window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Listrik Ternyata Bisa Pakai Knalpot yang Mengeluarkan Suara, Jadi Mirip Supercar

Herdi · 2 Okt, 2023 18:04

Mobil Listrik Ternyata Bisa Pakai Knalpot yang Mengeluarkan Suara, Jadi Mirip Supercar 01

Satu hal yang bikin mobil listrik sangat berbeda dengan lainnya, yaitu tidak memiliki knalpot yang menghasilkan suara seperti kendaraan mesin konvensional. 

Namun siapa sangka, mobil listrik kini nggak cuma anteng dan sunyi senyap, pasalnya bisa juga menghasilkan suara yang menggelegar, berkat menggunakan produk Thor Electronic Exhaust.

Baca juga: Hati-hati, Asap Knalpot Mobil Juga Mengandung Sianida!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bentuk Thor Electronic Exhaust

Bentuk Thor Electronic Exhaust

Menurut Executive Marketing Thor Electronic Exhaust, Raihan, suara yang dihasilkan dibuat serealistis mungkin yang diletakan sama seperti mobil konvensional, yaitu di bagian bawah bodi, bisa di belakang atau di tengah. 

"Untuk suara dihasilkan menyesuaikan tarikan pedal gas, makin ngebut, suara makin keluar (seperti mobil pakai knalpot)," ungkap Raihan kepada Autofun di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (01/10/2023). 

Agar seperti knalpot mobil pembakaran internal, mobil listrik yang menggunakan Thor Electronic Exhaust juga mengeluarkan angin dan getaran.  Maka dari, itu jika Anda berdiri di belakang knalpot akan terasa semburan angin dan getarannya.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik

Bentuk Thor Electronic Exhaust

Penempatan layaknya posisi knalpot mobil mesin bakar internal

Raihan menyatakan, suara yang dihasilkan ini merupakan bagian dari modul dan aplikasi mobile, yang kemudian disambungkan ke sensor pada bagian ujung di belakang mobil. 

Oleh karena itu, sebuah speaker mirip seperti knalpot berkelir krom dipasang pada bagian belakang, yang posisinya sama seperti knalpot pada umumnya. 

"Kalau dicuci masih aman, selama air sengaja tidak dimasukin ke lubang. Tapi kalau banjir, sama seperti mobil listrik lainnya, kalau terendam ya pasti error. Jadi tidak direkomendasikan melewati banjir," ujar Raihan. 

20 Jenis Suara Thor Electronic Exhaust

Aplikasi  Thor Electronic Exhaust

Aplikasi  Thor Electronic Exhaust

Hal unik yang ditawarkan dari Thor Electronic Exhaust yaitu bisa ganti-ganti suara, yang jumlahnya mencapai 20 jenis. 

Lalu bagaimana suaranya bisa dipilih? Ya, pemilik mobil terlebih dahulu mendownload aplikasi Thor di App Store atau Play Store, yang juga bisa dilakukan melalui smartphone atau gadget.

"Nantinya akan ada banyak pilihan suara mobil seperti Mercedes AMG C63, Lamborghini Urus, Porsche Panamera, Ferrari 488 GTB, BMW M8, dan lainnya. Bahkan ada juga suara pesawat Jet hingga Ufo," jelasnya.

Aplikasi  Thor Electronic Exhaust

Aplikasi Thor Electronic Exhaust bisa mengatur jenis suara dan tingkat volume suara.

Selain suara yang disebutkan di atas, ada juga suara Audi RS7, Hot Rod, Mercedes-AMG S63, Audi R8, Chevrolet Corvette C7, Mercedes-Benz G 500 4x4, Renault Megane RS, Nissan GT-R, BMW X6M, Dodge RAM TRX, Mercedes-AMG G 63, hingga Jaguar F Pace SVR.

"Dengan menggunakan smartphone, bisa juga tinggi rendah suara bisa disesuaikan. Selain itu ke depan, bukan tak mungkin ada suara-suara baru," ucap Raihan.

Thor Electronic Exhaust hadir dalam dua jenis, yaitu Single dan Double Knalpot. Maka dari itu, harganya juga menjadi berbeda.

Untuk itu, harga jenis Single Knalpot dijual Rp23,5 juta, sedangkan Double Knalpot Rp33,8 juta. Adapun untuk pemasangan nya antara 1-3 jam.

Mau dengar suaranya, bisa lihat langsung di bawah ini:

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia