window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Suzuki Baleno Cocok Buat Ngantor dan Antar Anak Sekolah

Enda · 28 Jul, 2023 12:00

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023

Bicara rekomendasi mobil keluarga 2023 jenis hatchback pilihan redaksi Autofun Indonesia, kali ini jatuh pada Suzuki Baleno. Di segmen mobil perkotaan, Baleno layak jadi pertimbangan yang sangat tepat bagi kalian yang memiliki anggota keluarga tidak lebih dari 5 orang.

Baleno telah mendapatkan improvement tahun lalu yang hadir pertama kali di GIIAS 2022. Dengan mendapatkan update, Baleno bukan cuma terlihat futuristis dan sporty, namun juga lebih aerodinamis serta memiliki performa tinggi.

Tak hanya itu, dari segi harga Baleno paling murah di kelasnya. Seperti yang diketahui per Juli 2023 ini Baleno ditawarkan Rp265,5 juta untuk varian MT, dan Rp277,5 juta tipe maticnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi rekomendasi mobil keluarga tahun ini di segmen hatchback kompak yang cocok digunakan untuk pergi ke kantor sampai antar anak ke sekolah dengan harga paling murah, simak beberapa catatan pentingnya melalui parameter di bawah ini.

Baca juga: Inilah Rekomendasi Kami untuk Mobil-mobil Terbaik 2023 Bagi Keluarga di Indonesia

Suzuki Baleno Tampil Futuristis dan Lebih Aerodinamis

Suzuki Baleno

Tampilan depan Suzuki Baleno

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya Suzuki Baleno kini terlihat futuristis, sporty dan juga lebih aerodinamis. Terlihat pada fasadnya mobil ini disematkan grill dengan bentuk yang modern.

Untuk sistem pencahayaannya sudah dilengkapi LED Projector With 3 Point Signature LED Lamp and Guide Me Light, with Auto Headlight. Lainnya Baleno kini mendapat tambahan foglamp di bumper yang mampu meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari.

Melihat bagian lainnya untuk spionnya membawa teknologi electric mirror dengan retractable yang memudahkan penggunanya saat mengatur serta melipat kaca. Menyoal lingkar roda, mobil ini dipadukan velg dual tones polished berukuran 16 inci.

Bergeser melihat daripada buritan, stoplamnya mengadopsi 3 point LED & Additional Extension Lamp dengan bentuk futuristis sekaligus dinamis.

Suzuki Baleno

Tampilan belakang Suzuki Baleno

Mengusung filosofi liquid flow design, untuk ketinggian atapnya dibuat lebih rendah 25 mm guna mengalirkan udara lebih bebas saat berjalan di kecepatan tinggi. Guna meningkatkan keaerodinamisan berkendara, mobil turut dilengkapi spoiler dengan high mount stoplamp tepat ditengahnya.

Meski atapnya dibuat lebih rendah, untuk ground clearance mobil ini dinaikan 15 mm supaya pengemudi lebih mudah saat melewati jalan berkontur.

Secara dimensi keseluruhan Baleno memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.745 mm, tinggi 1.485 mm, jarak sumbu roda 2.520 mm, dan ground clearance 160 mm.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan New Suzuki Baleno Hatchback, Paling Murah di Kelasnya

Suzuki Baleno Lapang dan Fleskibel

Suzuki Baleno  ​

Kabin Baleno

Sama seperti eksterior, untuk interiornya Baleno tampak begitu proposional. Dari segi berkendara baik penumpang maupun pengemudi mobil ini cukup luas.

Seakan mengetahui kebutuhan penggunanya, mobil ini terasa begitu fleksibel dan ergonomis. Memberikan kemudahan dan utilitas secara maksimal, pada baris pertamanya Baleno memiliki dua buah cup holder pada console tengahnya dengan ventilasi AC.

Suzuki Baleno  ​

Cup holder

Bukan cuma itu, pada setiap pintunya juga dilengkapi cup holder serta laci penyimpanan barang. Tak ketinggalan pada baris pertama dan keduanya terdapat lubang pengisian daya yang bisa digunakan untuk melakukan pengecasan pada smartphone.

Suzuki Baleno  ​

Baris kedua Baleno

Oh iya, pada baris kedua tepat di belakang arm rest tengah terdapat ventilasi AC yang dapat memberikan udara sejuk pada penumpang belakang. Tidak berhenti sampai di situ, mobil ini juga disematkan tiga buah head rest untuk penumpang belakang.

Suzuki Baleno  ​

Bagasi Baleno

Bicara ruang bagasinya, mobil ini memiliki ruang cukup luas sehingga mampu mengakomodir barang bawaan cukup banyak. Guna menjaga privasi, bagasinya tersebut dilengkapi tonneau yang ikut terbuka apabila membuka pintu bagasi.

Fitur Unggulan dan Keselamatan Bikin Penggunanya Nyaman

Suzuki Baleno  ​

Tampilan kokpit Baleno  ​

Memiliki harga paling muah di kelasnya, untuk fitur Baleno terbilang lengkap sehingga membuatnya masuk dalam kategori Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 versi Autofun Indonesia. Mengetahui fitur unggulan yang ada didalamnya, mobil ini berhasil tersematkan head unit layar sentuh berukuran 6,8 inci yang mendukung konektivitas Smartphone Linkage.

Suzuki Baleno  ​

HUD Baleno  ​

Tidak dimiliki rivalnya, Baleno telah mendapatkan Head-Up Display (HUD) yang dapat menampilkan informasi mulai dari kecepatan, RPM hingga tampilan konsumsi BBM. 

Terasa ringkas setirnya dilengkapi tombol pengatruran yang terhubung langsung dengan panel instrument serta head unit.

Untuk memberikan posisi nyaman saat berkendara, setirnya dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic, serta jok pengemudi dengan pengaturan beberapa arah.

Baca juga: Suzuki Baleno Berhasil Asapi Honda City Hatchback, Toyota Yaris Mulai Membosankan?

Suzuki Baleno  ​

Pengaturan AC Baleno

Menampilkan kesan mewah, di beberapa bagiannya menggunakan material soft touch serta pengaturan AC auto dengan tampilan digital.

Sebagai fitur keselamatan standar, Baleno dilengkapi 6 airbags serta sistem pengereman dengan ABS with EBD, dan Brake Assist. Bukan cuma itu, mobil ini turut dibekali parking sensor, cruise control, Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Control (HHC), ISOFIX, Pedestrian Injury Mitigation Body, APAR, Pretensioner Front Seatbelt, serta  HEARTECT Platform Body.

Suzuki Baleno  ​

Smart Entry Baleno

Untuk keamanan berkendara mobil ini dilengkapi keyless dengan immobilizer.

Mesin dan Transmisi Matic Tangguh

Suzuki Baleno  ​

Mesin K15B

Berbeda dengan model sebelumnya, Suzuki Baleno memiliki performa lebih besar lantaran menggunakan mesin baru berkode K15B.

Mesin dengan durabilitas tinggi berkapasitas 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC, Multi-Point Injection VVT yang digunakan dapat meletupkan tenaga hingga 104,6 PS di 6.000 rpm serta torsi pada 138 Nm pada 4.400 rpm.

Baleno sendiri hadir dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter. Untuk transmisi matic konvensional yang digunakan terbukti lebih tangguh dan mudah dalam perawatan bila dibandingkan pesaingnya yang sudah menggunakan transmisi CVT.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 Versi Autofun: Ada Si Mungil yang Sporty Hingga SUV Bertabur Fitur

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil