window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

FAQ Wuling Almaz Hybrid: SUV Termurah dan Paling Irit di Kelasnya?

Enda · 16 Jan, 2023 19:00

Wuling Almaz Hybrid

Melihat adanya peluang di segmen SUV ramah lingkungan, Wuling Motors Indonesia memutuskan untuk menghadirkan Almaz Hybrid pada November 2022.

Menyandang status sebagai SUV hybrid paling murah di Indonesia, Wuling Almaz Hybrid saat ini ditawarkan Rp470 juta OTR Jakarta. Sebagai informasi, mobil ini diciptakan berdasarkan Almaz RS. Dengan begitu jangan heran apabila secara penampilan Almaz Hybrid memiliki beberapa kesamaan. Penasaran ingin tahu melihat lebih dekat Almaz Hybrid? Simak terus ulasan di bawah ini.

Baca juga: Perbandingan Cara Kerja Wuling Almaz Hybrid vs Honda CR-V e:HEV, Seberapa Mirip?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Wuling Almaz Hybrid Buatan Mana?

Wuling Almaz Hybrid

Pabrik Wuling di Cikarang

Meski membawa brand asal Tiongkok, mobil SUV ramah lingkungan ini diproduksi di pabrik PT SAIC-GM-Wuling (SGMW) yang berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Mengenai TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri-nya, Almaz Hybrid sama seperti Almaz pada umumnya dengan memuat sekitar 40 persen tingkat komponen lokal.

Sebagai informasi, selain memenuhi permintaan domestik Almaz Hybrid juga sedang dilakukan pengembangan untuk pasar luar negeri.

2. Apa yang Membedakan Tampilan Wuling Almaz Hybrid?

Wuling Almaz Hybrid

Sekilas penampilan Almaz Hybrid terlihat sama seperti Almaz RS. Namun jika dilihat lebih detail, kalian akan menemukan beberapa perbedaannya. Pada fasadnya, Almaz Hybrid mengusung konsep Sophisticated Design yang menjadikannya terlihat modern dan membawa kesan sporty.

Sebagai diferensiasi, fascianya memperoleh aksen Dynamic Blue Lines berupa aksen biru pada lis di bumper. Tak hanya itu, foglampnya juga mendapatkan ornamen lis biru yang melingkar di rumahnya.

Perbedaan lain juga tampak di bagian samping dimana lingkar rodanya mobil ini lebih besar dengan disematkannya velg 18 inci multi spoke model dual-tone yang dibungkus ban berprofil 215/55 R18.

Wuling Almaz Hybrid

Selain eksterior, interior Almaz Hybrid juga memiliki perbedaan. Dimana mobil ini memiliki nuansa lebih eksklusif berkat penggunaan warna Warm Beige Leather di didalamnya yang menempati bagian jok, door trim dan dashboard.

Sebagai pusat informasi berkendara, mobil ini menggunakan TFT Meter Cluster baru yang terlihat lebih modern, serta dilengkapinya layar MID 7 inci.

3. Fitur Wuling Almaz Hybrid Seberapa Canggih?

Wuling Almaz Hybrid

Layar MID Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid dibekali dengan fitur sama seperti Almaz RS. Seperti yang bisa dilihat didalamnya mobil ini berhasil dilengkapi Wuling remote control app yang terintegrasi dengan aplikasi MyWuling+. Berkat adanya fasilitas Internet of Vehicle (IoV), pengguna dapat menjadikan smartphone guna mengontrol kendaraannya.

Beragam hal yang dapat dioperasikan melalui Internet of Vehicle antara lain membuka tutup jendela, memanaskan mesin, menyejukkan kabin, mengetahui lokasi mobil, sampai dengan geo fencing.

Selain itu, mobil ini juga tersematkan fitur yang dapat dikendalikan melalui perintah suara berbahasa Indonesia yang dinamai WIND (Wuling Indonesian Command). Dengan fitur ini pengguna bisa menjalankan beragam fitur di mobil hanya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa Indonesia seperti; mengatur AC, buka tutup jendela, serta memutar musik.

Adapun pengguna juga dapat membuka dan menutup panoramic sunroof, menginformasikan tanggal dan waktu, serta mengakses aplikasi online.

Baca juga: Rp50 Jutaan Lebih Mahal dari Wuling Almaz Hybrid, Yakin Masih Mau Pilih Toyota Corolla Cross?

Wuling Almaz Hybrid

Dari segi keselamatan berkendara, Almaz Hybrid sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Emergency Stop Signal (ESS). Tak hanya itu, sebagai SUV hybrid termurah di kelasnya, mobil ini juga disematkan Hill Hold Control (HHC), SRS Airbag (front & side), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, 360 Camera, Front and Rear Parking Sensor.

Oh iya, Almaz Hybrid juga didukung dengan Advanced Drive Assistance System (ADAS) yang didalamnya mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA) & Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA), Safe Distance Warning (SDW) dan Forward Collision Warning (FCW). Tak ketinggalan, Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS) serta Intelligent Head Beam Assistance (IHMA) bisa kalian temui didalamnya.

4. Wuling Almaz Hybrid Apakah Pakai Mesin Turbo?

Wuling Almaz Hybrid

Mesin 2.0L Wuling Almaz Hybrid

Almaz Hybrid gunakan mesin dan sistem transmisi yang berbeda dengan Almaz RS. Mobil ini dibekali mesin 2.0L NA dengan sistem mild hybrid yang didukung motor listrik serta baterai lithium-ion.

Untuk jantung pacunya sendiri dibekali mesin berkapasitas 1.999 cc Naturally Aspirated (NA) 4 silinder Atkinson Cycle yang mampu meletupkan tenaga 24 PS di 5.600 rpm dengan torsi 168 Nm pada putaran 4.000-4.400 rpm. Mesinnya disandingkan menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga 176 PS dan torsi 320 Nm.

Mengenai tingkat percepatannya, Almaz Hybrid dikombinasikan transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Transmisi pintarnya memiliki tiga mode berkendara, yakni; EV Mode, Series Hybrid, dan Parallel Hybrid yang dapat diatur secara elektronik. Ketika mobil dipacu dalam kecepatan rendah hingga 40 km/jam, maka EV Mode yang bekerja untuk menggerakan mobil sesuai keinginan pengemudi.

Sebagai tempat untuk penyimpanan daya listriknya, mobil ini menggunakan baterai Ternary Lithium-Ion (NMC) berkapasitas 1.8 kWh. Berdasarkan pengujian metode NEDC yang dilakukan di Cina, untuk konsumsi BBM di Almaz Hybrid tembus hingga 19 km/liter.

Kesimpulan

Sebagai SUV hybrid termurah di kelasnya, Almaz Hybrid bukan cuma hemat BBM berkat sistem mild hybrid yang disematkan. Mobil ini nyaman, dan juga canggih karena memiliki fitur modern dan lengkap yang dibawa dari Almaz RS.

Baca juga: Bedah Teknologi Wuling Almaz Hybrid, Bukan Cuma Makin Irit Tapi Bisa Melaju Tanpa Bensin

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil