window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Biar Kinclong Terus Saat Musim Pancaroba, Pilih ke Salon Mobil Atau Perawatan di Rumah?

Prasetyo · 4 Mar, 2024 08:01

salon mobil depok

Salon mobil sering kali menjadi tempat yang tepat untuk melakukan perawatan eksterior dan interior kendaraan kesayangan kalian.

Terlebih lagi saat musim pancaroba seperti sekarang ini, ketika cuaca pagi hari bisa saja cerah namun sore menjelang malam turun hujan deras.

Musim memang pancaroba seringkali membawa tantangan bagi mobil, terutama dalam hal menjaga penampilannya tetap kinclong. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hujan, debu, dan kondisi jalan yang basah dapat membuat mobil terlihat kusam dan kotor dengan cepat. 

Jika tidak dirawat dengan baik, tentu akan timbul noda bekas air hujan dan jamur pada permukaan cat atau kaca mobil.

Sebagian orang mungkin akan menilai jika perawatan kendaraan sebenarnya cukup dilakukan pribadi di rumah.

Padahal dengan perawatan yang tepat oleh tenaga trampil seperti di salon mobil, kalian dapat menjaga mobil tetap kinclong meskipun musim berganti serta menambah rasa percaya diri pemiliknya.

Baca juga: 5 Tahapan Cuci Mobil Sendiri di Rumah Biar Bersih dan Gak Timbul Baret-baret

Perawatan Kendaraan Saat Musim Pancaroba

cuci mobil

Cuci mobil segera jika kondisi kendaraan terlihat kotor

Jika kalian merasa belum yakin dengan kualitas salon mobil terdekat, sebenarnya ada beberapa cara untuk merawat kendaraan kesayangan sendiri di rumah.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk merawat mobil Anda agar tetap kinclong selama musim pancaroba.

1. Cuci Mobil Secara Teratur

Cuci mobil kalian secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada bodi terutama ketika terkena guyuran air hujan dan seketika cuaca berubah cerah.

"Dalam hal merawat eksterior mobil, usahakan selalu cuci kendaraan seketika jika mobil dalam keadaan kotor. Gunakan shampo khusus mobil, lap microfiber dan keringkan sisa air yang ada pada bodi untuk mencegah timbulnya jamur," jelas Tegar Pribadi selaku owner Aegis Autodetailing, melalui keterangan tertulisnya.

Perhatikan pula saat menggunakan shampo mobil, jangan memakai kain lap atau kanebo, namun gunakan spons yang bersih dan lembut, hindari juga menggosok terlalu keras yang dapat merusak lapisan cat.

2. Beri Lapisan Pelindung

merawat bodi mobil

Gunakan wax untuk melindungi lapisan cat

Selain dengan rutin mencuci jika kondisi permukaan cat sudah terlihat kotor, penting juga melapisi eksterior kendaraan.

Setelah mencuci mobil, beri lapisan pelindung seperti wax atau sealant untuk melindungi cat dari kerusakan akibat elemen cuaca.

Lapisan pelindung ini juga membantu menahan kotoran dan memudahkan proses mencuci mobil berikutnya.

Kalian bisa menyemprotkan cairan wax ke seluruh bodi kendaraan untuk mempertahankan kilap setelah mobil selesai dicuci bersih.

3. Perhatikan Kaca dan Spion

Selain permukaan cat, pastikan juga untuk membersihkan kaca depan, belakang, dan kaca spion secara teratur.

Kaca yang bersih dan jernih akan memberikan tampilan yang lebih segar pada mobil, serta meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Jangan lupa juga, setelah dicuci bersih, pastikan seluruh permukaan kaca ini di lap dengan kain microfiber sampai benar-benar kering supaya tidak muncul noda bekas air atau jamur di kaca.

4. Bersihkan Interior

vacom kabin mobil

Kabin mobil sebiknya juga rutin di vacum

Sementara untuk bagian interior, Tegar memberi tips sebaiknya lakukan vacuum interior secara berkala untuk menghilangkan debu dan kotoran. 

Jangan lupa gunakan pengharum kabin sewajarnya serta hindari merokok di dalam kabin yang dapat memicu timbulnya bau tidak sedap.

5. Bersihkan Velg dan Ban

Jangan lupakan bagian velg dan ban mobil kalian. 

Membersihkan velg dan ban dari kotoran dan debu akan memberikan tampilan yang lebih rapi pada mobil.

Selain itu, pastikan untuk memeriksa tekanan udara pada ban secara teratur untuk menjaga kinerja mobil dan menghindari kecelakaan terutama ketika berkendara saat hujan.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Capek, Jangan Lupa Rutin Cek 3 Hal Ini

Pilih Salon Mobil untuk Hasil Lebih Maksimal

salon mobil aegis autodetailing

Salon mobil juga bisa mengerjakan car detailing serta nano ceramic coating

Jika kondisi kendaraan dirasa sudah tak cukup lagi hanya dengan perawatan mandiri di rumah, misalnya karena bodi mobil sudah terlalu banyak jamur, atau ada noda air hujan memenuhi kaca depan, maka solusinya adalah mendatangi salon mobil.

Tapi terkadang muncul masalah bagi sebagian pemilik kendaraan ketika hendak melakukan perawatan di salon mobil, yaitu terkendala harga car detailing yang terlalu mahal, atau mereka tidak ada waktu senggang.

Nah untuk masalah yang ini Tegar memberikan solusinya melalui layanan yang ada di Aegis Autodetailing.

Sebab di salon mobil miliknya, ada keunggulan berupa fasilitas antar jemput mobil dengan towing secara cuma-cuma atau gratis bagi pelanggan yang berdomisili area Jabodetabek dan mengambil treatment paket Nano Ceramic Coating.

"Disini kami menyediakan berbagai layanan mulai dari Nano Ceramic Coating, Salon Detailing Interior dan Eksterior, Glass Coating dan Rust Protection,” jelas Tegar.

salon mobil aegis autodetailing

Mobil baru juga butuh perawatan eksterior dan interior

Lebih lanjut ia menjelaskan, setiap mobil yang datang untuk perawatan di tempatnya, wajib menjalani treatment cuci bersih dengan cara mencopot semua ban dan menaikkan ke hidrolik. 

Hal ini lantaran agar mobil yang datang ke outlet Aegis Autodetailing menjadi bersih secara detail dan keseluruhan setiap bagian mobil.

Dalam pengerjaan treatment Nano Ceramic Coating, Aegis Autodetailing menggunakan produk lokal yang sudah terpercaya dan berkualitas. 

Konsumen dapat memilih dua tipe Coating, yaitu paket Starlight dan Diamond. 

Keduanya memiliki tingkat kualitas yang baik, yang membedakan hanya pada tingkat kekerasannya saja. 

salon mobil aegis autodetailing

Gunakan bahan-bahan produk lokal

Buat pelanggan yang mau menunggu sembari melihat proses pengerjaan salon mobil agar kendaraannya kembali kinclong, di tempat ini juga disediakan ruang tunggu yang nyaman dan ber-AC.

Menempati lahan seluas 1.200 meter persegi dengan empat orang detailer serta kapasitas menampung hingga 10 mobil, Aegis Autodetailing juga menawarkan perawatan yang sama untuk para pemilik sepeda motor.

Soal harga sangat bersaing, untuk salon mobil di bagian eksterior, Aegis Autodetailing memasang banderol mulai dari Rp500.000 untuk mobil ukuran Small.

Berikut daftar harga salon mobil Aegis Autodetailing

Autodetailing
Car Category Full Salon Salon Exterior
Small Rp750.000 Rp500.000
Medium Rp1.000.000 Rp750.000
Large Rp1.500.000 Rp1.250.000
Extra Large Rp1.750.000 Rp1.500.000
Nano Ceramic Coating
  Starlight Diamond
Small Rp4.000.000 Rp5.000.000
Medium Rp5.000.000 Rp6.000.000
Large Rp6.000.000 Rp7.000.000
Extra Large Rp7.000.000 Rp8.000.000
Glass Coating
  All Panel
Small Rp1.000.000
Medium Rp1.500.000
Large Rp1.750.000
Extra Large Rp2.000.000
Rust Protection
  All Panel
Small Rp1.500.000
Medium Rp2.000.000
Large Rp2.500.000
Extra Large Rp3.000.000

Lokasi Aegis Autodetailing

salon mobil ageis autodetailing

Peresmian workshp di Cimanggis, Depok, Sabtu (02/03/2024)

Pusat perawatan kendaraan ini berada di Jl Nurul Falah, Curug, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Menurut Tegar, lokasi outlet cukup strategis karena dekat dengan pintu tol dan jalan alternatif yang ingin mengambil jalan pintas non tol ke daerah Cibubur dan sekitarnya.

Outlet ini beroperasi setiap Senin - Kamis dan Sabtu - Minggu mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB, kalian cukup hubungi  0878-6799-9251 untuk melakukan reservasi.

Untuk hari Jumat dan hari Libur Nasional, outlet tutup secara operasional, namun tetap menerima order untuk pengerjaan esok harinya.

Perihal garansi, Aegis Autodetailing memberikan garansi lifetime selama 6 bulan sekali yaitu dengan cara melakukan treatment kembali ke workshop.

Dalam rangka menyambut Grand Opening outlet tersebut, selama Maret 2024, pelanggan akan diberikan treatment gratis Glass Coating atau Rust Protection (anti karat) bagi konsumen yang mengambil layanan Nano Ceramic Coating baik paket Starlight maupun Diamond.

Baca juga : 5 Cara Merawat Electric Power Steering Mobil, Sepele Tapi Bisa Bikin Hemat Biaya Servis

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil