Jangan Ngebut Sembarangan! Sekarang Polri Pakai Tesla Model 3 Sebagai Mobil Dinas

Yongki Sanjaya · 26 Feb, 2021 12:30

Jangan Ngebut Sembarangan! Sekarang Polri Pakai Tesla Model 3 Sebagai Mobil Dinas 01

Pemerintah telah mendorong masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan ramah lingkungan. Sebagai inisiasi, beberapa instansi telah memakai mobil listrik, diantaranya Kepolisian Republik Indonesia. Sebagai permulaan, Polri menggunakan sebuah Tesla Model 3 sebagai kendaraan dinasnya.

Unit ini ialah pinjaman dari Prestige Motorcars selaku distributor Tesla di Indonesia. Upaya ini untuk mendukung agenda pemerintah dalam percepatan kendaraan bermotor listrik. Di sisi lain, Prestige Motorcars juga ingin lebih memperkenalkan Tesla di jajaran kepolisian RI. 

“Kami dari Prestige Motorcars siap memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah dan IMI. Oleh sebab itu, unit Tesla Model 3 sudah kami siapkan untuk memperkenalkan Tesla di jajaran kepolisian RI.” Jelas Rudy Salim, CEO Prestige Motorcars melalui keterangan resminya.

Acara penyerahan diadakan pada hari Kamis, 25 Februari 2021 Jam 14:00 WIB di Lapangan NTMC Korlantas Polri. Serah terima kendaraan Tesla diberikan langsung kepada Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H dari Korlantas Polri, dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) diwakili oleh Rifat Sungkar (wakil ketua IMI), Effendy Gunawan (bendahara IMI), dan CEO Prestige Motorcars Rudy Salim.

Lebih lanjut, Rudy menjelaskan bila IMI juga memiliki agenda mempercepat penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai. IMI bertujuan mendukung program pemerintah melalui kendaraan tanpa emisi.

"IMI akan selalu mendukung program pemerintah. Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan keinginan masyarakat terhadap mobil listrik yang ramah lingkungan tanpa gas emisi,” tambah Syamsul Bahri selaku dewan pengawas IMI.

Tesla Model 3 Bercorak Polantas

Jangan Ngebut Sembarangan! Sekarang Polri Pakai Tesla Model 3 Sebagai Mobil Dinas 02

Dalam serah terima ini, Tesla Model 3 telah dilapisi stiker dengan corak Korlantas Polri, kombinasi warna merah putih dan biru. Selain bebas emisi, Tesla juga merupakan mobil listrik yang bertenaga. 

Pasalnya, unit yang dipinjamkan ini ialah Standard Range Plus, dengan kemampuan mirip mobil sport. Tesla Model 3 untuk polisi ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5.6 detik dengan kecepatan maksimum mencapai hingga 225 km/jam. 

Mobil ini dapat menempuh jarak 400 Km dalam sekali pengisian listrik, dengan estimasi biaya sangat minim, hanya sekitar Rp70 ribu saja.

Polri Susul Dirlantas Polda Jabar Gunakan Mobil Listrik

Jangan Ngebut Sembarangan! Sekarang Polri Pakai Tesla Model 3 Sebagai Mobil Dinas 03

Tren penggunaan mobil bebas emisi di kalangan kepolisian awalnya diinisiasikan oleh Dirlantas Polda Jabar. Sejak awal tahun ini, Dirlantas menyediakan Hyundai Kona sebagai kendaraan patroli pengawal (Patwal) Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Hyundai Kona listrik untuk kendaraan Patwal itu sebenarnya merupakan satu dari tiga unit mobil pemberian Hyundai Motors Indonesia (HMID), yang dilaksanakan 29 Desember 2020 lalu. Dari tiga unit, dua sudah digunakan untuk kendaraan dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Hyundai Kona EV ini didukung baterai dengan kapasitas 39,2 kWh. Menurut spesifikasi, baterai ini dalam dalam posisi penuh kemampuan jelajahnya hingga 345 km.

Adapun motor listriknya mampu memuntahkan tenaga hingga 134 hp dan torsi puncak 393 Nm. Sebagai mobil listrik maka akselerasi Kona EV cukup spontan, dimana 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 9,7 detik dan laju maksimalnya hingga 155 km/jam.

Komentar