window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan

Prasetyo · 8 Apr, 2022 09:02

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 01

  • Chery EQ1 tampil perdana di IIMS 2022.
  • Unitnya memang belum dijual, tapi sudah banyak menarik perhatian pengunjung.
  • Chery EQ1 tawarkan banyak teknologi advance namun dengan kepraktisan khas mobil perkotaan.

PT Chery Motor Indonesia memanfaatkan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 untuk mengumumkan jika mereka come back ke Indonesia. Ya kembali, karena sebelumnya merek otomotif yang satu ini juga pernah berkibar di Tanah Air. 

Tapi jangan underestimate Chery. Karena Chery yang dulu bukanlah Chery yang sekarang. Lihat saja bagaimana deretan lini produknya berjejer di IIMS 2022. Ada Omoda5, Skytour, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro. Semuanya tampil keren, sebagian lagi futuristik, bahkan ada yang menawarkan kendaraan masa depan. Pantas saja kalau di IIMS  2022 pabrikan ini mengambil tema "New Chery, New Product, New Experience".

Perlu diingat juga kalau mobil Chery saat ini menjadi satu-satunya brand Cina yang mampu mempertahankan angka penjualan globalnya selama 19 tahun berturut-turut. Total sudah lebih dari 10 juta unit kendaraan Chery yang beredar di seluruh dunia. Chery pun telah melakukan eskpor ke lebih dari 80 negara termasuk Eropa, Timur Tengah, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Ini sekaligus membuktikan jika produk Chery memiliki High Quality yang sudah diterima di seluruh negara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 01

Chery Omoda 5 juga tampil menggoda

Dan satu dari lima produk yang ditampilan Chery didebutnya di Indonesia yakni Chery EQ1. Yap, inilah mobil listrik Chery yang juga sudah dijadwalkan untuk dipasarkan semester kedua tahun ini. Kalau keempat produk lainnya bergenre SUV dengan mesin bakar internal berteknologi terkini, maka beda dengan EQ1. Sebab ini adalah mobil kota (city car) full electric (EV) yang hanya mengandalkan baterai serta motor electric sebagai sumber tenaganya.

Tampil dengan warna eksterior merah muda, dengan perawakannya yang kecil dan menggemaskan, Chery EQ1 di IIMS 2022 begitu menyorot banyak perhatian pengunjung. Kalau Anda juga penasaran seperti apa mobil listrik Chery ini, yuk kita highlight lebih dalam.

Baca juga : 3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik

Fashionable Design yang Menggoda

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 02

Lampu utama sudah projector, ditambah LED foglight

Kecil, imut, pakai warna lucu, dan punya desain yang cukup fashionable. Itulah pandangan pertama yang kami tangkap kala melihat sosok asli EQ1. Sebenarnya, ini bukan mobil yang baru-baru banget bagi Chery. Namun baru kali ini wujud aslinya bisa kami lihat dan sentuh langsung.

Tampilannya mirip-mirip mobil listrik kecil yang banyak bersliweran di Eropa. Bodinya cukup banyak lekukan baik di fascia depan atau bagian belakang.

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 03

Tampilan belakang Chery EQ1

Uniknya lagi, warna bodi terbagi dalam tiga kelir kombinasi. Pertama warna dominan, lalu ada aksen hitam di pilar dan bingkai kaca, abu-abu dof pada fender dan bemper belakang, serta aksen silver di bemper belakang.

Dimensi Chery EQ1
Panjang 3.200 mm
Lebar 1.670 mm
Tinggi 1.550 mm
Jarak sumbu roda 2.150 mm

Interior Syarat Akan Advance Technology

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 04

Nuansa kabinnya juga menarik

Masuk keruang kabinnya membuat kami sedikit terkejut. Bagaimana tidak, dengan panjang bodi tak sampai 3,5 meter, ternyata Chery menyajikan ruang kaki dan kepala yang masih cukup lega. Dengan postur tubuh 175 cm, masih cukup banyak ruang kaki dan ruang kepala saat duduk di bangku depan. 

Sebenarnya mobil ini lebih cocok untuk dipakai sendiri atau berdua demi menemani aktifitas harian. Karena jok belakang terlihat sangat sempit untuk ukuran dewasa. Tapi kalau hanya diisi anak-anak rasanya masih bisa dimaklumi. Apalagi jok belakang bisa dilipat rata, sehingga memudahkan buat membawa barang ukuran besar.

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 05

Jok nyaman dengan kombinasi warna yang apik

Desain yang cantik rupanya masih dipertahankan pada ruang interior. Ini terlihat dari layout dasboard yang terlihat sangat kekinian. Apalagi kombinasi warnanya juga senada dnegan kelir eksterior. Chery juga cukup cerdik dalam pemilihan kombinasi warna pelapis jok. Putih dengan pink rasanya sangat cocok mobil ini menggoda kaum hawa.

Tentunya kami yakin Chery EQ1 akan punay pilihan warna lebih beragam. Dan kaum adam pun pasti akan menyukai keberadaan headunit 9 inci yang berdiri tegak di tengah dasbor. Apalagi pengaturan audio terlihat juga ada di lingkar kemudi. Sehingga rasanya bisa disejajarkan dnegan mobil-mobil modern masa kini.

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 06

Ada panoramic roof

Yang jadi nilai plus paling mencolok di EQ1 adalah pada bagian atapnya. Karena Chery sudah menanamkan atap kaca alias panoramic roof di mobil sekecil ini. Sebuah teknologi yang sangat advance bahkan di beberapa mobil yang sudah lama beredar di Indonesia fitur ini masih absen.

Baca juga : Chery Akan Jual 5 Model di Indonesia Termasuk Mobil Listrik Mungil, Harganya Murah?

Baterainya Bisa Tahan 4 Hari

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 07

Ban ukuran 165/65 R15, layaknya citycar kebanyakan

Oke sekarang kita ulas mengenai sumber tenaganya. Baterai Chery EQ1 berkapasitas 30,6 kWh dan menggunakan motor penggerak sinkron magnet permanen. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan tenaga 42 PS dengan torsi 120 Nm.

Menurut klaim Chery, baterai ini mampu membuat mobil melaju dengan kecepatan normal hingga sejauh 301 km sebelum baterai benar-benar kehilangan daya listrik.

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 08

Soket daya baterai ada di bagian belakang

Kalau kami asumsikan Anda tinggal di kawasan BSD, Tangerang namun berkantor di pusat kota Jakarta seperti Sudirman-Thamrin serta harus menempuh jarak satu kali perjalanan sejauh 36 km, maka baterai EQ1 akan perlu kembali disi daya listriknya kira-kira tiap 4 hari sekali.

Untuk pengisiannya, kalau Anda pakai fasilitas fast charging di SPKLU milik PLN atau swasta, maka hanya butuh sekitar 30 menit untuk mencapai kondisi baterai 80%. Tapi kalau pakai soket listrik di rumah, tentu bisa jauh lebih lama.

Lebih Dekat dengan Chery EQ1, Mobil Listrik Paling Rasional untuk Dinantikan 09

Pengaturan jok bagian depan sudah full elektrik

Tapi gak masalah kok sebenarnya, karena begitu baterai habis dan Anda pulang ke rumah di malam hari, tinggal colok charger baterainya ke soket di rumah, lalu biarkan sampai pagi hari saat hendak berangkat kerja maka baterai bisa sudah terisi penuh.

Spesifikasi Chery EQ1
Tipe baterai Lithium NCM
Kapasitas baterai 30,6 kWh
Daya pakai baterai 301 km
Lama pengisian daya baterai 30 menit (30-80%)

Kesimpulan

Dengan pengisian daya listrik di SPKLU yang lebih murah ketimbang harga BBM yang terus melambung tinggi, rasanya mobil listrik kecil yang praktis dengan berbagai fitur terkini seperti Chery EQ1 adalah pilihan tepat untuk moda transportasi di dalam kota pada masa seperti sekarang ini. Apalagi kalau ternyata harganya bisa setara LMPV yang memang menjadi pasar tergemuk di Indonesia.

Gimana Chery?

Baca juga : Chery Jadikan Indonesia Basis Produksi Mobil Setir Kanan Buat Dunia, Pertama Ekspor Buat ASEAN

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil