window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Selama 5 Tahun Ternyata Mirip LCGC

Prasetyo · 19 Jun, 2023 15:36

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tesla Model 3

Tesla Model 3

Dikutip dari Autofun Thailand, setidaknya inilah rincian biaya yang harus dikeluarkan ketika memiliki Tesla Model 3.

Pemilik mobil listrik itu ternyata wajib menyisihkan uang yang setara dengan biaya perawatan Mitsubishi Mirage yang masuk segmen Eco Car di Thailand.

Kesamaan biaya perawatan ini akan terlihat pada saat kepemilikan mobil mencapai 5 tahun.

Harga Bekas Mobil Listrik Anjlok

Tesla Model 3 bekas

Harga bekasnya bisa turun Rp200 jutaan

Tesla Model 3 kondisi baru dijual dengan harga kira-kira setara Rp567 juta, sementara harga Mitsubishi Mirage di Negeri Gajah Putih itu cuma Rp240 jutaan.

Namun meski harganya jauh lebih murah, ternyata membeli Tesla harus siap dengan risiko depresiasi harga yang sangat tinggi.

Di pasar Amerika Serikat (AS), depresiasi harga bekas Tesla mencapai 4% setahun, atau hampir dua kali lipat lebih besar dibanding harga bekas Mitsubishi Mirage.

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage

Sebagai contoh, di Negeri Paman Sam itu ada Tesla Model 3 bekas yang depresiasi mobil bekasnya sampai di angka USD17.566 atau setara Rp263 jutaan.

Sedangkan depresiasi harga Mitsubishi Mirage bekas terendah cuma dikisaran Rp135 juta.

Artinya harga bekas Mirage paling murah ada yang Rp105 juta, bandingkan dengan Tesla Model 3 bekas yang harganya paling murah bisa sampai Rp300 jutaan.

Baca juga: Tesla Model Y Kalahkan Toyota Corolla Jadi Mobil Terlaris di Dunia

Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Mirip Mobil ICE

Biaya kepemilikan Tesla Model 3

Biaya kememilikan Tesla Model 3

Hal selanjutnya yang diperbandingkan adalah total cost of ownership alias biaya kepemilikan selama 5 tahun.

Untuk Tesla Model 3, ternyata mencapai USD48.947 atau setara Rp730 jutaan.

Sedangkan Mitsubishi Mirage selama 5 tahun, hanya membutuhkan biaya kepemilikan USD31.349 yang sama dengan Rp470 jutaan.

Biaya kepemilikan ini termasuk servis berkala, pajak, asuransi, dan pengggantian komponen yang rusak.

Kredit Mobil Listrik Lebih Mahal

Beli mobil listrik

Cicilan untuk beli mobil listrik lebih tinggi

Faktor lain yang juga memengaruhi biaya kepemilikan adalah bunga cicilan dan asuransi untuk kendaraan tersebut.

Ternyata biaya asuransi dam bunga kredit untuk Tesla Model 3 bisa Rp15-30 juta lebih mahal dibanding bunga cicilan Mitsubishi Mirage.

Jadi kalau Anda membeli Tesla Model 3 kredit selama 5 tahun, akan dikenakan bunga nyaris Rp95 juta, sementara bunga kredit untuk Mirage hanya sebesar Rp60 jutaan untuk tenor yang serupa.

Baca juga: Banyak Kasus Kecelakaan, 1,1 Juta Unit Mobil Listrik Tesla Akhirnya Direcall

Efisiensi Beli Bahan Bakar Paling Signifikan

Ngecas mobil listrik

Ngecas mobil listrik terbukti lebih murah daripada isi BBM

Yang paling nyata dari sebuah keuntungan mempunyai mobil listrik adalah murahnya biaya charging baterai dibanding harus beli BBM (Bahan Bakar Minyak).

Kalau diasumsikan selama 5 tahun mobil terus digunakan untuk aktifitas harian, maka biaya charging baterai untuk Tesla Model 3 diperkirakan sekitar USD2.266 atau sekitar Rp35 juta.

Sementara kalau Anda beraktifitas pakai mobil yang sangat hemat BBM, maka biaya pembelian BBM kira-kira USD7.805 (Rp117 juta) smapai 5 tahun.

Kesimpulan

Asumsi biaya kepemilikan antara Tesla Model 3 dan Mitsubishi Mirage ini seakan memberi gambaran seberapa hemat beralih ke mobil listrik.

Ternyata kalau kendaraan itu Anda gunakan untuk aktifitas harian, maka penghematannya bisa lebih terasa melalui biaya cas baterai yang jauh lebih murah dari isi BBM.

Tapi kalau beli mobil listrik cuma dipakai akhir pekan, maka Anda harus siap dengan bunga cicilan lebih besar serta harga jual yang anjlok.

@autofun.indonesia Nyobain mobil listrik termurah, Rp85 juta aja! #reviewmobil #mobillistrik #mobillistrikmurah #mobilbaru ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Tesla Model 3 Standard Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia