window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Inden Mobil Mazda Tak Lagi Lama, Ini Penyebabnya

Prasetyo · 19 Okt, 2023 10:02

inden mazda lama

Beberapa bulan lalu ada isu yang beredar terkait mengapa Mazda indennya lama tidak seperti pabrikan merek Jepang lain seperti Toyota atau Honda

Bahkan untuk beberapa model Mazda, masa inden ini ada yang sampai lebih dari enam bulan bahkan mendekati setahun. 

Tapi kondisi tersebut diakui Ricky Thio selaku Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia sudah tak lagi terjadi, ada beberapa hal yang menyebabkan inden Mazda lama ini sudah cukup baik teratasi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Gak, sekarang inden paling 1-2 bulan saja, itu pun kalau lama biasanya warna-warna spesial, dan kita sudah komunikasikan hal ini ke konsumen, " ucap Ricky ketika ditemui di GIIAS Semarang 2023, Rabu (18/10/2023). 

Baca juga: Susul MX-30, Mazda2 2024 Pakai Mesin Rotary 830 Cc

Alasan Kenapa Mazda Inden Lama

mazda cx-60

Produksi di pabrik Mazda sudah kembali normal

Lebih lanjut Ricky menjelaskan, lamanya masa tunggu oleh konsumen sampai mendapatkan unit yang dipesannya merupakan efek dari beberapa hal. 

Antara lain masalah krisis chip semikonduktor yang sempat melanda seluruh pabrikan di dunia sehingga menghambat proses produksi. 

"Dan ini bukan terjadi di Mazda saja tapi semua pabrikan otomotif, " jelasnya. 

mazda cx-5

CX-5 jadi mobil Mazda yang cukup banyak peminatnya di Indonesia

Selain itu, hambatan berikutnya yang membuat proses produksi di pabrik Mazda jadi tidak maksimal adalah pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 dan terus terasa sampai 2022.

Akibat pandemi kesehatan global tersebut, membuat aktifitas produksi dan distribusi juga dibatasi sehingga jumlah unit yang berhasil dirakit serta terkirim jadi tidak maksimal. 

"Nah mulai tahun ini kita mulai kedatangan unit-unitnya jadi permintaan yang sebelumnya tidak bisa terpenuhi, semuanya mulai kita penuhi," kata dia. 

Baca juga: Produksi Mobil Listrik Mazda Dikebut, Basisnya SUV

Berapa Lama Inden Mazda CX-3 dan CX-5? 

mazda cx-3

Penjualan CX-3 tertinggi bagi Mazda Indonesia

Mulai stabilnya produksi di pabrik pusat Mazda tentunya berimbas pula pada pasar pabrikan premium asal Jepang ini ke Tanah Air. 

Sebab dirasakan oleh Ricky, pasokan mobil-mobil Mazda ke Indonesia mulai normal sesuai jumlah pesanan, sehingga inden pun tak lagi mengular sampai berbulan-bulan. 

Sebagai contoh untuk Mazda CX-3 yang menjadi model terlaris Mazda di Indonesia, saat ini indennya hanya satu bulan. 

Demikian juga dengan inden Mazda CX-5 hanya berkisar 1-2 bulan, bahkan termasuk Mazda CX-60 yang baru resmi dipasarkan saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangerang pada Agustus 2023 lalu, indennya pun hanya 1-2 bulan. 

mazda cx-60 deep crystal blue

CX-60 Deep Crystal Blue ini ternyata banyak peminatnya

"Untuk CX-60 yang inden lama itu yang warna biru (Deep Crystal Blue), Karena ternyata 70 persen dari pesanan CX-60 adalah yang warna biru itu, " seru Ricky. 

Uniknya lagi, jika sebelumnya pembeli Mazda banyak yang memesan warna merah (Soul Red), kini beralih ke biru.

"Kami juga cukup surprise, ternyata ketika kite kenalkan warna biru ini di CX-60, kok masuk dan banyak yang suka," tambah Ricky. 

Dirinya menceritakan, sejak pemesanan resmi dibuka di GIIAS 2023, saat ini CX-60 sudah terjual sekitar 100 unit, dan dari total pemesanan itu, 70 persen adalah CX-60 tipe Kuro sisanya baru tipe Elite.

mazda cx-60 kuro edition

Mazda CX-60 Kuro Edition

Tampil dengan desain eksterior lebih sporty termasuk pemakaian velg dengan finishing Black, serta tema kabin dengan warna lebih gelap dibanding tipe Elite ternyata malah membuat CX-60 tipe Kuro Editon ini, kata Ricky lebih diminati konsumen Indonesia. 

Bahkan beberapa pemesan dari SUV dengan sistem penggerak roda AWD (All Wheel Drive) ini diakui dirinya mengajukan minat untuk membeli hanya karena tertarik dengan desain eksterior dan interiornya. 

"Kebanyakan mereka sudah paham value dari mobil Mazda, dan ketika mereka lihat desainnya mereka tertarik, dan ketika lihat interiornya yang mewah mereka makin suka, jadi ada ada tim sales kami yang cerita, beberapa dari pemesan CX-60 ini hanya lihat unitnya dan pesan, tidak banyak bertanya, " seloroh Ricky. 

Baca juga: Mazda CX-60 Melantai di Indonesia, SUV Jepang Lawan Berat BMW X3

Sekilas Tentang Mazda CX-60

mazda cx-60 elite edition

Mazda CX-60 Elite Edition pakai velg two tone

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) secara resmi meluncurkan All New Mazda CX-60 pada 26 Juli 2023 untuk melengkapi jajaran SUV Premium mereka. 

Mengusung filosofi The Perfect Jinba-Ittai, CX-60 dihadirkan dalam dua edisi, yakni Kuro Edition dan Elite Edition yang keduanya sama-sama dibanderol Rp1.188.800.000 on the road Jakarta.

CX-60 Elite Edition ditujukan untuk konsumen yang lebih suka tampil elegan karena secara fasad, tipe ini menggunakan grill dengan bentuk bar vertikal serta velg 20 inci dengan finishing dual-tone black metallic machined.

Lantas interior CX-60 Elite Edition terlihat lebih cerah dengan didominasi warna putih, namun untuk lingkar kemudinya pakai material kulit hitam.

mazda cx-60 kuro edition interior

Interior CX-60 Kuro Edition

Sementara itu CX-60 Kuro Edition tampil lebih sporty berkat front grille dengan tema honey comb, serta beberapa aksen Black Gloss antara lain pada velg 20 inci yang terpasang, handle pintu luar, dan juga cover spion luar.

Kemudian untuk interiornya pakai warna Tan atau cokelat kekuningan dengan material kombinasi suede dan kulit, serta lingkar kemudinya pakai wanra hitam cokelat.

Meski berbeda secara penampilan, namun CX-60 Kuro Edition maupun Elite Edition dibekal mesin 3.3L 6-silinder segaris DOHC, 24-valve, turbocharged dengan kubikasi 3.283 cc yang dipadukan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System). 

Di atas kertas, mesinnya dapat memeras tenaga 284 PS di angka 5.000 - 6.000 rpm dan torsi puncak 450 Nm pada putaran 2.000-3.500 rpm.

Jantung pacunya dikawinkan transmisi 8-speed automatic without torque converter terbaru yang selanjutnya didistribusikan kesemua roda dengan menganut sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). 

mazda cx-60 elite edition interior

Interior Mazda CX-60 Elite Edition

Dilengkapi setelan i-Activ serta fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive), dengan begitu memudahkan pergerakan semua roda dan pergantian mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan.

Fiturnya juga terbilang komplit dengan hadirnya headunit 12,3 inci sebagai pusat infotainment yang tersambung dengan 12 spakers garapan BOSE, lalu ada instrumen cluster 12,3 inci, wireless charger, serta panoramic sunroof.

Perangkan keselamatan aktifnya juga lengkap, antara lain Anti-lock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) & Brake Assist (BA), 6 airbags, Electric Parking Brake (EPB), Dynamic Stability Control (DSC) & Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), Emergency Stop Signal (ESS) dan Hill Descent Control (HDC).

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mazda CX-60 AWD Kuro Design 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil