Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4

Enda · 7 Jul, 2021 19:00

Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4 01

Mahindra Scorpio 4x4 Vs Mitsubishi Triton HDX 4x4

Mahindra Scorpio 4x4 dan Mitsubishi Triton HDX 4x4 merupakan kendaraan jenis double cabin dari dua negara yang berbeda.

Seperti yang diketahui, Mahindra Scorpio ini didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Build Up) dari India. Begitupun Mitsubishi Triton, meski produk Jepang, hingga kini mobil ini juga masih didatangkan secara utuh dari Thailand.

Mengetahui harga barunya, Mahindra Scorpio 4x4 menurut situs resminya dibandrol Rp338 juta. Sedangkan Mitsubishi Triton HDX 4x4 dipatok Rp409 juta OTR Jakarta.

Ingin mengetahui spesifikasi dari keduanya? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Jadi Pickup Serbaguna, Hilux Tipe G Berikan Fitur dan Harga yang Pas

Dimensi Bak Mahindra Scorpio 4x4 Lebih Besar Dibandingkan Mitsubishi Triton HDX 4x4

Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4 02

Tampilan samping Mahindra Scorpio 4x4 double cabin

Mengenai ukuran dimensi Mahindra Scorpio 4x4, double cabin jenama Bollwood ini mempunyai panjang 5.155 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.940 mm. Untuk kabinnya sendiri secara data mobil ini memiliki panjang 1.570 mm, lebar 1.615 mm serta tinggi 775 mm.

Sedangkan Mitsubishi Triton HDX 4x4 tercatat secara dimensi mempunyai panjang 5.225 mm, lebar 1.815 mm dan tiggi 1.775 mm. Ukuran baknya, mobil ini memiliki panjang 1.520 mm, lebar 1.470 mm dan tinggi 475 mm.

Bila melihat daripada keduanya, secara dimensi keseluruhan Mitsubishi Triton HDX 4x4 lebih besar dibandingkan Mahindra Scorpio 4x4. Meski begitu, double cabin asal India ini diketahui memiliki bak yang lebih luas dibandingkan rivalnya tersebut.

Baca juga: SUV Vs Double Cabin, Kenapa Mitsubishi Pajero Sport 2021 Lebih Dipilih Dari Mitsubishi Triton?

Tenaga Mitsubishi Triton HDX 4x4 Lebih Loyo Dibandingkan Mahindra Scorpio 4x4

Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4 03

Mesin diesel turbo 2.2L mHawk (Euro 2) pada Mahindra Scorpio 4x4

Bicara spesifikasi mesin, Mahindra Scorpio 4x4 berhasil dibenamkan jantung pacu diesel turbo 2.2L mHawk (Euro 2). Mesin yang digunakannya diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 142 PS dengan torsi mencapai 320 Nm. Menganut teknologi Micro Hybrid – Sistem Stop Start, mobil ini diklaim mampu menghemat penggunaan BBM jenis solar hingga 5 persen.

Untuk membuat mobil dapat berjalan, mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Manual 6-percepatan. Selain itu mobil ini juga dilengkapi transfer mode kendara 2WD dan 4WD secara elektronik yang memudahkan pengendara dalam melibas medan jalan yang berat yang dibantu oleh diferensial penguncian mekanis Eaton.

Pada sistem penggeraknya, Scorpio 4x4 terdapat mechanical locking differential (diferensial penguncian mekanis) yang mampu menyalurkan torsi lebih besar ke roda lainnya untuk mencegah slip, dan dapat memberikan traksi maksimum. Selain itu ada juga model 4Low untuk mengontrol mobil pada kemiringan yang lebih curam.

Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4 04

Mesin diesel 4D56 DI C/R T/C 2.5L pada Mitsubishi Triton HDX 4x4

Mengetahui jantung pacu daripada Mitsubishi Triton HDX 4x4, double cabin garapan Mitsubishi ini berhasil dibenamkan mesin legendaris 4D56 DI C/R T/C 2.5L DOHC 16 valve common rail. Secara data, jantung mekanis yang digunakannya mampu melecutkan tenaga hingga 110 PS dengan torsi 200 Nm.

Putaran tenaga yang diperolehnya tersebut kemudian diatur menggunakan transmisi manual 5-percepatan dengan Limited Slip Differential (LSD) model mechanical. Perlu kalian ketahui, penggerak 4WD-nya sendiri memakai model easy select 4WD yang memudahkan pengemudi dalam berpindah mode penggerak dari 2WD (2H) ke traksi 4WD (4H) saat berekendara dengan kecepatan di bawah 100 km/jam.

Adu Fitur Unggulan Mahindra Scorpio 4x4 Vs Mitsubishi Triton HDX 4x4

Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4 05

Fitur Mahindra Scorpio 4x4 lebih unggul dibandingkan Mitsubishi Triton HDX 4x4

Mahindra Scorpio 4x4 bisa dibilang cukup lengkap ketika bicara soal fitur unggulannya. Dimana mobil ini sudah mendapatkan Air Conditioning, CD Player DIN 2, Steering Wheel – Tiltable, Power Window, Rear Demister, Hydraulic Bonnet Struts, Front Headlamps with Fog Lamps serta Projector Headlamps with Follow me Home Headlamps.

Melihat Mitsubishi Triton HDX 4x4, mobil ini memiliki fitur unggulan yang lebih sedikit. Dimana Triton HDX 4x4 hanya berhasil disematkan Air Conditioning, CD Player DIN 2, Steering Wheel – Tiltable, Power Window, serta Halogen with Projector.

Fitur Keselamatan Mahindra Scorpio 4x4 Lebih Lengkap Dibandingkan Mitsubishi Triton HDX 4x4

Kalah Nama, Spesifikasi Mahindra Scorpio 4x4 Bisa Ungguli Mitsubishi Triton HDX 4x4 06

Fitur keselamatan Mahindra Scorpio 4x4 lebih lengkap dibandingkan Mitsubishi Triton HDX 4x4

Melihat pada data, Mahindra Scorpio 4x4 berhasil mendapatkan fitur keselamatan berupa Dual Front Air Bags, ABS,
Collapsible Steering Column, Crash Protection Crumple Zones, Fire Retardant Upholstery, Central Locking With Remote Control and Alarm.

Sedangkan Mitsubishi Triton HDX 4x4 diketahui hanya disematkan Dual Airbags (Driver & Front Passenger), serta seatbelt di setiap joknya. Mengenai sistem keamanannya, varian ini sudah dilengkapi dengan Immobilizer.

Kesimpulan

Jika berbicara merek, untuk kendaraan jenis double cabin Mitsubishi Triton HDX 4x4 memang lebih unggul dibandingkan Mahindra Scorpio 4x4. Bukan hanya itu saja, soal tampilan Triton juga lebih atraktif, dinamis dan proper dibandingkan rivalnya tersebut. Disisi lain, suku cadang Mitsubishi Triton juga sangat melimpah dan mudah ditemukan di seluruh penjuru Nusantara.

Berbeda apabila kalian mencari fitur yang lebih lengkap, tenaga lebih besar, serta dimensi kabin yang lebih luas, Mahindra Scorpio 4x4 bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja ketersedian spare part mobil ini tidak sebegitu banyak pesaingnya tersebut. Mengingat keberadaan Mahindra di Indonesia juga baru seumur jagung.

Mengenai harganya, jelas bahwa Mahindra Scorpio 4x4 ini ditawarkan lebih murah. Bila dibandingkan Mitsubishi Triton HDX 4x4, selisih harganya mencapai Rp71 juta.

Setelah melihat perbandingan spesifikasi antara Mahindra Scorpio 4x4 vs Mitsubishi Triton HDX 4x4, kalian lebih tertarik memilih yang mana untuk kegiatan bisnis sehari-hari?

Baca juga: Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Triton GLX MT Single Cab 2WD

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru