window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Melihat Museum Isuzu Plaza, Ada Truk Tertua di Jepang Sampai Mbahnya Isuzu Elf

Prasetyo · 25 Okt, 2023 19:03

isuzu plaza

Seperti halnya pabrikan otomotif lain, Isuzu juga memiliki musem tersendiri yang menampilkan bagaimana sejarah dari si Rajanya Diesel ini.

Nama musem tersebut Isuzu Plaza yang dibangun April 2017 lalu dalam rangka memperingati hari jadi Isuzu Motors yang ke-80. 

Lokasinya berdekatan dengan pabrik Isuzu Fujisawa Plant, seluruh area bangunan ini menyajikan informasi serta edukasi kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dengan merek Isuzu, mulai dari sejarah, produk, hingga teknologi masa depan mereka.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Isuzu Hadirkan Traga Refrigerator Box Jadi Solusi Bisnis Logistik Beku

Ada Apa Saja di Museum Isuzu Plaza?

isuzu plaza

Mengupas tuntas sejarah Isuzu

Di tempat ini tentunya dipajang secara detail bagaimana sejarah Isuzu yang merupakan salah satu perusahaan tertua di industri otomotif Jepang.

Dimulai pada tahun 1916, Tokyo Ishikawajima Ship-building and Engineering Co.,Ltd dan Tokyo Gas dan Electric Industrial Co., mulai berinisiatif membangun perusahaan otomotif, yang di kemudian hari (tahun 1949) dinamakan Isuzu Motors Limited.

Seiring waktu, Isuzu terus menjadi pemain utama dalam industri otomotif di Jepang, dan menjadi pengembang mesin diesel terkemuka untuk kendaraan komersial dan angkutan penumpang di tingkat global hingga saat ini. 

isuzu plaza

Iusuzu sudah buat truk sejak 1924

Di sini banyak dipamerkan berbagai model-model Isuzu yang ikonik dan bersejarah, termasuk Wolseley CP Truck tahun 1924. 

Ini adalah truk tertua yang dirakit di Jepang, hasil kerjasama dengan perusahaan asal Inggris, Wolseley.

Di area koleksi model Isuzu yang ikonik dari masa lampau (History of Isuzu) dipajang berbagai kendaraan, seperti Bus Sumida M 1932, Truk TX80 1948, Isuzu Elf TLD20 1963, sedan Isuzu Bellel 1961, Chevrolet Luv 1972, hingga Isuzu Gemini 1974.

Model-model Isuzu terbaru juga menjadi ‘bintang’ di area museum seperti kendaraan "special rescue", bus tandem Isuzu Erga, Isuzu Giga Tractor, heavy-duty truk Isuzu Giga Dumper, medium duty-truck Forward, light-duty truck Elf, dan D-Max. 

Ada Berbagai Mesin Rajanya Diesel

isuzu plaza

Cikal bakal truk heavy duty Isuzu

Di area lain museum ini juga dipajang berbagai peraga interaktif, yang memudahkan pengunjung memahami proses pembuatan kendaraan Isuzu. Lengkap dengan fitur dan teknologi yang disematkan pada produk Isuzu terbaru. 

Tak ketinggalan di salah satu sudut museum, dipajang beragam varian mesin diesel Isuzu legendaris yang sekaligus menunjukan supremasi Isuzu di teknologi mesin diesel dari masa ke masa. 
Seperti mesin DL210, 4EE2-TC, 10TD1, 6BB1, 6SD1-TC, Sumida DA4, dan sebagainya lengkap beserta spesifikasi serta sejarahnya. 

Baca juga: Kelebihan Isuzu Traga yang Tidak Bisa Dikalahkan Mitsubishi L300

Isuzu di Indonesia Juga Tak Kalah Menarik

isuzu plaza

Sejarah bus Isuzu

Perjalanan panjang Isuzu di Indonesia juga menjadi cerita menarik, yang menjadi bagian dari sejarah Isuzu global. 

Sepak terjang Isuzu di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1974, menyuguhkan berbagai produk yang tangguh dan irit, sehingga telah diakui konsumen sebagai partner sejati di kehidupan masyarakat Indonesia. 

Pondasi bisnis Isuzu di Indonesia diawali pada tahun 1974, yang saat ini diprakarsai oleh berdirinya PT Pantja Motor. 

Lalu di tahun 1988, PT Astra International Tbk menjadi pemegang saham PT Pantja Motor, dilanjut di tahun 1991, lahirlah produk Isuzu Panther yang kelak menjadi legenda MPV diesel di tanah air, sekaligus menjadi DNA Isuzu terkait kendaraan yang tangguh, irit dan menjadi partner sejati.

Isuzu Panther

Isuzu Panther generasi pertama

Beranjak ke tahun 2008, PT Pantja Motor berganti nama menjadi PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang kepemilikan sahamnya dipegang oleh PT Arya Kharisma (PT Astra International Tbk) dan Isuzu Motors Ltd, masing-masing sebesar 50%.

Sepak terjang Isuzu makin gencar melahirkan produk-produk anyar, yakni di tahun 2004 meluncurkan Isuzu D-Max, lalu di 2008 mengaspal Isuzu ELF, dan 2011 lahir Isuzu GIGA.

Berikutnya tepat di tahun 2013, Isuzu Indonesia meresmikan pendirian pabrik pertama Isuzu di Karawang, Jawa Barat.

Lalu di tahun 2014 diluncurkan Isuzu mu-X untuk pertama kalinya, setahun kemudian di 2015, pabrik Isuzu di Karawang mulai berproduksi untuk salah satunya memproduksi Isuzu Traga, yang resmi diproduksi Isuzu Indonesia sejak tahun 2018.

Kemudian di tahun 2021, IAMI mengumumkan untuk menghentikan produksi sang Legenda Isuzu Panther, namun meski begitu dukungan suku cadang tetap diberikan hingga kini. Berikutnya di tahun 2019, Isuzu Indonesia mulai mengapalkan Isuzu Traga untuk pasar ekspor perdana ke mancanegara.

Dan pada tahun 2022, teknologi mesin diesel Isuzu yang irit dan ramah lingkungan siap mengimplementasikan standar emisi gas buang Euro 4 yang diterapkan di semua produk Isuzu Indonesia. 

Baca juga: Isuzu D-Max Facelift 2023 Hadir Lebih Sangar, Bisakah Saingi Hilux dan Triton?

Mesin Diesel Isuzu di Indonesia Juga Terus Berkembang

isuzu elf ev

Isuzu Elf EV

Fokus sejak awal mengembangkan mesin diesel, Isuzu terus mengadopsi teknologi mesin diesel modern untuk kendaraan-kendaraannya, termasuk yang dijual di Indonesia.

Kendaraan-kendaraan Isuzu di Indonesia telah menggunakan teknologi mesin diesel modern berstandar common rail yang bertenaga namun tetap irit serta ramah lingkungan. 
        
Sebut saja Isuzu Traga dengan mesin 4 silinder 4AJA1-CR yang dilengkapi VGT Turbo Intercooler, lalu Isuzu Elf yang kini punya teknologi mesin Common Rail 4JJ1-TC, dan Isuzu Giga yang disematkan mesin heavy duty common rail 6HK1-TCN.

Mesin-mesin tersebut telah dilengkapi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4.

Keunggulan mesin diesel Isuzu telah terbukti sejak lama, merupakan DNA Isuzu yang terus diwariskan hingga kini. Seperti halnya produk legendaris Isuzu Panther. 

"Namun sedikit berbeda dengan Isuzu pada era Isuzu Panther sebagai mobil passenger, Isuzu pada era kendaraan komersial fokus melahirkan kendaraan berserta solusi layanan yang menjadi mitra (partner) dalam perjalanan bisnis para konsumennya," ungkap Puti Annisa Moeloek, Communication Management Dept, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).

Isuzu MU-X

Isuzu MU-X

Sebagai pionir mobil pertama di Jepang, hingga menjadi produsen truk nomor 1 di 45 negara, setiap langkah Isuzu adalah perjalanan menuju hidup yang makin bermakna. 

Beragam lini produk Isuzu dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Commercial Vehicle (CV) dan Light Commercial Vehicle (LCV). CV terdiri dari medium pick up IsuzuTraga, light truck Isuzu Elf dan medium truck Isuzu Giga. 

Sedangkan dalam kategori LCV terdapat beberapa kendaraan yang ditawarkan, yaitu Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X. Isuzu akan terus mengembangkan produk guna memenuhi permintaan customer akan kendaraan berkualitas yang sesuai dengan setiap kondisi dan tantangan yang ada.

Baca juga: Pick Up Listrik Isuzu D-Max EV Bakal Dijual di Asia, Indonesia Kebagian Jatah?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Traga Pick Up (FD)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil