketahui kekurangan mobil ini sebelum membeli. Sekedar informasi saja, generasi pertama Carnival diesel saat ini pasarannya ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan.

Sebagai mobil keluarga, mobil ini cukup nyaman dikendarai berkat fitur yang ditawarkan terlebih adanya jok captain seat di baris kedua yang bisa diputar 180 derajat. Tak hanya itu, mobil pun memiliki beberapa fitur menarik lainnya seperti panoramic sunroof, kursi elektrik berlapis kulit, spion elektrik, AC climate control hingga baris belakang, heater di bawah jok, head unit 2 din, cruise control, dan defogger.

Bicara keselamatan berkendara, mobil ini telah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman, dual SRS airbag di depan, side impact beam, child lock door, sabuk pengaman otomatis dengan pretensioner, dan seatbelt di setiap joknya dengan memberikan perlindungan lengkap bagi setiap pengguna.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menggunakan sasis monokok, mobil ini memiliki lantai kabin rata dan terasa lapang. Menariknya, untuk bantingan mobil ini juga terasa empuk ketika melewati jalan berkontur.

Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya simak lebih dulu 5 kekurangan Carnival diesel gen 1 melalui ulasan berikut.

Baca juga: Diam-Diam Kia Grand Carnival Bensin Sudah Dijual di Indonesia, Jadi Varian Termahal

1. Kia Carnival Diesel Gen 1 Lemah di Pompa Oli

Kia Carnival diesel gen 1

Pompa oli Kia Carnival gen 1 kerap bermasalah

Kekurangan pertama yang kerap menimpa Kia Carnival diesel gen 1 yakni di bagian pompa oli. Hal itu dikarenakan oli tidak dapat tersalurkan dengan baik yang diakibatkan gigi balance sprocket dan tensioner melemah.

Karena oli tidak dapat bersikulasi dengan baik guna melakukan pelumasan secara keseluruhan, pada bagian mesin muncul suara berisik seperti ketukan. Hal ini pun jika dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan keausan di sektor mesin.

2. Kaca Kia Carnival Pecah Rawan Pecah

Kia Carnival diesel gen 1

Kia Carnival gen 1 juga memiliki kekurangan pada kaca yang rawan pecah disaat memasang kaca film. Pecahnya kaca berada di sekitaran spion tengah yang disebut-sebut akibat desain kaca yang salah.

Untuk menghindari pecahnya kaca, sebaiknya saat pemasangan disarankan lebih berhati-hati.

3. Power Steering Rentan Bermasalah

Kia Carnival diesel gen 1

Melihat pada forum, tak sedikit pemilik Kia Carnival diesel gen 1 mengeluhkan selang power steering yang copot dengan sendirinya. Untuk mengatasinya supaya kejadian serupa tidak kembali dialami, kalian bisa melakukan modifikasi pada selang dengan menggantinya atau menambahkan klem pengait.

Baca juga: 5 Hal Menarik Kia Grand Carnival, Alternatif MPV Premium Dengan Mesin Diesel

4. Peredam Kabin Tipis

Kia Carnival diesel gen 1

Peredam kabin Kia Carnival tipis

Kekurangan lain dari Kia Carnival gen 1 ada pada bagian peredam kabin. Untuk bahan yang digunakan terbilang tipis sehingga tidak mampu meredam suara mesin dieselnya dan suara asing lainnya dari luar mobil.

Karena peredam kabin yang digunakan tipis sehingga dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara, kalian bisa menambahkan peredam yang banyak dijual di pasaran.

Oh iya, bagian pintu belakang mobil ini juga kerap dikeluhkan sebagian pemiliknya. Lantaran pengguna Carnival gen 1 seringkali mendengar suara asing ketika melewati jalan yang berkontur.

Setelah dicari penyebabnya, sumber suara berasal dari pengait pintu yang kurang pas memegang daun pintu belakang.

5. Suku Cadang Mulai Sulit Dijumpai di Pasaran

Kia Carnival diesel gen 1

Populasinya yang kian sedikit, untuk urusan spare part atau suku cadang Kia Carnival sudah mulai langka di pasaran. Jika pun ada, biasanya harga yang ditawarkan terbilang mahal.

Baca juga: Selisih Rp 1,2 juta, Pilih Hyundai Staria Signature 9 atau KIA Grand Carnival Premiere?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

KIA Grand Carnival Premiere

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil