window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift

Anissa · 18 Feb, 2021 09:00

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 01

Nissan Terra merupakan salah satu model mobil pabrikan Nissan yang mengisi segmen mobil Sport Utility Vehicle alias SUV di pasar otomotif Tanah Air. Mobil SUV yang satu ini pertama kali diluncurkan secara resmi dalam ajang Gaikindo Indonesia Intenational Auto Show yang digelar pada tahun 2018 lalu.

Nissan Terra sendiri mewarisi ketangguhan yang ditawarkan oleh dua model mobil Nissan lainnya, yakni Nissan Terrano dan Nissan Patrol. Mobil ini sendiri dirakit menggunakan chassis ladder frame yang memiliki dimensi terbesar di kelasnya. Meskipun menonjolkan sisi tangguh dari sebuah SUV, kenyamanan yang ditawarkan Nissan Terra ini tidak perlu diragukan lagi.

Nama Nissan Terra sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti "Bumi". Nissan Terra ini dihadirkan oleh Nissan demi memenuhi permintaan pasar otomotif di daerah Asia Tenggara terhadap mobil SUV yang semakin lama semakin meningkat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain andal untuk digunakan pada berbagai medan jalanan berkat ground clearance-nya yang tinggi, Nissan Terra ini juga dinilai cocok sebagai mobil keluarga karena kabinnya yang luas dan interiornya yang nyaman. Di segmen SUV, Nissan Terra sendiri bersaing dengan banyak mobil lain, dan salah satu mobil yang menjadi pesaing terberat dari Nissan Terra adalah Mitsubishi Pajero Sport.

Baik Nissan Terra maupun Mitsubishi Pajero Sport, keduanya diketahui mendapatkan facelift pada tahun 2021 ini. Lalu fitur apa saja yang membuat Nissan Terra 2021 unggul dari pesaingnya tersebut?

Sejarah Singkat Nissan Terra

Sebelum kita bicara soal fitur yang dimiliki oleh Nissan Terra 2021, mari kita simak sedikit penjelasan singkat tentang sejarah Nissan Terra. Nissan Terra merupakan salah satu model SUV yang diproduksi oleh Nissan. Mobil yang satu ini memiliki basis truk pick-up Nissan Navara D23.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 01

Nissan Terra sendiri pertama kali diperkenalkan di Tiongkok pada bulan April tahun 2018 dalam ajang pameran otomotif Auto China yang digelar di Beijing. Di Tiongkok sendiri, Nissan Terra ini dipasarkan oleh Dongfeng Nissan yang merupakan perusahaan joint-venture Dongfeng dan Nissan di negara tersebut.

Mengisi segmen SUV, Nissan Terra ini bersaing dengan banyak mobil lain mengingat pasar SUV semakin lama semakin banyak memiliki peminat. Mobil SUV yang satu ini harus bersaing dengan beberapa nama besar, sebut saja Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Ford Everest, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X.

Di Tiongkok juga, Nissan Terra menggantikan posisi Nissan Paladin. Selain itu, Nissan Terra juga menggantikan posisi Nissan Pathfinfer generasi ketiga yang dipasarkan di antara tahun 2005 hingga tahun 2012.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 02

Nissan Terra sendiri menggendong mesin bensin berkode QR25DE I4 dengan kapasitas 2,5 liter. Mesinnya ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 182 PS pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi 251 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Selain mesin bensin, Nissan Terra juga menawarkan pilihan mesin diesel. Mesin diesel yang digending Nissan Terra ini memiliki kode mesin YD25DDTi I4 dan memiliki kapasitas mesin 2,5 liter. Mesin diesel Nissan Terra ini sendiri diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 190 PS pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi 450 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm.

Kedua jenis mesin yang ditawarkan Nissan Terra ini dikawinkan dengan dua jenis sistem transmisi. Untuk transmisi manualnya, Nissan Terra menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan. Sementara itu, untuk transmisi otomatisnya, Nissan Terra mengandalkan sistem transmisi otomatis 7 percepatan.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 03

Kemudian, masih pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 28 Mei, Nissan Terra diluncurkan secara resmi di Filipina. Di negara tersebut, Nissan Terra hanya menghadirkan pilihan mesin diesel 2,5 liter. Jika dibandingkan dengan Nissan Terra yang diluncurkan di Tiongkok, Nissan Terra yang dipasarkan di Filipina ini memiliki dimensi yang lebih lebar 15 mm dan lebih panjang 3 mm.

Di Indonesia sendiri, Nissan Terra secara resmi diluncurkan di Indonesia pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) pada tanggal 2 Agustus 2018. Kehadiran Nissan Terra di Indonesia ini sebagai pengganti Nissan Terrano generasi pertama yang berhenti diproduksi pada tahun 2006 silam.

Spesifikasi mobil Nissan Terra yang dipasarkan di Indonesia ini sendiri sama persis dengan yang dipasarkan di Filipina. Nissan Terra mulai dipasarkan pada tanggal 22 Oktober 2018. Ketika itu, Nissan Terra dibanderol dengan harga mulai dari Rp464 jutaan.

Fitur Nissan Terra 2021

Facelift yang dilakukan Nissan pada Nissan Terra ini bisa dibilang cukup cepat. Pasalnya, Nissan memberikan facelift pada Nissan Terra hanya berselang dua tahun setelah peluncurannya di Indonesia.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 04

Tidak lagi diluncurkan perdana di Tiongkok, Nissan Terra 2021 versi facelift ini pertama kali diperkenalkan di Timur Tengah pada tahun 2020 lalu, tepatnya pada tanggal 25 November. Nissan Terra 2021 ini dikenal juga dengan nama Nissan X-Terra. Peluncuran Nissan Terra 2021 dilakukan secara daring melalui sebuah video peluncuran yang dirilis pihak Nissan.

Melansir situs resmi Nissan Middle East, ubahan yang paling besar yang dilakukan pada Nissan Terra 2021 ini terletak pada bagian facia depannya, dimana grille baru Nissan Terra menggunakan desain V-Motion khas Nissan yang lebih besar. Tetapi kali ini, kita akan lebih berfokus pada fitur-fitur yang ditawarkan oleh Nissan Terra 2021.

Nissan Terra 2021 memiliki lampu depan Quad LED Head Lamp yang dilengkapi fitur Daytime Running Lights. Bagi yang belum tahu, Quad LED Head Lamp ini merupakan lampu yang berupa empat LED proyektor.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 05

Sementara itu, lampu belakangnya juga memiliki LED rear lamp baru. Pada bagian interiornya, bisa terlihat ada perubahan dari segi desain. Dashboard Nissan Terra kini terlihat lebih mewah berkat penggunaan material soft touch dan setirnya menggunakan desain flat bottom seperti mobil Nissan yang lainnya.

Untuk fitur hiburannya, Nissan Terra 2021 ini mengandalkan head unit baru dengan ukuran 9 inci. Head unit yang disematkan Nissan pada mobil ini dilengkapi dengan fitur Nissan Connect, Apple CarPlay, serta Android Auto untuk memudahkan para konsumennya menyambungkan smartphone ke sistem head unit mobil ini. Nissan Terra juga dilengkapi dengan layar MID (Multi Information Display) yang memiliki ukuran lebih besar, yakni 7 inci.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 06

Kursi bagian depan dan tengah dari Nissan Terra 2021 ini menggunakan bahasa desain Zero Gravity yang dinilai bisa menawarkan kenyamanan yang lebih bagi para konsumennya. Selain itu, kaca depan dan samping Nissan Terra ini sudah mengunakan accoustic glass yang andal untuk meredam suara bising dari luar sehingga kabin terasa lebih senyap. Fitur yang satu ini merupakan salah satu fitur yang belum bisa kita temukan pada kompetitor Nissan Terra sekelasnya, termasuk Mitsubishi Pajero Sport.

Sekarang kita beralih ke fitur keselamatan dari Nissan Terra 2021. Pada barisan depan, tengah, dan belakangnya, Nissan Terra 2021 ini dibekali dengan three point seat belts. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Cruise Control.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 07

Bukan itu saja, Nissan Terra 2021 ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System, Brake Assist, serta Electronic Brake Distribution. Ada pula fitur Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, serta Parking Sensor.

Fitur keselamatan Nissan Terra 2021 ini sangat berlimpah, karena selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas tersebut, mobil ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur lainnya yang tidak kalah canggih. Ada Tyre Pressure Monitor System dan Brake-Limited Slip Differential yang dihadirkan pada semua varian Nissan Terra 2021.

Keunggulan Fitur Nissan Terra 2021 Yang Bisa Tantang Mitsubishi Pajero Sport Facelift 08

Lalu untuk varian Nissan Terra 2021 tertinggi, ada pula fitur Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, Intelligent Forward Collision Warning, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Driver Alertness, dan Intelligent Emergency Braking. Jika kita bandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra 2021 ini memiliki fitur yang relatif lebih lengkap. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi Nissan Terra 2021.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Nissan Terra Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil