window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daftar Spesifikasi dan Harga Mobil Listrik Wuling Terbaru, Dapat Subsidi Jadi Murah

Prasetyo · 16 Jan, 2024 12:33

harga mobil listrik wuling terbaru 2024

Berikut ini adalah daftar harga mobil listrik Wuling terbaru beserta spesifikasi terlengkap yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli kendaraan elektrik tersebut.

Ya, bisa dibilang diantara sejumlah pabrikan otomotif yang ada di Indonesia, baru Wuling Motors (Wuling) yang menjadi pelopor hadirnya kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) dengan harga paling terjangkau.

Itu karena disaat pabrikan lain menawarkan mobil full electric dengan harga di atas Rp700 juta, Wuling hadir dengan mobil listrik yang banderolnya setara kendaraan bermesin bakar internal (ICE) jenis LMPV.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tepat 1 Juni 2022 lalu, Wuling Motors memperkenalkan untuk pertama kalinya kendaraan listrik pertama mereka untuk pasar dalam negeri yang diberi nama saat itu sebagai Wuling EV.

Berselang dua bulan berikutnya, yaitu di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang pada 11 Agustus, akhirnya sosok Wuling Air ev resmi dijual ke publik.

Kala itu harga mobil listrik Wuling ini adalah Rp 238 juta untuk varian Standard Range dan Rp295 juta untuk yang tipe Long Range.

wuling air ev diluncurkan di GIIAS 2022

Wuling Air ev diluncurkan di GIIAS 2022

Bayangkan saja, dengan harga mirip LMPV atau LSUV baru, bisa dapat mobil yang sudah terbebas dari ruwetnya biaya isi bahan bakar, ditambah lagi harga BBM yang terus menerus naik.

Walaupun harus diakui modelnya bukan tipe kendaraan yang populer di Indonesia seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV), tetapi kehadiran Air ev jadi angin segar baru masyarakat Indonesia yang mulai tergerak untuk beralih ke kendaraan full electric.

Tak bisa ditampik, penjualan Air ev pun langsung moncer dan mengangkat nama Wuling ke jajaran produen otomotif yang lebih dulu eksis di Tanah Air.

Catatan Gaikindo per September 2022 atau hanya berselang sebulan pasca pengumuman resmi harganya, nama Air ev langsung masuk ke urutan 20 besar mobil terlaris di Indonesia.

Berkat Air ev pula, Wuling menutup tahun 2023 dengan bercokol di 10 besar daftar merek mobil paling laris di Tanah Air.

Tapi apakah mobil listrik Wuling cuma Air ev? Tentu tidak! Bahkan Air ev pun sudah bertambah ragam variannya.

Biar lebih jelas, berikut rincian spesifikasi dan harga mobil listrik Wuling terbaru di Indonesia.

Baca juga : Wuling Air EV Resmi Diproduksi di Cikarang, Buat Ekspor Juga?

1. Wuling Air ev

spesifikasi wuling air ev

Awalnya hanya ada dua varian Air ev

Setelah sukses dengan dua varian Air ev, Wuling Motors menambah satu lagi ragam varian tipe dari mobil listrik mungil ini.

Tepat menjelang akhir pameran GIIAS 2023 yang berlangsung 10-20 Agustus di ICE BSD City, ditampilkanlah Air ev versi Lite yang resmi menjadi tipe paling murah dari Air ev.

Harga mobil listrik Wuling Air ev Lite tersebut diperkenalkan dengan banderol Rp206 juta on the road Jakarta.

"Sebagai salah satu produsen kendaraan listrik di Tanah Air, kami melihat bahwa meningkatnya tren kendaraan listrik menjadi peluang untuk menghadirkan produk yang mudah dijangkau oleh siapa saja dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Air ev Lite menjawab kebutuhan akan mobil listrik serta dapat menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai wilayah di Indonesia," jelas Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Baca juga: Ini Fitur yang Ada di Wuling Air ev Lite Dibanding Standard Range

Spesifikasi Wuling Air ev

wuling air ev lite

Cuma tipe Lite yang hadir dengan warna bodi single tone

Karena ada tiga varian berbeda dari Air ev, maka kita akan bahas satu per satu perbedaan dari ketiganya.

Secara fisik, dari ketiga mobil ini sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan, hanya saja untuk tipe Long Range sudah menggunakan lampu utama LED, sementara tipe Standard Range dan Lite pakai halogen biasa.

Lalu masih di bagian depan, tipe Long Range juga ada tambahan LED DRL bar, sedangkan di dua tipe lainnya digantikan aksen list chrome.

Lampu belakang tipe Longe Range juga sudah LED yang tidak ada di tipe lain, lantas di tipe Lite juga mengaplikasikan warna bodi Single Tone, beda dengan Long Range dan Standard Range yang hadir dengan warna Two-Tone dimana bagian atap diberi kelir hitam.

Untuk pilihan warnanya tetap serupa di semua varian tipe yakni Pristine White, Galaxy Blue, Avocado Green, Lemon Yellow, dan Peach Pink.

wuling air ev interior

Interior tipe Standard Range dan Lite

Beranjak ke bagian kabin, untuk tipe Longe Range sudah disematkan panel infotainment system sebesar 10,25 inci, adapun pada tipe Standard Range dan Lite hanya dimodali monitor 7 inci yang posisinya di balik setir pengemudi.

Kemudian di bagian konsol tengah tombol electric parking brake di tipe Long Range juga digantikan dengan tuas rem parkir konvensional model tarik di tipe Standard Range dan Lite.

Untuk Standard Range dan Lite sama-sama tidak ada material soft panel di kabin, lantas setir serta joknya pun belum dibalut material kulit sintetik seperti halnya Long Range.

Khusus tipe Lite, juga hanya dibekali satu speaker yang posisinya di trim pintu pengemudi.

Baca juga: Selisih Rp57 Juta, Inilah Beda Wuling Air ev Standard Range dengan Tipe Long Range

Fitur Terlengkap Ada di Tipe Long Range

wuling air ev standard range

Dari belakang hampir tak ada perbedaan dari setiap varian

Untuk Anda yang mencari Air ev dengan fitur paling lengkap, maka harus memilih tipe Long Range.

Sebab teknologi seperti Dual SRS Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist, ISOFIX, Rear Parking Sensor and Camera, Headlamp adjuster, dan Smart Entry sudah ada semua di tipe Long Range.

Termasuk juga teknologi voice command atau perintah suara WIND, serta Internet of Vehicle (IoV) adalah paket yang didapat untuk tipe tertinggi Wuling Air ev.

Meski begitu di Air ev Lite masih bisa memantau kondisi kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ seperti penggunaan baterai dan beberapa informasi lainnya meski tak selengkap Standar Range. 

Spesifikasi Wuling Air ev
  Long Range Standard Range Lite
Dimensi
Panjang   2.974 mm
Lebar 1.505 mm
Tinggi 1.631 mm
Jarak sumbu roda 2.010 mm
Jarak ke tanah 125 mm
Ukuran roda 145/70R12
Mesin
Daya motor listrik 30 kWh
Jumlah motor listrik 1
Jenis baterai Lithium Ferro-Phosphate
Kapasitas baterai 26.7 kWh 17.3 kWh
Jarak tempuh 300 km 200 km
Transmisi Single reduction gear
Sasis
Sistem kemudi Electric Power Steering
Suspensi depan McPherson Strut
Suspensi belakang 3-link coil spring
Rem depan Disc
Rem belakang Disc Drum

Baca juga : Uji Ketahanan Baterai Wuling Air ev, Apakah Bisa Konslet Saat Direndam Air?

2. Wuling Binguo EV

wuling binguo ev

Mobil listrik kedua Wuling Motors

Pada 16 November 2023, Wuling Motors kembali menambah jajaran mobil listriknya melalui Binguo EV.

Binguo EV ini merupakan mobil listrik yang sempat mejeng di Periklindo Electric Vehicle (PEV) 2023 beberapa lalu, hanya saja kala itu namanya disebut Binggo.

Dian Asmahani menyebutkan, Binguo diambil dari dua kata dalam bahasa mandarin yaitu 'Bin' artinya banyak, sedangkan 'guo; merupakan hasil. 

Selain itu, nama Binguo EV juga diambil dari kata dalam bahasa Inggris, yaitu 'bingo’ yang merupakan sebuah ekspresi kebahagiaan dan kepuasan atas banyak keberhasilan yang dicapai. 

Berbeda dengan Air ev yang penampilannya cenderung imut, Binguo EV mengkombinasikan antara estetika retro klasik dan sentuhan modern. 

Desain Binguo EV ini diklaim mengadopsi gaya yang timeless dan dipadukan dengan elemen-elemen modern yang menambah unsur futuristik di kendaraan listrik. 

Dimensinya dan kapasitas baterainya juga dibuat lebih besar sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Wuling Binguo EV, Ini Kehebatannya

Spesifikasi Wuling Binguo EV

wuling binguo ev interior

Kabin Bingguo EV lebih tawarkan tema retro modern

Tarikan desain Binguo EV dibuat serba membulat termasuk di bemper depan, lamou utama, hingga ke lampu belakang.

Selain dimensi tubuh, ukuran roda yang terpasang juga ikut membesar, lantas kapasitas bagasi belakang juga dibuat lebih lapang.

Desain yang jauh berbeda juga terlihat di kabinnya, karena Binguo EV menyajikan tema retro pada interior mobil ini dipadankan pilihan warna eksterior Milk Tea dan Mousse Green, serta Black and White untuk warna Galaxy Blue. 

Lantas headroom dan legroom luas pada baris kedua dan pengaturan kursi pengemudi elektrik 6 arah juga menawarkan penyesuaian posisi duduk.

Pada dasbor sama-sama tertanam 10.25 inch TFT Dual Screen seperti Air ev tipe Long Range, tetapi mobil ini memiliki beberapa bagian soft touch panel dan kapasitas bagasi 790 Liter.

Untuk kelengkapan fiturnya, kedua tipe Binguo EV dilengkapi Auto Vehicle Holding, Electronic Stability Control, ABS & EBD, Tire Pressure Monitoring System, ISOFIX, dan 2 SRS Airbag.

Lalu ada juga Smart Entry & Smart Start, Multifunction Steering Wheel, Cruise Control, Rear Parking Sensor dan Camera, Electric Parking Brake, 4 Speakers, hingga Distinctive Rotary Gear Selector.

Spesifikasi Wuling Bingguo EV
  Premium Range Long Range
Dimensi
Panjang   3.950 mm
Lebar 1.708 mm
Tinggi 1.580 mm
Jarak sumbu roda 2.560 mm
Jarak ke tanah 150 mm
Ukuran roda 185/60 R15
Mesin
Daya motor listrik 50 kWh
Jumlah motor listrik 1
Jenis baterai Lithium Ferro-Phosphate
Kapasitas baterai 37.9 kWh 31.9 kWh
Jarak tempuh 410 km 333 km
Transmisi Single reduction gear
Sasis
Sistem kemudi Electric Power Steering
Suspensi depan McPherson Strut
Suspensi belakang 3-link coil spring
Rem depan Disc
Rem belakang Disc

Baca juga: Harga Wuling Binguo EV Resmi Dapat Insentif dari Pemerintah, Kini Ada Varian Baru Juga

Harga Mobil Listrik Wuling Dapat Subsidi Pemerintah RI

Ada keistimewaan yang didapat mobil listrik Wuling di Indonesia, mengingat baik Air ev maupun Binguo EV sudah dirakit di Indonesia dengan penggunaan komponen lokal (TKDN) lebih dari 40 persen, maka kedua diber insentif PPN 10% dari pemerintah.

Alhasil harga mobil listirk Wuling Air ev ataupun Binguo EV jika saat peluncuran dikenai Pajak Pertambahan Nilai (PPn) sebesar 11 Persen, maka akibat insentf tersebut PPN yang dikenakan hanya 1 persen saja. 

Berikut harga Wuling Air ev dan Binguo EV per Januari 2024:

  • Air EV Long Range: Rp299.500.000 (PPN 11%) - Rp273.500.000 (PPN 1%)
  • Air EV Standard Range: Rp243.000.000 (PPN 11%) - Rp222.000.000 (PPN 1%)
  • Air EV Lite: Rp206.000.000 (PPN 11%) - Rp188.900.000 (PPN 1%)
  • Binguo EV Long Range AC: Rp348.000.000 (PPN 11%) - Rp317.000.000 (PPN 1%)
  • Binguo EV Long Range AC DC: Rp358.000.000 (PPN 11%) - Rp326.000.000
  • Binguo EV Premium Range AC DC: Rp408.000.000 (PPN 11%) - Rp372.000.000

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia