window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya

Prasetyo · 12 Jan, 2023 16:05

Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya 01

Diskon mobil baru biasanya jadi momentum yang paling ditunggu-tunggu. Karena inilah kesempatan untuk dapat memiliki mobil baru namun dengan harga sedikit lebih murah. Tapi kondisi tersebut tidak terjadi pada Tesla.

Akibat sering memberikan diskon mobil baru yang mereka tawarkan, sejumlah dealer resmi Tesla di Cina malah didemo konsumennya. Setidaknya itulah laporan dari Reuters yang memperlihatkan beberapa showroom Tesla di Shanghai, Cina di duduki para pendemo.

Baca juga: Luhut Pede Tesla Akan Investasi di Indonesia, Pabrikan Lain Menyusul

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tesla Terus Berikan Diskon Mobil Baru Selama 3 Bulan

Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya 01

Konsumen geruduk showroom Tesla di Shanghai

Ratusan konsumen Tesla ini diketahui adalah pemilik Tesla Model Y dan Tesla Model 3. Mereka melancarkan aksi protes karena keputusan sejumlah dealer pabrikan mobil listrik tersebut. Hal itu dikarenakan dealer di Cina terus saja memberikan diskon selama 3 bulan berturut-turut.

Awalnya para konsumen ini membiarkan ketika showroom-showroom mulai menebar diskon. Kala itu pabrikan yang dipimpin oleh Elon Musk tersebut memang tengah mendongkrak penjualannya akibat kalah saing dari mobil-mobil produksi domestik.

Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya 02

Tesla Model 3

Namun ternyata potongan harga yang diberikan ini berlangsung terus menerus bahkan besarannya bertambah. Sehingga pelanggan-pelanggan ini menilai kalau mereka sudah cukup rugi lantaran membeli harga yang lebih tinggi dibanding ketika diskon terus ditawarkan.

Baca juga: Mau Berhenti, Tesla Model Y Ini Tiba-tiba Malah Berakselerasi dan Terjadi Kecelakaan Mengerikan!

Konsumen Tesla Minta Kompensasi

Diskon mobil baru yang diberikan oleh pihak dealer memang besarannya cukup lumayan. Kondisi tersebut membuat harga mobil-mobil baru Tesla turun antara 13 persen hingga 24 persen. Sejumlah analis menilai, langkah ini dilakukan Tesla karena penjualannya terlihat melambat di penghujung tahun 2022.

Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya 03

Tesla Model Y

Namun tentu saja situasi tersebut tidak disukai para konsumen mobil listrik brand asal Amerika Serikat (AS) itu. "Ini mungkin terlihat seperti langkah bisnis biasa. Tapi ini bukan cara bisnis yang bertanggung jawab," ucap satu pendemo.

Para pelanggan ini juga menilai pihak Tesla tidak menjelaskan kenapa harga mobil mereka sekarang bisa lebih murah. Selain itu para pemilik Tesla ini juga mengajukan permintaan kompensasi serta permintaan maaf dari pihak Tesla. "Kembalikan uang kami. Bayar ganti rugi untuk mobil yang kita beli lebih mahal" teriak pendemo yang lain.

Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya 04

Tesla harus bersaing dengan merek Cina yang harganya lebih murah

Adapun Bill Russo, Head of Analyst Automobility Ltd di Shanghai mengatakan, Tesla harus memangkas harga karena bersaing dengan pabrikan Cina yang menawarkan harga terjangkau. "Tidak ada pasar lain di dunia ketika Tesla harus menghadapi persaingan dengan Cina. Mereka berada di pasar EV yang sangat besar sehingga perusahaan harus memotong harganya secara agresif," tukas Russo.

Baca juga: Kalah Strategi, Jualan Mobil Toyota Dipecundangi Tesla

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Tesla Model 3 Standard Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia