Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R

Enda · 25 Agu, 2020 08:00

Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R 01

Mobil bergayakan Sport jenama Jepang, Honda Civic Type R merupakan jenis Hatchback (Hot Hatch) sport besutan Honda yang banyak digandrungi kaula muda saat ini.

Varian sport dari keluarga Civic terbaru ini pertama kali diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Menurut situs resmi PT. Honda Prospect Motor, Honda Civic Type R kini dibandrol mulai dari RP1.067.600.000. 

Perlu kalian ketahui, Honda Civic Type R  memiliki platform yang sama dengan Civic Turbo versi Hatchback. Namun pada Civic Type R, Honda menanamkan mesin berkodekan K20C1. Mesin ini berkubikasi 2.0L 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC + DBW, mampu melecutkan tenaga mencapai 296 Hp @6.500 Rpm dengan torsi maksimal 400 Nm @2.500 - 4.500 Rpm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Meskipun dianggap sempurna oleh Honda, Civic Type R tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Honda Civic Type R?

Kelebihan

Aksen sporty pada tampilan luar, menambah tingkat keaerodinamisan

Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R 01

Mobil yang sangat kental dengan aroma sporty ini memiliki tampilan luar jauh lebih macho dari Civic Hatchback pada umumnya. pada bagian bonnet penutup mesin, terdapat Airscoop guna menambah sirkulasi udara masuk kedalam mesin.

Saat kalian diperlihatkan bentuk bumper Civic Type R, mobil ini sangat jelas menyuguhkan aura sporty. Housing Fog Lamp besar dengan lubang udara disamping, serta Lips Body Kit di bawah bumper menambah tingkat keaerodinamisan dari mobil ini.

Berbeda dengan Civic Hatchback, Honda Civic Type R terlihat lebih rendah jika dilihat dari samping. Honda menambahkan Side Skirt serta memadukan pelek berukuran 20 inch dengan profil ban lebar, yang membuatnya lebih menapak pada permukaan aspal.

Tingkat keaerodinamisan tinggi lainnya pada mobil ini bisa kalian lihat dari tampilan belakang yang futuristik dan sporty. Di mana terdapat Shark Fin Antenna yang berguna membelah angin pada kecepatan tinggi, Spoiler yang mampu meningkatkan Downforce pada kendaraan, desain bumper belakang dengan bentuk kekar, tak tertinggal tiga corong Exhaust Muffler yang terletak di bagian tengah belakang menambah kesan sporty pada mobil ini.

Interior mewah dengan tampilan sporty

Ketika beranjak masuk ke sektor interior, kalian akan merasakan aura sporty pada Civic Type R. Dilabur warna hitam yang dikombinasikan dengan warna merah, Civic Type R sangat terlihat maskulin. Terlebih adanya aksen karbon di beberapa bagian interior, membuatnya benar-benar terlihat sport.

Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R 02

Namun begitu pancaran kemewahan dari Honda Civic Type R masih jelas terlihat di sini. Hal tersebut bisa kalian temui dengan adanya fitur berupa Head Unit layar sentuh 7 inch menganut sistem android, Garmin Navigation, MP3/WMA, AM/FM Radio, HDMI Port, USB Port, Smartphone Connection, dan Bluetooth Connection. Pengaturan serta menjalankan sistem entertainment bisa dilakukan melalui Steering Wheel Audio Control Switch. Di bawah tampilan layar entertainment, pengaturan sistem pendingin udara mengadopsi model digital Auto Dual Zone Climate Control.

Fitur keamanan dan keselamatan yang baik

Ketika berbicara fitur keamanan dan keselamatan, Civic Type R memiliki tingkatan yang cukup baik. Mobil yang berhasil menyabet lima bintang pada uji tabrak NCAP ini tengah dilengkapi 6 Airbags (Front, Side & Side Curtains), Cruise Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Brake Override System, ABS + EBD + BA dan Immobilizer.

Selain itu New Honda Civic Type R juga sudah menggunakan Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, dan Road Departure Warning.

Mesin paling kencang di keluarga Civic saat ini

Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R 03

Jika model Sedan dan Hatchback Civic pada umumnya menggunakan mesin 1.5L + Turbo, pada mobil Honda Civic Type R mendapatkan mesin berkodekan K20C1 berkubikasi 2.000 cc DOHC 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW. Dengan begitu menurut data di atas kertas mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 310 PS @6.500 Rpm serta angka torsi mencapai 400 Nm @2.500-4.500 Rpm.

Mesin yang telah mengusung teknologi Earth Dreams Technology ini diklaim masih terkencang di keluarganya.

Kekurangan

Hanya terdapat transmisi manual

Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R 04

Tidak seperti Honda Civic Turbo hatchback yang ditawarkan dua pilihan jenis transmisi manual dan otomatik, Civic Type R hanya ditawarkan transmisi manual 6-percepatan. Dalam hal ini, Honda benar-benar menyuguhkan rasa kejantanan tenaga yang melekat pada Civic Type R terhadap penggunannya.

Raungan mesin di kecepatan tinggi

Saat New Honda Civic Type R dipacu di kecapatan tinggi, maka suara raungan mesin merangsek masuk kedalam kabin. Dalam hal ini bagi sebagian pengguna akan merasa terganggu akibat suara yang ditimbulkan. Dalam kasus ini sebaiknya Honda menambah peredam dalam kabin atau melakukan riset kembali.

Biaya perawatan mahal

Sebagaimana mobil yang dibandrol mulai dari RP1.067.600.000, biaya perawatan yang dikeluarkan jelas mahal. Jika kalian berniat untuk meminang Civic Type R, baiknya dari sekarang sisihkan dana untuk perawatan.

Faktor kenyamanan yang dianggap kurang

Dijual Mulai dari Rp1.067 Miliar, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Type R 05

Memiliki Handling yang baik, berimbas pada sektor kenyamanan. Ayunan suspensi yang tergolong lebih keras, serta diameter lingkaran roda yang membesar, membuat kenyamanan di dalam kabin Civic Type R cenderung berkurang.

Kesimpulan

New Honda Civic Type R tersedia dalam 1 varian saja. Honda Civic Type R harganya berkisar Rp 1,07 Milyar. Ini merupakan harga Honda Civiv Type R di tahun 2020. Dilihat dari harga mobil Civic terbaru ini, dapat dikatakan bahawa New Honda Civic type R ini termasuk dalam mobil kelas premium.

Dibandrol dengan harga di atas Rp1 miliar, bagi sebagian orang harus berfikir ulang saat ingin meminang New Honda Civic Type R. Belum lagi biaya perawatan yang dikeluarkan tidaklah sedikit.

Namun begitu kalian akan merasakan kepuasan jika pilihan jatuh pada mobil ini. Mesin 2.0L + Turbo yang disokongnya akan membawa kalian merasakan kejantanan sesungguhnya dan bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkannya.

Meskipun hanya menggunakan transmisi manual 6-percepatan, mobil ini dirasa sangat tepat. Bentuknya yang futuristik, membuat New Honda Civic turbo Hatchback Type R memancarkan aura sporty yang cocok untuk dimiliki oleh siapapun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru