Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V

Prasetyo · 17 Des, 2021 10:09

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 01

Kia Carens 2022 akhirnya secara resmi mendebut. Mobil ini sempat ramai diperbincangkan pasca muncul teaser dan foto-foto penampakannya yang tertutup kamuflase. Tentunya Kia Carens juga cukup melekat di hati para penggemar otomotif Indonesia.

Kalau kita intip sedikit sejarah Kia Carens di Indonesia, mobil ini muncul pertama kali tahun 2000. Saat itu unitnya dibawa dari Korea oleh Kia Mobil Indonesia (KMI). Dua tahun berikutnya muncul sang penerus yang kemudian diberi nama Carens II. Sayangnya MPV ini pun dihentikan pemasarannya pada 2008.

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 02

Carens generasi ketiga yang sempat muncul di Indonesia

Tetapi secara mengejutkan Kia Indonesia kembali memboyong Carens generasi ketiga pada Juni 2013. Mesinnya 2.0-liter Nu GDI 4 silinder. Namun lantaran penjualannya tidak semoncer MPV Jepang, unit ini hanya bertahan sampai 2016.

Baca juga : Siap-Siap LMPV Kia Carens 2022 Bakal Meluncur Desember Mendatang, Interiornya Modern Banget

Kia Carens 2022 Berubah Jadi LSUV

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 01

Sosoknya jadi LSUV 7 penumpang

Kia Carens terbaru ini memilih India untuk lokasi peluncuran globalnya. Menjadi generasi keempat dari Carens, Kia rupanya sedikit meninggalkan desain lawas dari Carens. Sebab MPV asal negeri ginseng itu sekarang memadukan unsur SUV.

Kia memang tidak mau menyebut Carens 2022 sebagai MPV lagi. Mungkin karena tren model dunia memang tengah mengarah pada SUV dengan tubuh yang jangkung dan berperawakan kekar. Tentunya ini mengingatkan kita dengan Mitsubishi Xpander Cross yang berbasis dari Mitsubishi Xpander, Suzuki XL7 yang asalnya dari Suzuki Ertiga, serta Honda BR-V yang awalnya berupa Mobilio.

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 02

Debut di India

Apalagi, mobil yang kalau masuk Indonesia juga bersaing dengan All New Honda BR-V tersbeut memiliki konfigurasi jok tiga baris untuk 7 penumpag. Menurut Kia, mereka mengembangkannya dari model Seltos namun diubah jadi lebih berorientasi SUV keluarga.

Desain Carens Terbaru Ala Mobil Kia Kekinian

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 03

Pakai velg 16 inci dan di atap ada roofrail

Kia menyebut Carens 2022 menggunakan bahasa desain baru, Opposite United. Namun kalau menurut kami, penampilannya masih ada "nuansa" SUV Kia yang lainnya seperti Sonet dan Seltos. Lihat saja bagaimana bentuk lampu depan yang bertumpuk dengan LED DRL.

Bedanya Carens tidak pakai gril model Tiger Nose namun seperti sebuah garis lurus horizpntal yang menggubungkan antara kedua lampu utama. Bentuk bemper depannya juga dilengkapi kisi-kisi udara dengan ukuran cukup besar. Yang menarik adalah, foglamp terpasang tepat di samping kisi udara berbentuk tiga LED yang tersusun ke atas.

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 04

Desain lampu depannya menarik

Lanjut ke samping, kami melihat siluet desain Kia Carens 2022 yang masih banyak kesamaan dengan LSUV lain berbasis MPV. Atap rata, kaca jendela yang mengecil di bagian belakang, serta ada tarikan garis lurus mulai dari ujung kap mesin hingga lampu belakang. Belum lagi pada keempat fendernya juga ditambah body cladding.

Baca juga : Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Kesan SUV Modern Begitu Menonjol

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 05

Dari belakang terlihat mewah

Kami menyukai desian bagian belakang Carens terbaru ini. Lampunya melebar sampai ke bagian samping bodi, namun ada garnish merah yang menghubungkan antara kedua lampu. Sehingga ini menciptakan kesan lampu belakang berbentuk LED memajang.

Lantas desain bempernya juga terlihat menarik. Tidak terlau agresif namun juga tak polos-polos amat. Dengan aksen chrome yang berpadu hitam dof, memberikan nuansa mewah jika dilihat dari belakang. Sementara kalau kita membandingkan dengan bemper belakang Xpander Cross atau XL7, keduanya lebih menonjolkan karakter tangguh seperti sebuah SUV sejati.

Interior Kia Carens 2022 Terlihat Mewah

Dimensi Kia Carens 2022
Panjang 4.540 mm
Lebar 1.800 mm
Tinggi 1.700 mm
Jarak sumbu roda 2.780 mm
Jarak ke tanah 195 mm

Kesan modern tak cuma ditampilkan dari sisi luar, namun juga kabin Carens terbaru dibentuk oleh Kia jadi terlihat modern dan mewah.

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 06

Ada ambient light

Dasbornya kombinasi antara hitam dengan beige. Sementara seluruh joknya pakai warna beige. Namun pada dasbor, trim pintu, serta konsol tengah dibubuhkan ambient light dengan 64 warna yang bisa diubah sesuai selera. Piranti sederhana ini efektif mendongkrak suasana interior jadi lebih lux.

Untuk beberapa teknologi yang sudah tersemat, diantaranya headunit layar sentuh 10,25 inci di tengah dasbor. Sementara pada sisi pengemudi ada panel instrumen full digital. Pengemudi juga diberikan tiga driving mode yakni Eco, Normal, serta Sport.

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 07

Di belakang ada meja lipat

Untuk jok pengemudi dan penumpang dengan juga sudah berspesifikasi ventilated seats dengan pengaturan elektrik. Sistem AC pun telah dilengkapi air purifier. Dan kalau membawa anak-anak berkendara jarak jauh, sudah disediakan pula seat back table with cup holder yang terpasnag pada bagian belakang jok baris pertama. Untuk perangkat hiburannya juga terhubung dengan BOSE speakers, serta ada electric sunroof.

Ada Pilihan Mesin Bensin dan Diesel di Carens Terbaru

Kia Carens 2022 Resmi Dirilis, Fiturnya Lebih Lengkap dari All New Honda BR-V 08

Meter cluster Kia Carens 2022

Bicara sumber tenaga, Kia Carens 2022 dibekali tiga pilihan mesin, dua mesin bensin dan satu meisn diesel. Mesin pertama berkapasitas 1.4-liter turbo yang mampu menghasilkan tenaga 142 PS dengan torsi 242 Nm. Mesin ini dikombinasikan pilihan transmisi DCT 7-speed atau 6 percepatan iMT.

Mesin kedua berkapasitas 1.5-liter berdaya 117 PS dengan torsi puncak 144 Nm. Untuk mesin kedua juag tersedia dalam pilihan transmisi CVT atau manual 6-speed. Terakhir ada mesin diesel 1.5L yang juga bertenaga 117 PS namun punya torsi 250 Nm. Untuk mesin ini digandeng transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 6-speed.

Belum ada rilis daftar harganya, mengingat Carens terbaru ini baru dijual awal tahun depan. Namun menurut Kia, mereka akan menyediakan beberapa pilihan varian termasuk opsi 6-seater dan 7-seater.

Baca juga : FAQ Seputar All New Honda BR-V 2022: Bukan SUV Bermesin City Hatchback dan Dapat Honda Sensing

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Kia Sonet 1.5L Standard MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru