window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai IONIQ 6 Menyapa Publik Indonesia, Mobil Listrik Paling Aerodinamis

Prasetyo · 17 Agu, 2023 11:02

Hyundai Ioniq 6

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Hyundai IONIQ 6, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan harga Rp1.197.000.000 On The Road Jakarta.

Peluncuran IONIQ 6 semakin mengukuhkan posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dalam mendorong percepatan elektrifikasi di Tanah Air, khususnya dengan lini kendaraan listrik yang semakin lengkap bersama IONIQ 5.

"Progress for Humanity sebagai visi besar perusahaan merupakan dasar dari setiap inovasi yang Hyundai hadirkan untuk mobilitas masa depan yang berkelanjutan. Berlandaskan visi tersebut, IONIQ 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas," kata WooJune Cha, President Director HMID dalam sambutannya di ICE BSD City, Tangerang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

 

Hyundai Ioniq 6 GIIAS 2023

Rilis di GIIAS 2023

Sementara itu Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID menyebutkan jika IONIQ 6 adalah konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik.

"Maka dari itu, IONIQ 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan paling efisien daya saat ini. Lengkap dengan eksterior yang futuristis, interior yang lapang, serta pengembangan teknologi yang advance, IONIQ 6 memberi pengalaman berkendara terbarukan yang tak dapat ditemukan di kendaraan lainnya untuk Awaken Your World," kata dia.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Hyundai Ioniq 6 Dijual Hampir Rp1,2 Miliar

Hyundai IONIQ 6 Mobil Listrik Paling Aerodinamis

Hyundai Ioniq 6

Punya drag coefficient 0,21

IONIQ 6 mengusung keselarasan antara estetika, efisiensi, dan fungsionalitas dengan tema desain Ethical Uniqueness yang mencerminkan komitmen customer-centricity dari Hyundai dalam menjalankan efisiensi energi dan tanggung jawab terhadap lingkungan. 

Terinspirasi oleh Prophecy EV Concept dari Hyundai, IONIQ 6 memiliki ciri khas akan goresan garis yang simple dan clean serta rancang bangun yang aerodinamis, yang disebut oleh para desainer Hyundai sebagai Emotional Efficiency.

Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, IONIQ 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis. 

IONIQ 6 merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.

Hyundai Ioniq 6 eksterior

Bisa dipesan selama GIIAS 2023

Tidak hanya pada kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan pada detail-detail eksterior lainnya.

Antara lain gagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles yang telah dirancang saksama untuk meningkatkan aerodinamika dari kendaraan serta velg alloy 20 inci yang juga stylish.

Kesan mewah dan futuristis pada eksterior IONIQ 6 pun tampak dari penggunaan desain Lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler

Sistem Parametric Pixel tidak hanya menambah estetika desain dari IONIQ 6, tapi juga menjadi simbol yang menerangi masa depan elektrifikasi industri otomotif Indonesia. 

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 Jadi Mobil Dinas ASEAN Summit Ke-43

Interior Lapang berkat E-GMP

Hyundai Ioniq 6 interior

Interiornya pakai bahan ramah lingkungan

Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai IONIQ 6 dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan penggunanya.

Dilengkapi dengan platform E-GMP untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan, IONIQ 6 memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya.

Secara keseluruhan, dimensi IONIQ 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.

Ruang interior pun IONIQ 6 benar-benar terasa luas berkat legroom yang lebih lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata sehingga pengguna bisa lebih rileks dalam melakukan perjalanan. 

Hyundai Ioniq 6

Desain setirnya

Lapangnya interior mobil ini juga semakin maksimal dengan ditiadakannya tombol-tombol fisik pada pintu depan untuk memberikan ruang yang lebih banyak terhadap penyimpanan barang. 

Adapun interior dari baris depan IONIQ 6 juga dilengkapi dengan bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan dan juga glove box.

Untuk jok baris depan, pengguna akan dimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan. 

Lalu, kursi pengemudi dan kursi penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi, jadi pengguna bisa menjaga postur tubuh dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.

Baca juga: Hyundai STARGAZER X Tawarkan Desain Stylish Berbalut Fitur Terlengkap Dikelasnya

Hyundai Ioniq 6

Dipakai untuk untuk tamu ASEAN Summit ke-43

Tak hanya lapang, interior IONIQ 6 juga tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting.

Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan sesuai mood dan selera dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia.

Seperti eksteriornya, interior IONIQ 6 juga menerapkan aspek berkelanjutan lewat penggunaan berbagai bahan ramah lingkungan.

IONIQ 6 menggunakan material hasil daur ulang botol PET serta komponen alami berbasis tebu dan jagung dalam membuat berbagai elemen seperti jok, headlining, dan karpet.

Seluruh permukaan panel interior pintu dan setir IONIQ 6 pun dilapisi oleh cat berbahan alami dari minyak ekstrak tanaman bunga kubis dan jagung.

Teknologi Terdepan untuk Pengalaman Berkendara yang Memuaskan

Hyundai Ioniq 6

Desain yang sangat aerodinamis

Hyundai IONIQ 6 erbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, untuk menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm.

Tenaga maksimal pun memungkinkan IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), IONIQ 6 bisa menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km.

Berdasarkan pengukuran tersebut, IONIQ 6 dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah, dalam satu kali pengisian daya baterai.

Hyundai Ioniq 6

Jakarta - Magelang cukup satu kali charging baterai

Untuk pengisian daya IONIQ 6 telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V yang mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW.

IONIQ 6 juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10–80%) dan AC standard charging dengan daya 7kW dengan waktu pengisian sekitar 12 jam (0–100%).

Sama halnya dengan IONIQ 5, IONIQ 6 juga menawarkan teknologi Vehicle-to-Load (V2L) dengan kapasitas hingga 3.600 watt, fitur ini memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan, jadi pengguna bisa mengisi daya perangkat listrik apa pun, dari sepeda listrik, skuter listrik, hingga peralatan berkemah, langsung dari kendaraan. 

Selain memiliki power outlet eksternal, IONIQ 6 juga menyediakan power outlet di interior kendaraan untuk mengisi daya smartphone, laptop, dan gadget lainnya dengan praktis.

IONIQ 6 pun telah dibekali Supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, Bluetooth.

Konektivitas yang ditawarkan menjamin pengalaman hiburan immersive selama perjalanan, apalagi IONIQ 6 juga dilengkapi 8 BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting.

Hyundai SmartSense Mendukung Keamanan Berkendara

Hyundai Ioniq 6

Ada fitur Hyundai SmartSense

IONIQ 6 telah dibekali fitur keamanan terkini nan komprehensif dari Hyundai SmartSense untuk memberikan pengalaman berkendara terdepan.

Salah satu fitur Hyundai SmartSense yang disematkan pada IONIQ 6 adalah Intelligent Front-lighting System (IFS), Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2), Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM).

Untuk menjamin pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, IONIQ 6 juga didukung dengan fitur-fitur Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM).

Tak ketinggalan, terdapat fungsi-fungsi penunjang lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Parking Distance Warning - Forward/Side/Reverse (PDW-F/S/R), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Didukung Layanan After-Sales Terdepan

Hyundai Ioniq 6

Lini elektrifikasi terbaru dari Hyundai Indonesia

HMID memberi kenyamanan lebih bagi pengguna IONIQ 6 melalui layanan after-sales khusus bagi pengguna IONIQ 6 di Indonesia, meliputi:

  • Garansi Dasar selama 3 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

  • Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

  • Gratis jasa perawatan selama 6 tahun atau 90.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

  • Gratis suku cadang untuk perawatan berkala selama 6 tahun atau 90.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

  • Untuk menjamin pengalaman kepemilikan kendaraan yang worry-free, HMID juga menyiapkan berbagai layanan after-sales terdepan lainnya untuk IONIQ 6. 

Pengguna bisa menikmati pelayanan pelanggan 24 Jam yang bisa diakses melalui Hyundai Call Center, WhatsApp, dan Hyundai Bluelink dan terintegrasi dengan Layanan Darurat 24 Jam seperti Roadside Assistance, Take Me Home, dan Mobile Charging Service.

Layanan after-sales HMID juga memberikan kemudahan akses service bagi pelanggan melalui solusi Mobile Service, Pick Up & Delivery Service, Service @myHyundai, dan Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free.

HMID pun menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia melalui program Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free yang didukung oleh fasilitas Hyundai Parts Center seluas 1,2 Ha yang berlokasi di Deltamas, Cikarang, yang mampu menyimpan lebih dari 30.000 items.

IONIQ 6 tersedia di seluruh dealer Hyundai di Indonesia dalam berbagai warna eksterior yaitu, Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, Biophilic Blue Pearl. 

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal medsos HMID, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Ioniq 6 Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia