FAQ Suzuki Baleno 2021: Semua Fakta Hatchback 'Termurah' Ada di Sini

Samuel Tito · 22 Nov 2020 10:30

Pabrikan Suzuki Indonesia dalam memasarkan Suzuki Baleno melakukan strategi yang cukup menarik. Bagaimana tidak, pihak Suzuki menerapkan harga jual Baleno dengan sedikit selisih harga dari mobil berjenis City Car lainnya.

Padahal Suzuki Baleno masuk ke segmen hatchback. Hatchback yang diklaim bernilai lebih (value for money) ini diharapkan bisa menarik calon konsumen yang mau beli city car seperti Suzuki Ignis, Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, Hyundai Grand i10, dan lainnya.

Dari sisi reputasi memang Suzuki Baleno Hatchback merupakan mobil yang mengusung gaya baru dari salah satu model mobil legendaris di Indonesia. Sebelumnya, Suzuki Baleno sebenarnya muncul pertama kali pada 1995 dengan gaya sedan.

Saat itu, penggunaan nama Baleno hanya di Indonesia karena mobil ini lahir dengan nama Suzuki Cultus Crescent di negara asalnya, Jepang. Singkatnya, pada tahun 2015 ini Suzuki Indonesia akhirnya memperkenalkan generasi terbaru Baleno berupa bodi hatchback.

Pada pertama kali muncul atau diual di Indonesia, Suzuki Baleno Hatchback ini merupakan generasi keempat. Tidak hanya itu Baleno ini jadi satu-satunya model bergaya hatchback, setelah sebelumnya sedan. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2017, Suzuki Baleno berbodi kompak ini diboyong ke Indonesia untuk dijual resmi di pasar otomotif nasional.

Menjelang akhir tahun 2019, pabrikan Suzuki Indonesia secara  resmi meluncurkan dan menjualBaleno Hatchback versi terbaru. Dilihat sekilas, secara visualnya sepertinya tidak banyak berubah. Artinya sama saja jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Namun, jika diperhatikan secara seksama detailnya, ada banyak sentuhan baru yang diberikan untuk meremajakan penampilan Suzuki Baleno hatchback ini.

Apa yang baru di Suzuki Baleno 2020?

Wajah Suzuki Baleno saat ini terlihat dari berbagai fitur baru yang disematkan. Seperti adanya headlamp  dengan teknologi proyektor LED, lalu velg dipoles kelir hitam sporty 16 inci.  Bumper Baleno ikutan jadi baru, disertai dengan desain gril dan fog lamp juga yang anyar.

Mulai dari tampilan depan dengan beberapa desain dan fitur baru yang disediakan. Salah satunya seperti model bumper baru yang didesain lebih tajam untuk mengesankan aura sportynya, bahkan sekilas terlihat sedikit mirip dengan Honda Civic Hatchback.

Tak hanya itu, permainan warna hitam juga diberikan untuk mengentalkan nuansa yang lebih agresif, mulai dari rumah fog lamp yang kini dibuat terpisah, hingga gril bermotif sarang lebah. Terakhir, sentuhan krom juga dibekali dengan list gril di bumper. Menariknya, ternyata Suzuki tidak membuat lubang di seluruh area grill. Hal tersebut bukan tanpa alasan, namun kondisi ini dilakukan agar tidak banyak kotoran yang masih menempel di ruang mesin.

Mana yang lebih besar Baleno atau Daihatsu Sirion?

Untuk dimensinya, Sirion memiliki panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm, jarak sumbu roda 2.500 mm. Jarak tanah 150 mm. Untuk berbeloknya memiliki radius putar 5,1 meter.

Sedangkan Suzuki Baleno sedikit lebih besar dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.510 mm, jarak sumbu roda 2.520 mm dan ground celarance 170 mm.

Radius putar minimum adalah 4,9 meter. Anda bisa lihat sendiri dari sisi tersebut, Suzuki Baleno mendapatkan poin yang lebih baik untuk dilirik konsumen.

Bagaimana performa mesin Suzuki Baleno?

Suzuki Baleno dibekali mesin bensin berkode K14B. Kubiknya 1.373 cc yang menghasilkan tenaga 92,4 PS pada 6.000 rpm. Dorongan torsi maksimum adalah 130 Nm pada 4.200 rpm. Tersedia transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan konvensional.

Meski terkesan kecil dan tak bertenaga, dari hasil pengujian yang dilakukan pada Suzuki Baleno ini tersirat performanya cukup baik. Di tarikan bawah, mobil Baleno ini masih mampu memberikan responsivitas yang cukup baik.

Tidak perlu terlalu banyak menekan gas, Baleno sudah melaju tanpa terasa berat atau macet. Kondisi ini sangat cocok untuk rute di kota yang mengharuskan pengemudi untuk melakukan teknik stop and go.

Apa sajakah fitur Suzuki Baleno?

Suzuki Baleno punya fitur atau peranti dalam sisi untuk menambah kepraktisan dalam berkendara. Berupa tombol push start stop dan keyless entry, tilt & telescopic steering, AC iklim otomatis dengan pemanas.

Roda kemudi kulit dilengkapi dengan sakelar kontrol audio. Tampilan multi informasi lebih keren, serta audio layar sentuh 7 inci dengan multi koneksi tapi belum ada fitur mirroring.

Apa sajakah fitur keselamatan pada Suzuki Baleno?

Untuk keselamatan pelanggan saat berkendara, Suzuki Baleno telah dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), dual SRS airbags, kemudian Isofix. Kontrol stabilitas minus dan kontrol traksi.

Apakah kualitas interior Suzuki Baleno bagus?

Masuk ke kabin, konfigurasi kedua model ini hampir sama. Mengakomodasi lima penumpang. Padahal di kasta tertinggi, jok mobil Suzuki Baleno dan Sirion hanya mengandalkan bahan kain. Siapkan dana lebih untuk membungkus dengan kulit sintetis. Urusan kelapangan, milik Suzuki memang sedikit lebih lega karena dimensinya yang lebih besar.

Berapa Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Baleno?

Kira-kira setelah menempuh jarak 128 km, konsumsi bahan bakar rata-rata di MID menunjukkan angka 14,6 kpl. Hasil akhir konsumsi bahan bakar kami adalah 15,2 MPA dengan total jarak tempuh 148,4 km.

Artinya 1 liter bensin mampu membawa Suzuki Baleno menempuh jarak hingga 15,2 km. Jika dilihat dari segi kebutuhan, angka ini masih dalam kategori cukup baik, bahkan mungkin bisa lebih tinggi jika digunakan di luar kota.

Namun kembali lagi pada pengendara dan faktor eksternal. Ada banyak hal yang mempengaruhi penghematan bahan bakar, mulai dari cara berkendara. Sebut saja, kondisi lalu lintas termasuk jalan raya, jenis bahan bakar, beban, kondisi mesin, hingga faktor eksternal lainnya seperti cuaca.

Kesimpulan

Kenaikan penjualan Suzuki Baleno terletak pada kelebihan yang ditawarkannya. Suzuki Baleno juga menjadi mobil hatchback yang paling banyak dicari oleh generasi milenial karena memiliki sejumlah keunggulan.

Tidak hanya eksterior atau tampilan yang menarik, tapi juga interior yang cukup memadai untuk generasi milenial. Ditambah bahan bakar Suzuki Baleno irit. Semua dilengkapi dengan fitur opsional pada saat yang bersamaan untuk memberikan kesan nyaman dan aman bagi pengemudi.

Walaupun mengadopsi pilihan kapasitas mesin yang berat, namun performa Suzuki Baleno masih cukup terasa. Apalagi jika melihat statusnya sebagai hatchback harian, dengan harga jual yang relatif lebih murah.

Komentar

Mobil Terbaru