window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Keuntungan Sewa Mobil, Mulai dari Gak Mikirin Servis Sampai Bisa Ganti-ganti Mobil Baru

Prasetyo · 7 Feb, 2024 10:01

keuntungan sewa mobil

Keuntungan sewa mobil di era mobilitas seperti saat ini, sepertinya makin banyak dirasakan oleh masyarakat, baik dari sisi individu maupun perusahaan.

Ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dari menyewa mobil daripada membeli atau menggunakan transportasi umum. 

Salah satu manfaat utama dari menyewa mobil adalah fleksibilitasnya, baik dari segi jangka waktu penyewaan, sampai ke ragam jenis kendaraan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, keuntungan rental mobil juga dapat menghemat biaya dalam jangka pendek. 

Meskipun harga sewa mobil mungkin terlihat mahal secara langsung, namun jika Anda hanya memerlukan transportasi untuk waktu yang singkat, itu bisa lebih ekonomis daripada membeli mobil.

sewa mobil bali

Sewa mobil saat liburan juga lebih menguntungkan

Keuntungan sewa mobil tentu akan dirasakan pula jika Anda melakukan perjalanan ke luar kota, misalnya saat liburan.

Lantaran memberikan fleksibilitas dalam perjalanan, maka Anda dapat mengubah rencana perjalanan sesuai keinginan, menambah atau mengurangi waktu sewa sesuai kebutuhan. 

Ini sangat menguntungkan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi banyak tempat atau berpindah-pindah lokasi tanpa batasan waktu yang ketat. 

Kemudahan untuk penyewaan kendaraan pun kini ditunjang makin banyaknya jasa rental mobil di kota-kota besar di Indonesia.

Mau sewa mobil per jam, sampai rental mobil hitungan bulan atau tahun pun bisa, mau sewa dengan sopir atau sewa mobil lepas kunci pun dapat diatur sesuai kebutuhannya.

"Melalui penyewaan mobil, individu dan perusahaan dapat menikmati kebebasan, fleksibilitas, dan kenyamanan tanpa harus merasakan beban keuangan yang besar," kata Rizki Aditiya Imanda, Head of Commercial MPMRent melalui keterangan tertulisnya.

Jadi, apa saja keuntungan sewa mobil yang dapat Anda nikmati? Berikut tujuh diantaranya.

Baca juga: 8 Hal Utama yang Perlu Dipahami Pasca Membeli Mobil Baru

1. Tanpa Investasi Awal yang Besar

keuntungan sewa mobil daripada beli

Biaya sewa pasti lebih kecil daripada beli mobil

Saat Anda memutuskan untuk menyewa mobil, Anda tidak perlu menghadapi beban investasi awal yang signifikan seperti saat membeli mobil.

Karena tidak seperti membeli mobil yang dikenakan harga mobil baru yang terus menerus naik atau kewajiban membayar DP dengan persentase tertentu jika ingin melakukan pembelian mobil secara kredit

Situasi ini memungkinkan perusahaan atau individu untuk menggunakan biaya yang ada untuk kebutuhan lain, seperti pengembangan bisnis atau mengalihkan ke investasi lainnya seperti rumah.

2. Tidak Merugi Akibat Depresiasi Nilai Mobil dan Bunga Kredit

harga mobil bekas

Mobil yang dijual lagi pasti akan mengalami depresiasi harga

Kecuali itu mobil kolektor dengan kondisi yang sangat istimewa, nilai dari sebuah mobil cenderung merosot seiring berjalannya waktu, sementara harga mobil baru dari tahun ke tahun kian meningkat.

Dengan menyewa, Anda tidak perlu khawatir tentang depresiasi nilai mobil, yang sering menjadi beban besar bagi pemilik mobil.

Dari sisi kredit mobil, biaya rental mobil selama masa periode yang tetap, akan membuat Anda tidak terpengaruh akan bunga yang fluktuatif.

Besarnya nilai sewa per bulan juga umumnya cenderung lebih kecil dibanding angka kredit mobil baru saat membelinya.

3. Banyak Pilihan Mobil Terbaru

sewa mobil baru

Bisa sewa mobil terbaru atau mobil mewah

Dengan menyewa, Anda bisa menikmati manfaat menggunakan mobil keluaran terbaru dengan teknologi terkini dan fitur keselamatan yang mutakhir, yang selalu diperbarui oleh perusahaan penyewaan mobil.

Bahkan Anda bisa memilih jenis dan tipe mobil terbaik mana yang ingin anda gunakan sehingga tidak perlu khawatir terhadap perubahan teknologi kendaraan yang terus berkembang belakangan ini.

Mobil-mobil mewah yang mungkin selama ini cuma mimpi untuk bisa Anda miliki, maka Anda pun dapat menyewanya di sejumlah penyedia jasa rental mobil mewah.

Baca juga: 9 Kesalahan Membeli Mobil Bekas, Awas Menyesal dan Bikin Tabungan Ludes

4. Biaya Asuransi yang Lebih Terjangkau

beli mobil kredit

Asuransi sewa mobil juga pasti lebih kecil daripada saat beli mobil

Ketika membeli mobil, terutama yang kredit, maka Anda diwajibkan membayar biaya asuransi, baik asuransi tipe Total Loss Only (TLO) atau Komprehensif (All Risk).

Sayangnya biaya asuransi untuk pembelian mobil ini cukup tinggi, bahkan jangka waktunya akan ditetapkan selama masa tempo kredit mobil tersebut.

Disatu sisi, Anda tidak perlu membayar asuransi mobil jika anda melakukan penyewaan kendaraan karena asuransi ini ditanggung oleh perusahaan sewa kendaraan tersebut.

Ini dapat mengurangi beban finansial dan memberikan perlindungan yang memadai selama masa sewa.

5. Keamanan dan Kenyamanan mobil

mobil mogok di jalan

Tak perlu khawatir biaya servsi atau saat mobil mogok di jalan

Keuntungan sewa mobil lainnya adalah Anda tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan dan perbaikan. 

Anda juga bisa mendapatkan supir terlatih profesional yang menambah kenyamanan berkendara sehingga tak perlu capek-capek lagi nyetir di tengah kemacetan.

Salah satu layanan yang memberikan keamanan dan kenyamanan ini terdapat di layanan rental mobil di MPMRent, yang akan melakukan perawatan berkala dan menyediakan suku cadang yang dibutuhkan sehingga pelanggan tidak perlu repot menghabiskan waktu dengan melakukan servis dan perbaikan sendiri. 

Tidak itu saja, MPMRent juga menyediakan 24 jam layanan roadside assistance yang akan memberikan rasa aman saat anda berada di jalan.

6. Alternatif Jangka Waktu Penyewaan

sewa mobil lepas kunci

Bisa sewa mobil lepas kunci atau dengan sopir

Saat ini, beberapa perusahaan penyewaan mobil memiliki jangka penyewaan mobil yang bervariatif. 

Seperti berbagai pilihan penyewaan yang ditawarkan MPMRent yang memungkinkan pelanggan dapat menyewa per hari, bahkan per tahun, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Ogah Bayar Ratusan Juta Buat Beli Toyota Kijang Innova Zenix? Coba Sewa Dengan Cara Ini

7. Sustainability Lifestyle

sewa mobil listrik

Bisa sewa mobil listrik juga

Banyak perusahaan penyewaan mobil menawarkan opsi kendaraan ramah lingkungan.

Dengan memilih mobil emisi rendah atau nol, Anda dapat berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan dan mendukung gaya hidup bertanggung jawab yang telah Anda lakukan.

Seperti yang dilakukan oleh MPMRent dengan menyediakan pilihan mobil listrik yang dapat disewa selama satu tahun.

"Dari semua manfaat ini, menyewa mobil dapat memberikan fleksibilitas yang luar biasa. Anda
bisa memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa harus terikat pada satu mobil untuk jangka waktu yang lama," tukas Rizki.

@garasi.autofun Menurut kalian, cakep Nissan Livina atau Mitsubishi Xpander nih? #tipsmobil #reviewmobil #reviewmobilbekas #bekasberkualitas #mobilbekas #tipsmobilbekas #mobilseken ♬ Jazz piano ad lib adult jazz club - copanda

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil