window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Mulai Rp60 Jutaan, Ini 5 Keunggulan Suzuki Mega Carry Pick Up

Enda · 4 Sep, 2023 08:00

Suzuki Mega Carry

Suzuki Mega Carry (foto: Andi Huang)

Selain Carry Futura, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memiliki sosok lain di segmen pick up muatan ringan yakni Suzuki Mega Carry. Versi pick up dari APV ini pertama kali dijual di Indonesia pada 2011 dengan menempati segmen sedikit di atas Carry Futura.

Sebenarnya mobil niaga ini sudah ada sejak 2005 dengan nama Carry atau Super Carry Pro, yang saat itu ditujukan untuk pasar ekspor. Populasi mobil niaga ini di Tanah Air pertama kali ada pada 2011, berjalan secara pararel bersamaan dengan Carry Futura pick up sebelum digantikan oleh New Carry pada 2019.

Untuk variannya, mobil ini ditawarkan dalam dua model, yaitu; STD (Standar) dan Xtra. Masing-masing model memiliki pilihan dengan power steering dan sistem pendingin udara (AC).  Melihat wujudnya, kabin pick up ini memakai basis yang sama seperti Suzuki APV. 

Oh iya, selain versi pick up, sebenarnya mobil ini juga memiliki pilihan cab sasis yang tidak dilengkapi bak. Dengan begitu mobil bisa dimodifikasi menjadi angkot atau mobil box menyesuaikan kebutuhan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk pasaran harga bekas, Mega Carry kini berada di angka Rp60 jutaan. Harga yang ditawarkan terbilang cukup menarik, dan cocok untuk kalian yang sedang merintis usaha atau membutuhkan mobil losbak dengan harga terjangkau.

Ditempatkan di atas Carry Futura, ketahui beberapa keunggulan Mega Carry berikut ini yang membuatnya cocok digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari.

Baca juga: Bukan Sekedar 'Angkot', Ini Rahasia Daihatsu GranMax Minibus Berhasil Kudeta Singgasana Suzuki Carry Futura

1. Mega Carry Punya Bak Lebih Besar dari Carry Futura

Suzuki Mega Carry

Bak Mega Carry

Keunggulan pertama yang dimiliki Mega Carry yakni ukuran bak. Seperti data yang dicantumkan di atas kertas, untuk dimensi bak memiliki panjang 2.200 mm (2.450 mm Xtra), lebar 1.585 mm (1.670 mm Xtra) dan tinggi 365 mm.

Bicara Carry Futura, untuk panjang bak mencapai 2.200 mm (2.350 mm Wide Deck), lebar 1.480 mm (1.650 mm Wide Deck), dan tinggi 300 mm (370 mm Wide Deck).

Menariknya, bak Mega Carry menganut fitur 3-way yang mana bukan cuma bisa membuka bak belakang, namun juga samping guna memudahkan akomodasi naik-turunnya barang.

2. Strukur Rangka Tebal, Mega Carry Jago Angkat Beban Berat

Suzuki Mega Carry

Rangka Mega Carry double

Secara daya angkut barang, Suzuki Mega Carrry sanggup menopang muatan seberat 1,5 ton pada baknya. Supaya aman dan tangguh saat digunakan, mobil ini diperkuat di bagian sasisnya yang mana menggunakan plat double. Terlihat tebal, sasisnya selain kokoh dan kuat diklaim juga lebih rigid.

3. Kabin Luas dan Ergonomis

Suzuki Mega Carry

Interior Mega Carry

Selain memiliki bak dengan ukuran besar, untuk kabin mobil ini cukup luas. Joknya dibuat terpisah antara pengemudi dan penumpang yang membuat penggunanya nyaman saat berkendara.

Dari sisi praktikal, mobil ini terasa ergonomis. Hal ini terlihat di beberapa bagiannya memiliki laci penyimpanan terbuka. Selain itu, posisi tuas perseneling atau shift knob diletakan di console tengah serta, tuas hand brake tepat di belakang yang terasa prakits ketika mengoperasikan.

Baca juga: Terkenal Bandel, Ini Kelebihan Lain Suzuki Carry Futura Karburator daripada Injeksi

4. Fitur Mega Carry Cukup Beragam di Segmen Mobil Niaga

Suzuki Mega Carry

Tombol pengaturan AC

Bicara soal fitur, varian teratas Suzuki Mega Carry sudah dilengkapi sistem pendingin udara (AC) serta power steering yang memudahkan pengguna ketika melakukan manuver atau parkir di tempat sempit.

Selain itu juga terdapat fitur hiburan berupa radio, USB dengan mp3. Untuk keselamatan berkendara, mobil ini dilengkapi dengan sabuk pengaman dengan ELR (Emergency Lock Retractor), dan Side Impact Beam di bagian pintu.

5. Mesin Bandel dengan Performa Lebih Baik dari Carry Futura

Suzuki Mega Carry

Mesin G15A

Seperti Carry Futura, Mega Carry dibekali mesin 1.493 cc dengan kode G15A, 4-silinder segaris SOHC multi-point injection. Namun untuk tenaga yang dihasilkan, Mega Carry lebih besar.

Seperti diketahui, di atas kertas tenaganya mencapai 92,4 PS di 6.000 rpm dengan torsi sebesar 126 Nm pada putaran 3.000 rpm. Sekedar informasi, Carry Futur memiliki tenaga 78,8 PS di 5.500 rpm dengan torsi maksimal 120 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Punya tenaga yang lebih besar, untuk mesinnya memiliki durabilitas tinggi. Oh iya, mengenai suku cadang, Mega Carry mudah ditemukan di seluruh penjuru Tanah Air dengan harga yang bersahabat.

Baca juga: 4 Alasan Suzuki Carry Futura Pick Up Banyak Diminati Buat Merintis Usaha

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil