window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beragam Kelebihan Power Steering Hidrolik Dibanding EPS, Apa Aja?

Enda · 3 Apr, 2023 08:00

Keunggulan power steering hidrolik

Dahulu, sistem power steering masih mengandalkan sistem hidrolik untuk sistem kerjanya. Sementara itu mobil keluaran baru lazimnya sudah menggunakan teknologi Electronic Power Steering (EPS) pada sistem kemudinya. EPS sendiri mengandalkan motor listrik yang diatur dengan modul guna meringankan beban saat memutar lingkar kemudi.

EPS tidak menggunakan fluida sehingga hampir bebas perawatan. Power steering dengan tekanan fluida ini umumnya terdapat pada mobil keluaran 2005 ke bawah. Alat ini membutuhkan minyak yang dipompa untuk memberikan tekanan terhadap rack steer.

Baca juga: Perbedaan Antara Power Steering Hidrolik dan Elektrik, Pahami Keunggulannya Masing-masing

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Power steering jenis ini lebih unggul dari segi durabilitas dibandingkan EPS. Sebab tekanan fluida yang dibantu oleh mesin menggerakkan valve pengatur agar sirkulasinya dapat mengarah sesuai dengan arahnya ke silinder.

Bagian ini jauh lebih kuat ketimbang EPS yang mengandalkan suplai arus listrik untuk menggerakkan modul dan roda gigi. Selain itu jika mengalami kerusakan, power steering konvensional tersebut memakan biaya yang lebih murah ketimbang EPS.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Sistem Kemudi Mobil Mudah Rusak!

Kelemahan Power Steering Hidrolik

Keunggulan power steering hidrolik

Rembes oli power steering akibat kerusakan pada seal

Power steering hidrolik membutuhkan perhatian khusus. Dimana pemilik diwajibkan mengganti pelumas secara berkala serta mengecek bagian seal dan pompa. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebocoran atau lemahnya putaran setir.

Keunggulan power steering hidrolik

Parkir dalam kondisi setir belok gampang merusak power steering

Selain itu, kinerja power steering ini juga akan menambah beban ke mesin, dan biasanya  menyebabkan putaran mesin turun ketika berbelok patah. Oh iya, untuk menjaga keawetan pompa, seal, rack steer serta as rack steer, sebaiknya tidak memarkirkan kendaraan dalam kondisi setir belok.

Baca juga: Penyebab Setir Mobil Terasa Berat, Dari Power Steering Jadi Power Sepiring

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil