Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton?

Yongki Sanjaya · 15 Okt, 2020 17:00

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 01

PT Toyota Astra Motor atau TAM resmi memasarkan New Toyota Hilux facelift di Indonesia pada Kamis, 27 Agustus 2020. Indonesia resmi menjadi negara kedua yang mendapatkan penyegaran dari New Toyota Hilux, setelah Thailand yang mana merupakan peluncuran world premier mobil dengan bak terbuka tersebut.

Perubahan pada New Toyota Hilux double cabin di Indonesia tak terlalu banyak alias hanya minor facelift saja. Namun, upaya ini perlu dilakukan setelah Mitsubishi meluncurkan Triton dengan wajah baru. Kedua pikap double cabin ini terkenal sebagai mobil operasional tambang atau perkebunan.

New Toyota Hilux facelift hanya dalam tiga trim level untuk model double cabin dan untuk model pick up ditawarkan juga dengan tiga pilihan. Untuk model double cabin ada New Toyota Hilux tipe E, tipe G, dan tipe V.

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 02

Toyota mematok New Toyota Hilux 2.4 Diesel E 4x4 M/T dengan harga Rp 429,75 juta OTR Jakarta. Lalu untuk New Toyota Hilux tipe G 4x4 M/T harganya Rp 454,55 juta. Sedangkan Hilux double cabin tipe V 4x4 A/T harganya Rp 492,8 juta. 

Ada sedikit perbedaan antara Hilux dan Triton. Sistem AWD yang digunakan pada Toyota Hilux menjamin kenyamanan sepanjang perjalanan off-road atau on road pada truk mewah. Sedangkan Mitsubishi Triton menggunakan sistem penggerak 4WD yang memberikan traksi seimbang pada semua roda.

Bagaimana performa keduanya saat menghadapi medan off road pedalaman?

Kemampuan Hilux Melibas Medan Off Road, Kalah Fitur 

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 03

Untuk melibas medan terjal pedalaman, Hilux dibekali dengan 4X4 dengan pilihan H2, H4, dan L4 yang bisa meningkatkan operabilitas dan kenyamanan secara signifikan. Pengaturannya berupa saklar baru yang ditempatkan pada dashboard.

Transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic kini tersedia, tapi hanya pada tipe V. Sayangnya, Hilux belum ada mode berkendara off-road. 

Toyota hanya memberikan Rear Differential Lock System. Sistem ini akan membantu mengamankan traksi saat berkendara di medan berlumpur.

Hilux terasa aman ketika diajak mendaki di jalanan menanjak dan pegunungan dengan santai. Pengendaliannya cukup baik dan tidak limbung untuk sekelas kabin ganda, tetapi belum sebaik rivalnya.

Toyota merancang ulang susunan per daun atau leaf spring sehingga terasa nyaman bahkan di jalanan rusak sekalipun. Di sisi lain settingan ulang tersebut juga membuat mobil Toyota Hilux tidak mudah limbung ketika menikung atau pindah jalur.

Mesin Toyota Hilux Irit tapi Kurang Gahar

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 04

New Toyota Hilux dacelift double cabi hanya hadir dengan mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc empat silinder dengan Variable Nozzle Turbo (VNT). Mesin ini memiliki tenaga hingga 150 hp dengan torsi hingga 400 Nm. 

Kalau transmisinya ada dua pilihan, ada transmisi manual enam percepatan di tipe E dan G. Sedangkan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic hanya pada tipe V. 

Kemampuan Mitsubishi Triton di Medan Off Road Lebih Tangguh?

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 05

Mitsubishi Triton 2020 tersedia dalam 6 varian. Harga Mitsubishi Triton baru berkisar dari Rp 394 juta hingga Rp 457 jutaan.

4WD menjadi sistem penggerak paling umum yang digunakan pada mobil berbasis off-road. Membuat Triton sangat nyaman melewati medan kasar dengan tarikan maksimum.

Mitsubishi Triton dilengkapi transfer case mekanikal yang memungkinkannya berjalan dengan sistem 4WD. Pengemudi bisa memiliki beberapa pilihan, yaitu 2 High (2H), 4 High (4H), dan 4 Low (4L) menggunakan selector dial yang terletak pada konsol tengah.

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 06

Kemudahan mengubah mode penggerak roda dari 2WD ke 4WD bahkan pada kecepatan 100 km/jam. Untuk mempermudah Anda berkendara di medan off-road, Triton mendapatkan mode berkendara off-road dan ground clearance mencapai 220 mm.

Sistem suspensi yang digunakan memungkinkan Triton mengarungi semua medan tapi tetap memberikan kenyamanan bagi penumpang. Performanya masih badak dipadukan transmisi yang efisien dan selaras di keempat roda.

Mesin Triton Lebih Jumawa dan Bertenaga

Mana Pikap Double Cabin Paling Tangguh, Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton? 07

Mesin Triton berkode 4N15 menghadirkan tenaga maksimal hingga 178 hp pada putaran 3.500 rpm dan torsi puncak 430 Nm pada 1.500-3.500 rpm dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. 

Melihat angkanya, output dan torsi mesin Triton lebih besar dari Hilux. Padahal, keduanya sama-sama berkapasitas 2,4 liter diesel. Ini membuat Triton akan lebih mudah melahap medan off road. 

Kesimpulan

Dari dua perbandingan di atas, rasa berkendara Mitsubishi Triton bisa dibilang lebih baik dibandingkan Hilux. Bukan hanya sistem suspensi yang nyaman, tapi ‘performa badak’ dan ketangguhannya mengarungi jalanan bergelombang adalah cerminan pikap kabin ganda sepenuhnya.

Bagi yang ingin mencari mobil tangguh untuk pengendaraan medan kasar, jelas Mitsubishi Triton merupakan pilihan yang bisa diandalkan. Fitur serta sistem bantuan yang diberikan bisa dibilang lebih mendukung dibandingkan Hilux.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Hilux 2.0L Single Cab

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru