window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Mega Carry, Pick Up Tangguh dengan Harga Bekas Terjangkau

Enda · 15 Jan, 2024 17:02

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Bicara mobil pick up dengan harga bekas terjangkau, kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry tentunya perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli.

Sebagai mobil niaga muatan barang jenis losbak, pasaran harga bekas Mega Carry kini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan.

Nama Mega Carry pertama kali mencuat di Tanah Air pada tahun 2011 seiring dengan peluncuran perdananya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Padahal jika melihat eksistensinya, pick up yang dibangun berdasarkan Suzuki APV ini sudah ada sejak 2005 dengan nama Carry atau Super Carry Pro untuk pasar ekspor.

Keberadaan Mega Carry dapat diterima oleh masyarakat Indonesia hingga 2019, sebelum PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyudahi produksi mobil ini dan menggantinya dengan New Suzuki Carry.

Punya pasaran harga bekas cukup terjangkau, simak kelebihan dan kekurangan Mega Carry berikut di bawah ini.

Baca juga: Pilihan Mobil Pick Up Terbaik yang Legendaris, Suzuki Carry atau Mitsubishi L300?

Kelebihan Suzuki Mega Carry

1. Punya Bak Lebar dengan Kapasitas Daya Angkut Besar

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Tampilan belakang Mega Carry

Sekelas mobil niaga muatan ringan, Suzuki Mega Carry memiliki bak yang lebar.

Menurut data pada brosur, untuk panjang keseluruhan baknya mencapai 2.200 mm (2.450 mm Xtra), lebar 1.585 mm (1.670 mm Xtra) dan tinggi 365 mm.

Menariknya, bak-nya sudah mengusung fitur 3-way yang memudahkan pengguna untuk membuka bak samping sehingga akomodasi naik maupun turunya barang terasa lebih mudah.

Sebagai gambaran, Carry Futura panjang bak-nya 2.200 mm, lebar 1.480 mm, dan tinggi 300 mm.

Selain memiliki bak lebar, Mega Carry juga mempunyai kapasitas daya angkut beban lebih besar.

Jika umumnya mobil niaga sekelasnya menurut pabrikan hanya sanggup dimuati beban maksimal 1 ton, Mega Carry dapat membawa barang seberat 1,5 ton.

Faktor yang menyebabkan mobil ini bisa memuat barang banyak selain dari dimensi baknya adalah sasisnya yang tebal.

Seperti diketahui mobil ini diperkuat di bagian sasisnya yang mana menggunakan plat double, sehingga selain membuatnya tangguh dan kokoh, diklaim juga lebih rigid. 

2. Dilengkapi AC dan Power Steering

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Interior Mega Carry

Baik varian Standar maupun Xtra, Mega Carry dibekali sistem pendingin udara atau AC yang dapat memberikan kenyaman selama berkendara.

Tak hanya itu, mobil ini juga berhasil disematkan power steering yang memudahkan penggunanya saat bermanuver.

Selain AC dan power steering, fitur unggulan lainnya pada Mega Carry yakni mobil ini terdapat head unit single din yang mendukung format USB dan mp3.

Ada pula fitur lainnya seperti laci penyimpanan terbuka di bagian penumpang dan pengemudi, serta tuas hand brake tepat samping pengemudi.

Sekedar informasi saja untuk keselamatan berkendara mobil ini sudah dilengkapi sabuk pengaman dengan ELR dan Side Impact Beam di bagian pintu.

3. Mesin Tangguh dan Mudah dari Segi Perawatan

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Mesin G15A

Mega Carry dibenamkan mesin bensin 1.493 cc dengan kode G15A, 4-silinder segaris SOHC multi-point injection seperti yang disematkan pada Carry Futura.

Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 92,4 PS di 6.000 rpm dengan torsi 126 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Sebagai informasi, tenaga yang dimiliki Mega Carry lebih besar Carry Futura meski menggunakan mesin yang sama.

Carry Futura untuk tenaga yang dimiliki sebesar 78,8 PS di 5.500 rpm dengan torsi maksimal 120 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Oh iya, untuk mesin G15A sendiri selain tangguh, juga mudah dan murah dari segi perawatan.

4. Punya Banyak Persamaan dengan APV, Suku Cadang Mega Carry Murah dan Mudah Didapat

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Kampas kopling set Mega Carry

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Mega Carry pada dasarnya dibangun berdasarkan APV yang merupakan model minibusnya.

Karena dibangun berdasarkan APV, Mega Carry punya banyak persamaan khususnya spare part atau suku cadang.

Bicara mengenai suku cadangnya mobil ini sangat mudah dan murah dijumpai di seluruh penjuru negeri bahkan hingga ke pelosok.

Mudah ditemui di seluruh Indonesia, untuk harga suku cadangnya pun terjangkau.

Seperti contoh kopling set yang didalamnya meliputi; deklaher, dekrup serta plat kopling, ketiga suku cadang ini dibandrol Rp700 ribuan.

Baca juga: Pick Up Ini Lebih Menarik Ketimbang Daihatsu Gran Max atau Suzuki Carry, Ada Versi Mesin Listriknya Juga

Kekurangan Suzuki Mega Carry

1. Sulit Memasukan Gigi Mundur

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Tuas perseneling Mega Carry

Tak sedikit pemilik Mega Carry mengeluhkan soal sulitnya ketika memasukan gigi mundur.

Susahnya memindahkan gigi ke posisi mundur bisa disebababkan oleh beberapa faktor.

Cara yang bisa dilakukan supaya mudah saat memindahkan posisi tuas perseneling ke gigi R (reverse), pemilik mobil bisa melakukan penyetelan ulang poda ketinggian kampas kopling, serta tali baja yang menyambungkan antara shift knob dengan transmisi.

2. Ban Sering Habis Sebelah

Kekurangan Mega Carry berikutnya yang dialami pemiliknya yakni ban depan habis sebelah,

Guna mengatasi ban makan sebelah, pemilik bisa melakukan spooring secara berkala seperti 6 bulan sekali apabila mobil sering digunakan.

Selain itu juga, pemilik bisa mengganti baut chamber guna menjaga keawetan ban agar habis secara merata.

Selain ban depan makan sebelah, kekurangan lainnya ada pada sistem peredam kejut.

Yang mana mengenai bantingan yang dihasilkan Mega Carry cenderung lebih kaku bila dibandingkan Carry Futura saat melewati jalan berkontur.

3. Hanya Bisa Memuat Dua Orang

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Jok Mega Carry

Tidak seperti Carry Futura maupun Gran Max yang dapat dimuati tiga orang sekaligus di dalam kabin, Mega Carry hanya bisa menampung dua orang, yakni pengemudi dan satu penumpang di samping.

Kabin Mega Carry yang hanya bisa memuat dua orang saja lantaran joknya dibuat terpisah berkat adanya tuas hand brake di tengah.

Selain hanya dapat memuat dua orang, pada kabinnya mobil ini memiliki ruang terbatas adanya gundukan di lantai kabin yang merupakan spakbor ban depan.

4. Suhu Panas Kabin Terasa di Dalam Kabin

Seperti Carry Futura, Mega Carry memiliki mesin yang diletakan di bawah jok penumpang maupun pengemudi.

Peletakan mesin di bawah menghasilkan suhu panas berlebih di dalam kabin, terlebih untuk peredam mesinnya mobil ini terbilang tipis.  

Kesimpulan

Pasaran harga bekas Rp60 jutaan, dengan segala kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry, mobil ini sangat cocok bagi yang sedang merintis usaha dengan membutuhkan kendaraan losbak untuk muat angkut barang dengan harga terjangkau.

Harga bekas yang terjangkau, Mega Carry punya segudang keunggulan, seperti bak lebar dengan kapasitas daya angkut lebih besar dibandingkan Carry Futura.

Selain bak yang lebih besar dari Carry Futura, mobil ini sudah dilengkapi AC dan power steering di semua varian, mesing tangguh, mudah perawatan, serta tenaga yang besar, dari Carry Futura.

Dibangun berdasarkan APV, untuk urusan suku cadang atau spare part mobil ini juga mudah dan murah didapatkan.

Di balik keunggulan yang dimiliki, Mega Carry punya kekurangan yang seringkali dikeluhkan pemiliknya, seperti; sulit memasukan gigi mundur, ban depan habis sebelah serta suspensinya yang keras.

Tak hanya itu, kekurangan lain yang dimiliki Mega Carry yakni kapasitas daya tampungnya dimana hanya dapat memuat dua orang serta suhu kabin cepat panas karena peredam mesin yang tipis.

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Mega Carry

Kelebihan:

  • Daya angkut
  • Ada AC dan Power Steering
  • Mesin tangguh
  • Murah perawatan

Kekurangan:

  • Transmisi mundur
  • Ban sering botak sebelah
  • Kapasitas 2 orang
  • Kabin panas

Baca juga: Suzuki Mega Carry Vs Carry Futura Pick Up, Mana yang Lebih Andal untuk Muat Barang?

@garasi.autofun Kalah Populer Gak Berarti Suzuki S-Cross Cemen! #suzuki #scross #sx4 #tipsmobilbekas #mobilbekas ♬ Bosanova-style calm BGM(371186) - perming

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil