FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini

Enda · 12 Apr, 2021 21:00

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 01

Tampilan depan Kia Sonet 7-seater

Belum lama ini PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia memperkenalkan SUV terbarunya di Tanah Air, yaitu Kia Sonet versi 7-seater. Sebelumnya, PT KIA juga memperkenalkan Sonet varian 5-Seater yang diketahui berhadapan secara langsung dengan Nissan Magnite.

“Kia Sonet 7-seater dihadirkan untuk melanjutkan komitmen Indomobil bagi merek Kia di Indonesia. Mobil ini menawarkan sebuah compact SUV yang lebih akomodatif, dengan kemampuan mengangkut hingga tujuh penumpang, sesuai dengan kebutuhan konsumen Tanah Air,” ungkap Andrew Nasuri, selaku Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha.

Saat diluncurkan dihadapan publik, Kia Sonet 7-seater terlihat memiliki paras yang sama seperti varian 5-seater. Kalian penasaran dengan SUV terbaru KIA ini?

Dalam pembahasaan kali ini, kami mencoba menjawab beberapa pertanyaan seputar Kia Sonet 7-seater yang kerap kali ditanyakan sebagian orang yang penasaran akan mobil ini.

Ada Berapa Varian Kia Sonet 7-seater?

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 02

Tampilan belakang Kia Sonet 7-seater

Untuk dapat menyesuaikan budget para calon konsumennya, PT KIA menghadirkan Sonet 7-seater dengan lima varian. Diantaranya; Standard 7 MT, Smart 7 MT, Smart 7 iVT, Dynamic 7 iVT dan Premiere 7 iVT. Menduduki kasta paling bawah, secara tampilan varian Standard ini terlihat begitu sederhana namun sudah mengadopsi beberapa fitur unggulan yang membuatnya tetap terkesan nyaman.

Seperti electric mirror dengan cover spion sewarna body, setirnya bermodelkan palang tiga yang sudah menganut tilt & audio control, layar MID dengan tampilan negatif untuk menampilkan informasi dasar bagi pengemudi, head unit berlayar monokrom 3.8 inchi dengan Bluetooth dan USB serta ABS, EBD, & BAS

Siapa Pesaing Kia Sonet 7?

Jika sebelumnya Sonet 5-seater memiliki rival utama yakni Nissan Magnite dan MG ZS, hingga saat ini belum ditemukan siapa pesaing yang ‘head to head’ langsung dengan Kia Sonet 7-seater.

Harga Kia Sonet 7-Seater Seberapa Mahal?

Saat diluncurkan, Kia Sonet 7-seater dibandrol dengan harga yang terbilang sangat terjangkau. Bagaimana tidak, SUV 7-seater ini ditawarkan mulai dari Rp199.5 juta hingga Rp296 juta. Berikut tabel harganya.

Kia Sonet 7seater
Varian Harga
Kia Sonet Standard 7 MT

 Rp199.500.000

Kia Sonet Smart 7 MT

Rp245.500.000

Kia Sonet Smart 7 iVT

 Rp258.500.000

Kia Sonet Dynamic 7 iVT

Rp272.000.000

Kia Sonet Premiere 7 iVT 

 Rp296.000.000

Kia Sonet 7-Seater Buatan Mana?

Bukan di Korea Selatan, sama seperti varian 5-seater nya, Kia Sonet 7-seater diproduksi di pabrik Kia Motors di India. Sonet ini dihadirkan secara khusus untuk fokus bermain di negara berkembang yang notabenenya lebih tertarik dengan kendaraan 7-seater.

Baca juga: Pakai Konfigurasi 7-Seater, Kia Sonet Terinspirasi Daihatsu Terios?

Adakah Tambahan Fitur Untuk Kia Sonet 7?

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 03

Tampilan dashboard Kia Sonet 7-seater

Bicara mengenai fitur hiburan, tipe teratas dari SUV terbaru KIA ini mendapatkan head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci, yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar melalui multiple Bluetooth connection, Android Auto, Apple CarPlay, USB & AUX termasuk kemampuan beroperasi via voice recognition. Varian dibawahnya mendapatkan 8” LCD with Multiple Bluetooth Connection, Voice Recognition, USB and Auxiliary Connection, Android Auto & Wireless Apple Car.

Menariknya, Sonet 7-seater ini mendapatkan salah satu fitur unggulan, yakni Qibla Direction yang berguna untuk menunjukkan arah kiblat dan Digital with 4,2” LCD Colour Driver Information.

Tidak hanya itu, untuk memberikan udara sejuk hingga baris paling belakang, mobil ini disematkan blower kipas seperti kepunyaan Daihatsu Sigra ataupun Toyota Calya yang diletakan pada atap baris kedua. Meski begitu, mobil ini juga mendapatkan double blower untuk penumpang baris kedua yang disematkan pada konsol tengahnya.

Apa Saja Fitur Unggulan di Kia Sonet 7?

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 04

Interior Kia Sonet 7-seater

Bicara fitur keselamatan, Kia Sonet 7-seater ini terbilang lengkap. Mulai dari 6 buah airbag, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Selain itu, masih ada rear camera dengan dynamic parking guide.

Dilain sisi, mobil ini juga mendapatkan beragam fitur mulai dari Remote Engine Start, Wireless Smartphone Charger, dan Tire Pressure Monitor System. Kemudahan berkendara juga masih didukung dengan adanya Drive Mode dan Traction Control yang dimilikinya.

Baca juga:Ada Kia Sonet 7, Posisi Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Terancam Kalah Laris?

Apakah Ada Penyunatan Fitur?

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 05

Kia Sonet 7-seater tidak mendapatkan sunroof

Selain penambahan fitur, ternyata Kia Sonet 7-seater mengalami pemangkasan fitur dari varian 5-seater nya. Seperti yang diketahui, Sonet terbaru tidak lagi memakai sistem audio premium dari Bose bahkan sampai dengan tipe teratasnya (Premiere 7). Tidak hanya itu, fitur berupa sunroof juga tidak bisa kalian temukan pada seluruh varian Sonet 7-seater, dikarenakan atapnya kini disinggahi blower untuk meneruskan udara sejuk dari depan hingga baris paling belakang.

Dimensi Tetap Sama dengan Sonet 5-seater?

Pada dasarnya, mobil ini dihadirkan hanya dengan menambah jumlah konfigurasi menjadi 5+2. Secara dimensi, mobil ini tidak ada yang berubah. Sonet 7-seater secara data memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.615 mm. Wheelbase mobil ini juga tetap sama, yaitu 2.500 mm dengan jarak antara permukaan kabin dengan tanah 205 mm.

Jok Baris Kedua Apakah Bisa Dilipat?

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 06

Pelipatan jok baris kedua Kia Sonet 7-seater

Tidak seperti varian 5-seater, kursi baris kedua 7-seater nya memiliki gaya lipat model 60:40 yang dapat dengan mudah dilipat ke depan untuk memberikan akses leluasa bagi penumpang masuk ke baris ketiga. Selain itu, sandaran kursi baris kedua kini juga dapat diatur tingkat kemiringan sehingga mampu menyuguhkan kenyamanan dalam berkendara.

Berapa Pilihan Warna Mobil Ini?

Sama seperti Sonet 5-seater, SUV terbaru KIA ini mendapatkan enam pilihan warna, yaitu Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold.

Masih Mengandalkan Mesin yang Sama dengan Varian 5-seater?

FAQ: Pertanyaan Seputar Kia Sonet 7, Pemain Tunggal Crossover 7-Seater Saat Ini 07

Mesin 1.5L Gamma II Smartstream Engine Kia Sonet 7-seater

Kia Sonet 7 mendapatkan mesin 1.5L Gamma II Smartstream Engine. Mesin 4-silinder 1493cc ini menghasilkan tenaga puncak 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm yang disandingkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan atau transmisi iVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8-speed virtual gear. Jantung mekanis serta transmisi yang digunakan sama persis yang ada pada Sonet 5-seater.

Kesimpulan

Beragam pertanyaan seputar Kia Sonet 7-seater berhasil kami sebutkan di atas. Selain menyuguhkan tampilan atraktif serta memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap, SUV terbaru KIA ini dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Melihat kondisi seperti ini harusnya bisa dimanfaatkan KIA dengan sebaik-baiknya untuk merebut hati masyarakat Indonesia.

Pasalnya, sampai dengan saat ini belum ditemukan pesaing utama Kia Sonet 7-seater yang sama-sama menawarkan fitur, tampilan, harga serta kenyamanan yang sepadan.

Baca juga: Adu Keunggulan Nissan Magnite Vs KIA Sonet, Mana Yang Paling Cocok untuk Si Mamah Muda?

Komentar