Beli MG ZS, Worth It Enggak Sih?

Anissa · 18 Okt 2020 09:00

Masih asing dengan model mobil MG ZS? Yuk, kita kenalan dulu. Mobil ini merupakan produk mobil dari salah satu merek Inggris milik Cina, yakni Morris Garage yang disingkat menjadi MG. Setelah sekian lama, akhirnya produk mobil yang satu ini mengaspal di Indonesia pada tahun 2020 ini.

MG ZS ini sendiri terdiri atas dua varian berbeda, yakni MG ZS Excite dan MG ZS Ignite. Untuk MG ZS Excite dibanderol dengan harga sekitar Rp255 jutaan, sedangkan MG ZS Ignite dibanderol dengan harga Rp289 jutaan. Mobil ini sendiri digadang-gadang akan menjadi pesaing dari Honda HR-V di Indonesia.

Lalu, apakah mobil ini layak untuk dibeli? 

Kenapa MG ZS Layak Dibeli

1. Desain Mewah

Bagian Eksterior MG ZS memang terlihat sangat mewah. Penggunaan grille segi enam bermotif honeycomb yang dipadukan dengan headlamp berbentuk tajam menambah kesan maskulin. Lampu daytime running light mengikuti bentuk lingkaran headlamp, terputus di atas dan bawahnya, kemudian menjalar membentuk alis terpisah.

2. Fitur Canggih dan Lengkap

Fitur yang dimiliki oleh MG ZS bisa dibilang cukup canggih dan lengkap. Fitur keselamatan aktifnya memiliki Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC) dan Traction Control System (TCS). Selain itu, ada pula fitur keselamatan aktif lain seperti Emergency Stop Signal (ESS) dan Tire Pressure Monitor System (TPMS). 

Pada tipe Ignite, mobil ini bahkan dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, Cruise Control, Push Start/Stop Button, Kamera Parkir. Tidak hanya itu, ada pula fitur lampu DRL LED, headlamp otomatis, dan lampu kabut depan. Kedua tipe juga sudah dilengkapi dengan sistem navigasi.
Untuk airbags-nya, MG ZS Ignite juga dilengkapi dengan enam SRS airbags yang ada di bagian depan, samping, dan jendela (curtain). Sementara itu, MG ZS Excite hanya memiliki dua SRS airbags di bagian depan saja.

Untuk fitur hiburannya sendiri, MG ZS juga memiliki fitur hiburan yang cukup mumpuni. Fitur tersebut ialah layar sentuh berukuran 8 inci yang dilengkapi dengan enam buah speaker yang tersebar di seluruh bagian mobil. Layar tersebut juga sudah mendukung fitur konektivitas seperti bluetooth, Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak lupa disematkan pula dua Port USB.

3. Banyak Pilihan Warna

MG ZS menawarkan cukup banyak pilihan warna untuk menyesuaikan selera konsumennya. Untuk warna eksteriornya sendiri ditawarkan dalam lima pilihan warna berbeda. Kelima pilihan warna tersebut antara lain Scarlet Red, Marina Blue, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic. 

4. Interior Elegan

Pada bagian Interiornya, baik MG ZS tipe Excite maupun tipe Ignite, keduanya menggunakan bahasa desain khas British yang elegan. Perbedaan pada kedua tipe ini terlihat dari pilihan warna interior yang ditawarkan. Tipe Excite menawarkan interior berwarna full hitam, sedangkan tipe Ignite menawarkan interior dual tone, yakni warna cokelat dan hitam. Tatanan dashboard yang menawan juga semakin menegaskan kesan elegan dan mewah dari mobil ini. 

5. Harga Kompetitif

Di Indonesia sendiri, ada dua varian dari MG ZS yang dipasarkan, yakni MG ZS Excite yang dibanderol dengan harga Rp255,8 juta dan MG ZS Ignite yang dibanderol dengan harga Rp289,8 juta. Harga tersebut tentu cukup kompetitif, terlebih jika kita bandingkan dengan pesaingnya, yakni Honda HR-V. Untuk trim terendahnya saja, satu unit mobil Honda HR-V dibanderol dengan harga Rp297 jutaan.

Kenapa MG ZS Tidak Layak Dibeli

1. Absennya Headrest Penumpang Tengah dan Handrest

Meskipun memiliki desain interior yang elegan dan mewah, nyatanya interior MG ZS tidak luput dari kekurangan. Mobil ini belum memiliki headrest untuk penumpang tengah di baris kedua. Selain itu, pada mobil ini juga belum dilengkapi dengan handrest portable di kursi barisan keduanya. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat Honda HR-V 1.5L selaku pesaing utamanya sudah dilengkapi dengan kedua fitur yang absen tersebut.

2. Belum Dilengkapi Fitur i-Smart

Untuk MG ZS yang dipasarkan di Thailand, mobil ini dilengkapi dengan satu fitur canggih lain, yakni fitur i-Smart. Fitur ini berupa voice command yang bisa digunakan untuk mengganti lagu, buka dan tutup sunroof, hingga melakukan panggilan telepon. Fitur ini juga bisa terkoneksi dengan smatphone sehingga kita bisa dengan mudah mengecek kondisi mobil.

Sayang sekali, untuk MG ZS yang dipasarkan di Indonesia, fitur yang canggih ini justru absen. Fitur ini tentu dapat menjadi nilai plus dan memberikan kepraktisan yang lebih bagi para konsumen. 

3. Ketahanan Belum Teruji

Meskipun dari penjelasan spesifikasi yang diberikan oleh MG mobil ini tampak kuat dan andal, tetapi mengingat mobil ini masih terhitung baru di Indonesia, maka keandalannya pun belum teruji. Keandalan merupakan salah satu hal yang sampai saat ini masih menjadi prioritas bagi konsumen di Indonesia.

4. Speaker Kurang Jernih

Meskipun head unit layar sentuh yang dihadirkan pada mobil ini terbilang cukup mumpuni, tetapi sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan penggunaan speaker yang berkualitas. Banyak pihak yang sudah mengeluhkan tentang kurang jernihnya suara dari speaker milik MG ZS ini.

Kesimpulan

Jika dilihat secara keseluruhan, MG ZS memiliki banyak kelebihan, tetapi juga tidak luput dari beberapa kekurangan. Lalu pertanyaan besarnya ialah, apakah mobil ini layak untuk dibeli?

Melihat fitur keselamatan dan hiburannya yang lengkap, serta desain interior maupun eksteriornya yang menawan, mobil ini bisa dibilang cukup layak untuk dibeli. Terlebih lagi, dibandingkan dengan pesaingnya, yakni Honda HR-V, mobil ini dibanderol dengan harga yang lebih murah, bahkan untuk trim tertingginya. Kekurangan yang dimilikinya pun tidak terlalu besar, sehingga mobil MG ZS ini layak untuk dibeli.

Komentar

Mobil Terbaru