window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kenapa Ya Ukuran Diameter Setir Bus Dibuat Lebih Lebar Dibanding Mobil Biasa?

Adit · 3 Mei, 2022 12:11

Kenapa Ya Ukuran Diameter Setir Bus Dibuat Lebih Lebar Dibanding Mobil Biasa? 01

  • Buat yang belum tahu, ini alasannya diameter setir bus dibuat lebih lebar dibanding mobil biasa.
  • Ternyata salah satu alasannya agar pengemudi lebih mudah bermanuver.
  • Selain itu juga untuk menjaga kestabilan laju bus.

Kendaraan bus dan truk punya ciri khas berupa ukuran diameter lingkar kemudi atau setir yang didesain lebih lebar dibanding mobil biasa. Tak jarang banyak pecinta kendaraan berdimensi besar dan panjang ini menyebutnya sebagai setir tampah, lantaran diameternya besar layaknya tampah. 

Mengutip dari National Bus, diameter setir bus dibuat lebar bukannya tanpa sebab. Hal ini ada kaitannya dengan gaya yang diperlukan untuk mengendalikan arah laju bus yang memiliki dimensi besar maupun bobot yang berat, serta ukuran ban yang lebar dan tapak yang luas.

Kenapa Ya Ukuran Diameter Setir Bus Dibuat Lebih Lebar Dibanding Mobil Biasa? 02

Setir bus dibuat lebar juga untuk kestabilan bus (dok. Nugroho Febianto)

Baca Juga: Dulu Sempat Populer, Ini Alasan Bus Bermesin Depan Sekarang Kalah Pamor Dari Bus Mesin Belakang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bayangkan, untuk mobil biasa saja bobotnya sekitar 1 hingga 3 ton, sementara bus keseluruhan beratnya bisa mencapai 26 ton tergantung ukuran dan kemampuan daya angkut penumpangnya. Sehingga untuk dapat membelokkan roda depan, butuh torsi yang besar dan ini bisa didapatkan dari diamater setir yang lebar. 

Torsi didefinisikan sebagai gaya puntir yang menyebabkan rotasi. Adapun titik di mana benda berputar disebut sebagai sumbu rotasi. Dalam hal ini bagian tengah setirnya. 

Terlebih untuk bus konvensional atau jaman dulu, input pengemudi ketika menggerakkan setir memberikan pengaruh yang banyak terhadap kendali bus. Dengan setir yang lebar, pengemudi akan lebih mudah bermanuver, jadi tidak perlu jadi atlet angkat besi dulu untuk jadi sopir bus. 

Kenapa Ya Ukuran Diameter Setir Bus Dibuat Lebih Lebar Dibanding Mobil Biasa? 01

Interior dan layout dashboard bus di Indonesia (dok. Nugroho Febianto)

Lebih lanjut Technical Training & Support Center Dept. Head PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Suyadi menambahkan, dengan begitu maka pengemudi jadi tidak mudah lelah, lantaran tidak mengeluarkan banyak gaya untuk mengendalikan arah laju bus. 

"Meskipun ada yang sudah menggunakan power steering, (setir yang lebar) supaya semakin ringan dan pengemudi juga tidak gampang capek. Tak perlu banyak tenaga untuk memutar kemudi," katanya.

Baca Juga: Mengenal Mercedes-Benz 'Volgren', Bus Bikinan Australia Andalan PPD dan Damri

Memungkinkan Kendali Bus Lebih Stabil

Percaya atau tidak, alasan diameter bus dibuat besar ada kaitannya dengan kestabilan bus. Umpama setir dibuat tidak besar, atau sama seperti mobil biasa, maka roda bus akan mudah bergerak apabila setir bergerak sedikit saja ketika berjalan.

Kenapa Ya Ukuran Diameter Setir Bus Dibuat Lebih Lebar Dibanding Mobil Biasa? 02

Perbandingan diameter setir bus Hino RK dan RN

Bila benar-benar terjadi, maka bus akan mudah bergoyang dan potensi timbul bencana jadi lebih besar. Dengan kata lain pengemudi sulit mengendalikannya. Oleh karena itu, setir bus dibuat lebar dan pergerakannya diatur dengan perubahan rotasi tertentu agar ban depan belok. 

Sehingga perubahan kecil umpama setir bergerak sekitar 2 centimeter saja tidak membuat roda berubah arah, inilah yang membuat laju bus tetap stabil. Kendati kini, lingkar kemudi dibuat sedikit lebih ringkas, supaya pengemudi bisa leluasa melihat informasi di panel instrumen. 

Contohnya bus Hino RK awalnya memiliki diameter 480 mm. Sekarang pada model terbarunya pada sasis RN dibuat mengecil sekitar 450 mm. Tahu ukuran diameter mobil biasa? Cuma sekitar 360-370 mm ternyata! 

Baca Juga: Hino RM 280, Apa Kelebihan Bus Terbaru Hino Berstandar Euro4 Ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil