window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Chevrolet Orlando Hanya Rp120 Jutaan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Memutuskan Membeli

Enda · 27 Des, 2022 08:30

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Melihat adanya peluang yang cukup gemuk di segmen medium MPV 7-seater, PT General Motors Indonesia meluncurkan Chevrolet Orlando pada tahun 2012. Mengusung desain yang sedikit berbeda ala pabrikan jenama Negeri Paman Sam, untuk harga bekas Orlando kini ditawarkan mulai dari Rp120 jutaan tergantung tahun dan kondisi.

Supaya dapat menarik lebih banyak minat masyarakat terhadap Orlando, pada 2014 GM Indonesia sempat menghadirkan versi facelift mobil ini. Namun sayang, sejak diberikan penyegaran, penjualan Orlando di Indonesia tidak sesuai apa yang diharapkan hingga akhirnya mobil ini disuntik mati bersamaan dengan hengkangnya brand berlogo bowtie dari Tanah Air.

Memiliki harga bekas yang terjangkau, apabila kalian tertarik membeli Chevrolet Orlando ada baiknya simak kelebihan dan kekurangan mobil ini melalui ulasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ingat Chevrolet Orlando? Harga Bekasnya Setara Avanza-Xenia dengan Spesifikasi Juara

Kelebihan Chevrolet Orlando

1. Kabin Chevrolet Orlando Luas

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Secara dimensi, Chevrolet Orlando memiliki panjang 4.625 mm, lebar 1.836 mm dan tinggi 1.633 mm. Untuk wheelbasenya mencapai 2.760 mm. Sebagai informasi, jarak sumbu roda yang dimiliki lebih panjang 10 mm dari Kijang Innova gen 1 sehingga didalamnya Orlando terasa luas baik di baris pertama, kedua dan ketiganya.

Bukan cuma memiliki jarak leg room yang jauh di setiap tempat barisnya, untuk head roomnya juga luas sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan berpergian ke luar kota.

2. Tampil Modern dan Mewah

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Kelebihan berikutnya yang ada pada Chevrolet Orlando yakni tampilan eksterior dan interior-nya yang terlihat modern dan mewah. Pertama-tama mengulas pada bagian luarnya, mobil ini memperoleh sepasang lampu berukuran besar yang didalamnya juga terdapat lampu sein.

Pada bagian grill, mobil ini terlihat dinamis dengan model honeycomb nya yang dibagi menjadi dua bilah beserta logo Chevrolet di tengah.

Bagian sampingnya, untuk spion mobil ini sudah dilengkapi fitur pengaturan dan pelipatan secara otomatis. Pada buritannya mendapat stoplamp berukuran besar yang terlihat modern, kemudian terdapat rear wiper, dan high mount stoplamp.

Gak cuma modern, untuk interiornya mobil ini juga tampil mewah. Hal tersebut terlihat dari dashboardnya yang dipadukan dengan warna hitam dan titanium dengan bentuk melengkung.

3. Fitur Mutakhir di Zamannya

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Memiliki bentuk modern sekaligus mewah, untuk fiturnya Chevrolet Orlando terbilang komplit. Terlihat pada center clusternya berhasil disematkan head unit dengan konektifitas MP3, USB dan AM/FM meski belum dilengkapi format video.

Guna menghasilkan kualitas suara yang baik, sistem hiburannya dipadukan dengan 6 buan speaker termasuk 2 tweeter di depan.

Selain dapat diatur melalui tombol pada sistem hiburannya, untuk memudahkan penggunanya, mobil ini juga dilengkapi tombol pengaturan pada setirnya yang terhubung secara langsung dengan head unit serta panel instrumentnya.

Oh iya, setirnya juga dilengkapi fitur tilt & telescopic yang mana untuk prngaturan tinggi-rendah serta jarak dengan pengemudi bisa diatur posisinya menyesuaikan kebutuhan.

Guna memberikan kenyamanan sekaligus kemudahan terhadap setiap orang yang berada di dalam, tepat di bawah sistem hiburannya tersematkan ambient light serta AC yang dapat dikontrol secara otomatis.

Baris keduanya, mobil ini dilengkapi AC dengan ventilasi. Tak ketinggalan, di setiap barisnya terdapat laci penyimpanan barang serta cup holder yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang bawaan berukuran kecil.

4. Rem Cakram di Semua Roda dengan Fitur Keselamatan Komplit

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Fitur keselamatan bagian dari kelebihan yang dimiliki Chevrolet Orlando. Dimana mobil ini berhasil dipadukan rem cakram di semua roda yang didukung dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Tak hanya itu, didalamnya terdapat Electronic Stability Program (ESP) yang dapat menjaga kestabilan mobil saat melewati jalan yang licin.

Mengenai fitur keselamatan pasifnya, mobil ini mendapatkan dual front SRS airbags, side impact beam, alarm, immobilizer dan 4 sensor parking di belakang.

Baca juga: Harga Chevrolet Trax 2018 Lebih Murah dari Brio Baru, Segini Cicilannya

Kekurangan Chevrolet Orlando

1. Tenaga Kurang Buas

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Berbekal mesin bensin 1.796 cc 4-silinder segaris, DOHC, DCVCP, MPI, di atas kertas jantung pacunya mampu menggelontorkan tenaga 141 PS di 6.200 rpm torsi puncak di angka 176 Nm pada putaran 3.800 rpm. 

Menurut beberapa pemilik, mesin 1.8L yang disematkan pada Chevrolet Orlando terasa kurang begitu responsif meski terasa cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Faktor yang menyebabkan mesinnya terasa kurang galak, karena bobot kendaraan yang terbilang berat mencapai 1.563 kg.

Meski kurang responsif, untuk dipakai sehari-hari sudah lebih dari cukup dengan menghasilkan karakter nyantai dan halus ditarikan bawahnya.

2. Hanya Tersedia Transmisi Matic

Tidak tersedia pilihan manual, untuk membuatnya berjalan Chevrolet Orlando hanya dipadukan dengan transmisi otomatis enam tingkat percepatan berkonfigurasi tiptronic. Putaran mesin yang dihasilkan selanjutnya diarahkan ke roda depannya.

3. Biaya Perawatan Mahal

Kelebihan dan kekurangan Chevrolet Orlando

Seperti mobil Chevrolet lainnya, untuk biaya perawatan beserta spare partnya, Orlando terbilang mahal. Bukan cuma itu, jaringan aftersales maupun bengkel spesialisnya juga tak sebanyak merek Jepangan sehingga terasa sedikit menyulitkan bagi kalian yang tinggal di daerah.

Kesimpulan

Chevrolet Orlando menjadi opsi menarik bagi yang sedang mencari mobil MPV seken anti-mainstream dengan harga terjangkau. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, mobil ini memiliki kelebihan pada harga bekasnya di angka Rp120 jutaan, fitur komplit, mewah, serta tampilan modern.

Untuk kekurangan dari mobil ini ada pada biaya perawatan serta harga spare part yang mahal dan bengkel spesialis terbatas. Selain itu, mesinnya memiliki karakter lembut sehingga kurang cocok bagi yang suka berkendara secara agresif.

Baca juga: 5 Hal Penting Sebelum Beli Chevrolet Lova, Bekas Taksi yang Unggul Soal Kenyamanan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil