window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian?

Yongki Sanjaya · 2 Mar, 2021 20:00

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 01

Sepeninggal Jazz yang stop produksi, Honda telah menyiapkan sosok City Hatchback sebagai penerus. Melihat estimasi harganya, Honda City Hatchback akan sedikit mahal dari Jazz. Sebagai alternatif yang harganya lebih bersahabat, kita bisa melirik Suzuki Baleno 2021.

Peta persaingan mobil hatchback mengerucut pada rivalitas antara Honda Jazz dan Toyota Yaris. Kompetisi ini membuat masyarakat lupa kalau Suzuki juga punya Baleno di segmen tersebut. Secara penampilan, Baleno cukup bersahaja namun dengan fitur yang tak kalah menarik. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebelum Beli Suzuki Baleno Hatchback, Yuk, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Test Drive: Suzuki Baleno 2020 hatchback, Lupakan Honda Jazz mapun Toyota Yaris!

Fitur Keselamatan Suzuki Baleno, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Terbaik

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan New Baleno pada penghujung tahun 2019 lalu. Hatchback andalan Suzuki ini mendapat beberapa update desain yang membuatnya tampil semakin premium nan modern pada sisi eksterior dan interior.

New Suzuki Baleno hanya tersedia dalam dua varian, untuk tipe manual dijual Rp235 juta dan versi metik dijual Rp247,5 juta. Harga segitu jelas lebih murah dari estimasi harga Honda City Hatchback yang tembus angka Rp300 juta. 

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 01

Secara garis besar, Suzuki menghadirkan New Baleno sebagai kuda hitam untuk melawan dominasi Toyota Yaris dan Honda Jazz yang begitu laris di segmen hatchback. 

Dengan harga yang lebih terjangkau, Baleno hatchback menjadi pilihan rasional masyarakat yang butuh mobil perkotaan serba bisa dan nyaman.

Lantas dengan harga yang lebih murah, apa nilai lebih yang coba ditawarkan New Baleno? Ayo kita ulas lebih lanjut sosok ikonik Suzuki di Indonesia ini. 

New Suzuki Baleno 2021, Hatchback Sederhana Bergaya Elegan dan Modern

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 02

New Baleno mungkin tidak punya gaya agresif seperti Toyota Yaris, atau kesan tegas seperti pada Honda City Hatchback. Suzuki Baleno 2021 punya karakter tersendiri dengan gaya yang kalem namun tetap mengusung fitur modern. 

Baleno hatchback mengusung konsep desain eksterior Liquid Flow. Tampilannya merupakan kombinasi lengkap dari bentuk elegan dan karakter sporty. 

Baleno hadir dengan fitur baru seperti LED Projector Headlamp, Sporty Black Polished Alloy Wheel, Sporty New Bumper Design with New Grill & Foglamp Design, serta New Interior Color and Pattern. 

Fitur Suzuki Baleno tergolong cukup lengkap, sehingga layak disebut sebagai hatchback murah yang tidak murahan. Kalaupun ada yang pantas disebut 'murahan' sebatas material dashboard dan doortrim dengan dominasi aksen plastiknya. 

Kelebihan Suzuki Baleno, Hatchback Murah yang Tidak Murahan

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 03

Sempat disinggung di atas, Suzuki Baleno menjadi kuda hitam penantang Honda Jazz dan Toyota Yaris. Dari segi harga lebih terjangkau tapi fitur tidak kalah lengkap. Supaya tidak makin penasaran, kita ulas lebih mendalam kelebihan New Baleno ini. 

Hatchback dengan Harga Paling Murah

Membahas hatchback, sudah banyak pabrikan yang bermain di segmen ini. Ada yang dikategorikan city car, hatchback nanggung (peralihan dari city car) seperti Daihatsu Sirion, atau hatchback murni sebagai versi hemat dari sedan. 

PT Suzuki Indomobil Sales menyediakan New Suzuki Baleno dalam dua varian, untuk tipe manual dijual Rp235 juta dan versi metik dijual Rp247,5 juta. Hanya Baleno yang harga jualnya masih di bawah Rp 250 juta. 

Kita bisa bandingkan dengan Honda Jazz, termurahnya ada Jazz M/T seharga Rp255 juta dan versi RS CVT dijual Rp298,5 juta. Dan untuk City Hatchback kemungkinan sudah tembus angka Rp300 jutaan. 

Baleno Versi Hatchback Menonjolkan Karakter Sporty

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 04

Suzuki tampaknya ingin membangun image baru dari Baleno. Awalnya, Baleno yang berwujud sedan punya kesan elegan namun pada versi hatchback tampak begitu modern dan karakternya lebih sporty. Penampilan Suzuki Baleno hatchback ini benar-benar berubah total dari generasi sebelumnya.

Bicara soal kelengkapan fitur eksterior juga bisa diadu. Pada sisi penerangan telah didukung DRL LED. Sementara pada lampu besarnya memakai Projector Xenon alias HID, dengan lampu jauh memakai Bi-Xenon dari projector yang sama. Sayangnya, foglamp dan lampu seinnya masih halogen. 

Kabin Lega dan Modern

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 05

Suzuki merancang Baleno hatchback dengan kesan ramping di luar namun lega di dalam kabin. Para pengguna tentunya akan lebih merasa nyaman ketika berkendara menggunakan mobil ini. interior Suzuki Baleno punya impresi yang cukup baik. 

Posisi duduk di jok baris belakang juga cukup lega. Ini karena leg room Suzuki Baleno cukup luas sehingga penumpang belakang benar-benar nyaman. Jok belakangnya bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40 sehingga membuat kita bisa ekspansi penyimpanan barang. 

Selain itu, tingkat visibilitas penumpang belakang juga cukup baik. Sebab, rancangan jok baris belakang dibuat lebih tinggi dibandingkan yang di depannya. 

Kekurangan Suzuki Baleno, Hatchback Cari Aman? 

Masih terdapat beberapa kekurangan di Suzuki Baleno hatchback, salah satunya transformasi dari bentuk sedan ke hatchback. Tentunya perubahan gaya akan membutuhkan waktu supaya bisa diterima kalangan pecinta Suzuki Baleno sedan era lampau. Perubahannya dianggap terlalu drastis dari sedan ke hatchback. 

Material Interior Cuma Plastik Tanpa Trim Soft Touch

Bahan matrial interior Suzuki Baleno hatchback juga masih biasa-biasa saja. Materialnya pun didominasi oleh bahan plastik, mulai dari seluruh dashboard, konsol tengah yang tidak ada piano black, hingga ke bagian pintunya.

Sekalipun panel dibuat dari plastik, namun sebaiknya tetap ada pemanis seperti trim soft touch, entah dari bahan fabric atau kulit. Aksen ini juga membuat kabin Baleno lebih nyaman dan berkelas. 

Fitur Pas-pasan di Suzuki Baleno, Menyesuaikan Harga

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 06

Baleno yang dipersiapkan sebagai rival Jazz dan kemudian City Hatchback ternyata belum bisa menandingi pemain kawakan tersebut. Sektor hiburan di Suzuki Baleno juga tidak wah, karena masih menggunakan head unit 2DIN standar. 

Ini cukup disayangkan karena pada rentang harga yang ditawarkan, ada mobil lain yang sudah menggunakan head unit layar sentuh dengan sistem navigasi sebagai fasilitas infotainment. 

Mesin Kurang Inovatif dan Kalah Tenaga 

Harga Lebih Murah dari Honda City Hatchback, Suzuki Baleno 2021 Alternatif Paling Layak Sebagai Mobil Harian? 07

Mesin 1.4 liter di Baleno hatchback bukan barang baru karena memang sudah terbukti di model lain seperti Ertiga dan Swift. Performa mesin cukup handal dikelasnya dan terbukti konsumsi bahan bakarnya hemat. 

Mesin K14B cuma mampu memproduksi tenaga 92,4 PS/6.000 rpm dan torsi 130 Nm/4.200 rpm. 

Namun, kelebihan soal efisiensi jelas kurang menarik karena tidak ada peningkatan dari segi mesin. Kapasitas mesin di Baleno juga lebih kecil dibandingkan Jazz atau City Hatchback. 

Mengacu unit yang sudah meluncur di Malaysia, tenaga yang dihasilkan City Hatchback 2021 hanya selisih 1 PS lebih besar dari Jazz. City Hatchback didukung mesin 4-silinder DOHC i-VTEC dengan tenaga maksimum 121 PS/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.300 rpm. Imbasnya, performa Baleno kalah responsif. 

Kesimpulan

Baleno hatchback menawarkan banyak poin plus, khususnya dari sisi harga dan desain. Namun, Suzuki seperti setengah hati dalam membekali fitur maupun spesifikasi mesin di Baleno yang membuatnya kalah kelas dari Jazz apalagi City Hatchback 

Namun bila cuma mencari hatchback kekinian yang cukup terjangkau, Baleno dinilai masih layak menjadi pilihan. Mobil ini merupakan hatchback dengan value for money terbaik saat ini.

Apabila Suzuki total dalam menyertakan fitur terbaik di Baleno, bukan tidak mungkin mobil ini menjadi penantang terkuat di segmen hatchback. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil