window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beli Solar Subsidi di Seluruh Indonesia Sudah Dibatasi Pakai QR Code, Innova Diesel Sampai Pajero Sport Ditolak

Prasetyo · 26 Jun, 2023 10:35

Beli Solar Subsidi di Seluruh Indonesia Sudah Dibatasi Pakai QR Code, Innova Diesel Sampai Pajero Sport Ditolak 01

Pertamina Patra Niaga saat ini sudah menetapkan skema full QR Code untuk setiap pembelian BBM jenis Solar subsidi di seluruh Indonesia.

Nantinya setiap konsumen yang akan melakukan pembelioan Sular Subsidi wajib scan QR Code dan akan mendapatkan volume BBM sesuai kriteria kendaraan.

Baca juga: Beli Solar Subsidi Kini Wajib Pakai Full QR, Biar Gak Ada Lagi yang Curang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

QR Code SPBU Pertamina

Pakai QR Code biar dibatasi jumlah pembeliannya (Foto: Pertamina)

Buat Anda yang belum memiliki QR Code, maka Pertamina masih membuka pendaftaran untuk mendapatkan QR Code tersebut.

Sedangkan kalau tak punya ponsel pintar (smartphone) pun tak usah khawatir.

Karena kode yang diterima setelah mendaftar itu bisa di print untuk dibawa saat hendak transaksi pembelian BBM.

QR Code SPBU Pertamina

QR Code bisa diprint dan disimpan saat hendak isi BBM (Foto: Pertamina)

"Karena semuanya mudah, mulai dari daftarnya mudah, lalu jika sudah punya QR Code transaksinya pun mudah tinggal dibawa dan discan oleh operator SPBU, jika tidak punya handphone bisa diprint, jadi berbagai skema memudahkan sudah Pertamina siapkan," kata Mars Ega Legowo Putra, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga melalui keterangan tertulisnya.

Baca juga: Gak Lagi Minum Solar, Truk Isuzu Siap Geser ke Mesin Hidrogen Hasil Kreasi Honda

Sistem QR Code Biar Gak Ada Kelangkaan Solar Subsidi

Truk tangki Pertamina

Pertamina terus pantau penggunaan BBM Subsidi (Foto: Pertamina)

Masih menurut Mars Ega, skema penggunaan QR Code ini sudah dilakukan sejak tahun 2020 yang terbagi atas lima tahap dan sudah rampung 3 tahapan.

Tahap pertama yaitu instalasi serta penyiapan infrastruktur digitalisasi di SPBU yang selesai di Desember 2020.

Tahapan kedua adalah integrasi platform MyPertamina, didalamnya ada server, website, aplikasi, program promosi hingga media sosial yang telah dimulai sejak Juli 2022.

QR Code

QR Code bisa didapatkan dengan cara registrasi di situs MyPertamina (Foto: Pertamina)

Adapun tahap ketiga adalah penerapan skema full QR Code bagi pembelian produk Solar Subsidi di 514 Kota dan Kabupaten diseluruh Indonesia. 

Mars Ega melanjutkan implementasi Full QR Code ini bertujuan untuk memudahkan dan menjaga masyarakat yang berhak agar lebih terjamin mendapatkan Solar Subsidi.

"Jadi ketika sudah di scan tinggal bertransaksi sesuai batasan volume yang sudah ditetapkan sesuai kriteria kendaraan yang diatur dalam SK BPH Migas No. 04 /P3JBT/BPH Migas/Kom/2020," jelasnya.

Baca juga: Solar B35 Jadi Satu-satunya di Dunia, Ketua Umum Gaikindo: Saatnya Jepang Belajar dari Indonesia

Pertamina Harapkan Masyarakat Mampu Gak Pakai Solar Subsidi

BBM Subsidi

Solar Subsidi hanya untuk kendaraan tertentu (Foto: Pertamina)

Penggunaan sistem QR Code selain untuk membatasi konsumsi BBM bersubsidi, menurut Mars Ega juga ingin mengubah kebiasaan transaksi BBM ke era digital sehingga lebih mudah diawasi.

Sementara itu Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) menyebutkan kalau Pertamina sebagai BUMN terus berusaha mengelola BBM bersubsidi, Pertamina terus mengupayakan agar penyalurannya tepat sasaran.

"Ini upaya kami bersama-sama pemerintah menyalurkan BBM Subsidi agar tepat sasaran kepada yang berhak. Kami juga terus mengajak masyarakat yang mampu untuk menggunakan BBM Non Subsidi," tukas Fadjar.

@autofun.indonesia Begini kalau komunitas Mitsubishi L300 modifikasi mobilnya! #l300 #l300_pickup #mitsubishil300 #mobilpickup ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil