window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Keunggulan Suzuki Swift Gen 1, Hatchback Rp60 Jutaan yang Mulai Naik Daun

Enda · 26 Sep, 2023 08:00

Keunggulan Suzuki Swift gen 1

Suzuki Swift gen 1 diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2005. Saat itu Swift didatangkan secara utuh dari negara asalnya, Jepang.

Kehadiran Swift di Indonesia saat itu secara sontak langsung menarik minat masyarakat Tanah Air. Lantaran hatchback ini memiliki tampilan yang sporty, mesin responsif serta gaya berkendara fun to drive dengan menyasar segmen anak muda bergayakan hidup urban. Jangan dilupakan, Swift juga jadi pesaing Honda Jazz GD3 dan Toyota Yaris bakpao.

Setelah dua tahun diluncurkan di Indonesia, mobil ini selanjutnya diproduksi di pabrik Suzuki yang berada di Bekasi, Jawa Barat dengan mendapat sejumlah penyegaran. Kemudian pada 2009 dan 2010, Suzuki kembali melakukan improvement terhadap Swift dengan menghadirkan beberapa varian anyar yang membuat mobi ini terlihat semakin sporty.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki pasaran harga bekas mulai dari Rp60 jutaan, berikut ini 5 keunggulan Suzuki Siwft gen 1 yang membuatnya menarik perhatian sebagian orang hingga saat ini.

Baca juga: Di Indonesia Kalah Sama Honda Jazz RS, Suzuki Swift Sport Bekas di Jepang Malah Lebih Dicari

1. Suzuki Swift Gen 1 Tampil Lebih Sporty

Keunggulan Suzuki Swift gen 1

Bila dihadapkan dengan para pesaingnya, Suzuki Swift memiliki tampilan yang terkesan lebih sporty terlebih pada varian GTS, GT2 dan GT3. Selain sporty, mobil ini juga terlihat proper sekaligus aerodinamis dengan bagian atap belakang dibuat sedikit menurun.

2. Fitur Suzuki Swift Gen 1 Lengkap di Zamannya

Keunggulan Suzuki Swift gen 1

Meski usianya kini sudah tak lagi muda, untuk fitur Suzuki Swift gen 1 terbilang lengkap di zamannya. Seperti yang bisa dilihat, pada bagian jok pengemudi memiliki pengatur ketinggian, Electronic Power Steering (EPS), spion elektrik, serta AC dengan beberapa arah semburan berikut heater.

Pada varian GL ke atas, mobil ini mendapatkan audio steering control yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya, indikator suhu luar kabin, penunjuk konsumsi BBM serta dan jam yang diletakan di center cluster, dan jok dengan bahan kulit premium.

Selain itu terdapat dual SRS airbags di depan yang berfungsi untuk mengurangi cedera ketika mengalami benturan cukup keras, serta sistem pengereman cakram di semua roda yang sudah dibekali fitur ABS dan EBD, guna mencegah tergelincirnya mobil ketika melakukan pengereman secara mendadak.  

3. Handling Stabil

Keunggulan Suzuki Swift gen 1

Handling Suzuki Swift gen 1 stabil

Keunggulan berikutnya yang dimiliki Swift gen 1 ada pada handling. Menggunakan suspensi jenis McPherson strut independen di roda depan dan torsion beam pada roda belakangnya, saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi handling yang dihasilkan terasa stabil dan rigid.

Selain itu, memiliki ground clearance yang dibuat rendah serta jarak sumbu rodanya yang pendek, mobil ini pun minim timbul gejala body roll.

Baca juga: Suzuki Swift 2023 Sedang Dipersiapkan, Akankah Masuk Indonesia Juga?

4. Mesin Responsif dan Bandel

Keunggulan Suzuki Swift gen 1

Mesin M15A

Suzuki Swift gen 1 memiliki 4 mesin yang tersedia di pasar global, yakni bensin 1.3L M13A, 1.5L M15A, 1.6L M16A dan diesel 1.3L D13A. Khusus untuk pasar Tanah Air, mobil ini dibekali mesinM15A 1.500 cc 4-silinder segaris 16 valve DOHC, MPFI VVT yang dapat memeras tenaga hingga 112 PS di 6.000 rpm dan torsi puncah sebesar 143 Nm pada putaran 4.000 rpm. 

Ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter, untuk karakter yang dihasilkan terasa responsif baik di putaran bawah maupun atas. Oh iya, untuk jantung pacunya juga memiliki durabilitas tinggi sehingga jarang sekali ditemui kerusakan fatal pada bagian mesin.

5. Konsumsi BBM Terbilang Irit

Keunggulan Suzuki Swift gen 1

Meski mesinnya memiliki karakter yang repsonsif pada tarikan bawah dan atas, untuk konsumsi BBM Suzuki Swift gen 1 tergolong irit. Menurut pengetesan yang dilakukan, pemakaian dalam kota mobil ini sanggup berjalan sejauh 10-12 km/liter.

Beda halnya ketika mobil digunakan berkendara ke luar kota, untuk pemakaian BBM-nya tembus 13-15 km/liter.

Baca juga: Perbandingan Yaris Bakpao vs Suzuki Swift Gen 1, Harga Mirip Mana yang Lebih Menarik?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Suzuki Swift Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil