Beda MG HS dan MG ZS, SUV Pendatang Baru dengan Paket Lengkap

Brodin · 30 Sep 2020 09:00

MG HS menjadi model kedua setelah MG ZS yang menawarkan fitur dan built quality yang bagus namun dengan harga ramah di kantong. SUV pendatang baru ini, mendefinisikan diri sebagai sebuah kendaraan bergaya premium yang sporty dan elegan.

MG HS hadir sebagai Medium Sport Utility Vehicle dan bersaing dengan Mazda CX-5, Honda CR-V, atau Nissan Xtrail yang sebelumnya sudah mengisi segmen ini. MG HS sendiri mengisi line up SUV dari Morris Garage Indonesia dengan posisi di atas MG ZS yang sebelumnya sudah diluncurkan. 

MG HS mengusung desain Brit Dynamic yang sebelumnya juga digunakan pada MG ZS. Bila dilihat sepintas mirip dengan SUV besutan Mazda tapi sebenarnya tidak ada hubungan atau kerja sama pengembangan desain dari kedua pabrikan. 

Diluncurkan dalam waktu yang cukup dekat, apa bedanya antara MG HS dan MG ZS? 

Supaya tidak bingung, sekarang kita bahas dulu dari sisi harga supaya jelas untuk mengklasifikasikan model berdasarkan jenis. Di Indonesia, MG ZS ditawarkan dalam dua varian, yakni MG ZS tipe Excite seharga Rp255 jutaan dan MG ZS tipe Ignite seharga Rp289 jutaan.

Sementara itu, MG HS Excite ditawarkan mulai dari Rp. 369.800.000 (OTR Jakarta). Sementara MG HS Ignite, ditawarkan mulai dari Rp 429.800.000 (OTR Jakarta). Artinya, MG ZS mengisi segmen compact SUV sementara MG HS mengisi kelas medium SUV. 

Berkapasitas Sama, Mesin MG HS dan MG ZS Beda Tenaga 

MG HS dibekali mendapatkan mesin yang kecil tapi lebih bertenaga. Dapur pacu MG HS mengandalkan mesin 1.490 cc DOHC DGI empat silinder yang dilengkapi dengan turbo. Produksi tenaganya cukup besar, 160 hp pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.700 dan 4.400 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 7 percepatan berteknologi Twin-Clutch SportTronic Transmission (TST) dan disalurkan ke roda penggerak depan. Jika dibandingkan dengan negara lain, MG HS di Indonesia hanya ditawarkan dengan opsi roda penggerak depan saja.

Sementara untuk MG ZS menggunakan mesin 1.498 cc 15S4C DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH injeksi bahan bakar multi-point. Transmisinya otomatis dengan sistem triptonic. Mesin tadi menghasilkan tenaga maksimum sebesar 114 hp. 

Fitur Berkendara Lengkap di MG HS 

Beberapa fitur MG HS yang ditawarkan termasuk paddle shift control system serta cruise control yang bisa membantu pengendalian sekaligus cukup menghemat bahan bakar. Sayangnya MG HS belum mendapatkan engine start/stop button layaknya model lain di segmennya. 

Fitur Unik Khusus di MG ZS

MG ZS punya pengaturan bobot setir. Jadi pengemudi bisa mengatur bobot setir sesuai selera. 

Ada 3 pengaturan bobot setir dengan 3 berat yang berbeda. Mulai dari ringan, sedang dan berat. Caranya cukup menekan head unit dan pilih menu Car, lalu pilih Driving & Maintenance. 

Didalamnya bakal ada menu Steering dengan pilihan Urban, Normal dan Dynamic. Untuk yang paling ringan yaitu mode urban karena menyesuaikan kondisi jalanan yang cukup padat. 

Beda Gaya Interior MG HS dan MG ZS, Tetap Modis Khas Eropa

Medium SUV lansiran Morris Garage ini juga tampil gahar dengan balutan interior two tone merah dan hitam. Ada juga layar infotainment berukuran 10 inci lengkap dengan Android Auto dan Apple CarPlay yang siap menghibur penumpang. 

Selain itu, MG HS juga sudah dibekali dengan oversized panoramic sunroof yang berukuran jumbo yang sukses membuatnya terlihat makin mewah. 

Lebih dari performa, MG HS juga memberikan kenyamanan yang dapat membawa kegembiraan tersendiri melalui personalisasi dalam berbagai aspek, mulai dari tilt dan telescopic steering wheel, 64-color interactive ambient light yang dapat disesuaikan dengan mood dan atmosfer yang diinginkan.

MG ZS memiliki desain yang sangat khas. Terlebih lagi, desain interior dan eksteriornya yang memberikan kenyamanan dan suasana khas Inggris yang otentik. Perbedaan yang terlihat yaitu pada pilihan warna interiornya yang mengkombinasikan aksen coklat dan hitam. 

Kesimpulan 

Menjaga keaslian serta kualitas Inggris pada setiap unit dan model yang dibawa ke Indonesia juga merupakan komitmen yang selalu dipenuhi oleh MG Motor Indonesia.

Pengalaman terbaik MG dalam menciptakan mobil yang sporty, serta berbagai fitur canggih mampu memberikan kesan berkendara yang mewah dengan harga yang sangat kompetitif.

Pusat desain dan rekayasa permesinan yang berlokasi di Longbridge, Birmingham, Inggris memastikan konsistensi kualitas yang sama di mana pun MG dipasarkan. Faktor keselamatan pada setiap model yang  ditawarkan MG telah dilengkapi sertifikasi standar internasional. 

Komentar

Mobil Terbaru