window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nggak Cuma Mobilnya, Peralatan Pabrik Isuzu Juga Pakai Robot Canggih

Herdi · 25 Okt, 2023 11:03

Nggak Cuma Mobilnya, Peralatan Pabrik Isuzu Juga Pakai Robot Canggih 01

Perusahaan kendaraan komersial, Isuzu, jadi salah satu brand yang sukses di kancah otomotif nasional. 

Bagaimana tidak, jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Isuzu jadi merek komersial yang selalu masuk dalam 10 besar merek kendaraan otomotif terlaris di Tanah Air. 

Nah, bicara soal Isuzu Indonesia, ternyata kesuksesan yang diraih dalam setiap unitnya yang diproduksi secara lokal, tak lepas dari peran pabrik Isuzu-Fujisawa Plant,yang berlokasi di Fujisawa-Shi, Kanagawa, Jepang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Isuzu Bawa Truk Anti Minum Solar di Japan Mobility Show 2023

Pabrik Isuzu Fujisawa Plant

Sejumlah karyawan pabrik Isuzu Fujisawa Plant sedang merakit bagian gardan

Isuzu Fujisawa Plant yang memiliki luas lebih dari 100 hektar, memiliki pengetahuan dan teknologi canggih yang secara bertahap telah ditransfer teknologinya ke pabrik Isuzu di Indonesia. 

"Hal ini turut serta mentransfer teknologi dari Pabrik Isuzu di produk-produk Isuzu yang diproduksi di Indonesia. Termasuk pula transfer keahlian dan budaya kerja di sisi human capital atau Sumber Daya Manusia (SDM)," tulis Isuzu dalam keterangan tertulisnya. 

Baca juga: Kelebihan Isuzu Traga yang Tidak Bisa Dikalahkan Mitsubishi L300

Pabrik Isuzu Fujisawa Plant

Pabrik Isuzu Fujisawa Plant memproduksi sejumlah jenis kendaran

Fujisawa Plant juga menjadi pusat pengembangan model-model baru Isuzu. Hal ini berkat fasilitas Research and Development (R&D) yang dimiliki, lengkap dengan berbagai kebutuhan bagi tim desain dan periset Isuzu. 

Melalui fasilitas R&D juga terlahir berbagai gagasan dan konsep kendaraan niaga Isuzu untuk masa depan.

Isuzu Fujisawa Plant juga jadi salah satu pabrik yang tertua hingga saat ini, dan menjadi salah satu bagian terpenting bagi Isuzu global untuk memasarkan produk ke lebih dari 150 negara dan mencapai pangsa pasar No.1 di 45 negara pada tahun 2021.

Pabrik Isuzu Sudah Gunakan Robot dan Rajin Transfer Teknologi

Pabrik Isuzu Fujisawa Plant

Isuzu Fujisawa Plant

Meski pabrik Isuzu Fujisawa Plant sudah cukup tua, namun untuk penerapan teknologinya berbanding terbalik, karena diklaim sangat canggih. 

Bahkan salah satu proses produksi yaitu welding, tak kurang dari 95 persen prosesnya dikerjakan oleh robot.

Untuk memberikan kualitas yang prima, tangan terampil dan kejelian sumber daya manusia tetap diperlukan terutama pada proses produksi seperti final assembly dan inspection.

Pabrik Isuzu Fujisawa Plant sudah menggunakan robot

Isuzu Fujisawa Plant sudah menggunakan robot canggih

Demi menjamin kualitas kerja dari pekerja yang baik, Isuzu memiliki nilai yang disebut dengan Isuzu Monozukuri (IM).

Melalui nilai ini, setiap pekerja Isuzu memiliki mindset bahwa dalam proses produksi, tidak ada satupun langkah atau tindakan yang berisiko menghasilkan cacat produksi atau defect.

Hal ini pula yang membuat PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Isuzu di Tanah Air rutin mengirimkan SDM-nya untuk menyerap teknologi dan pengetahuan manufaktur di pabrik Isuzu Fujisawa Plant.

Pengecakan kualit kontrol tetap perlu menggunakan manusia

Pengecekan kualiti kontrol tetap perlu menggunakan sumber daya manusia

Baca juga: Pick Up Listrik Isuzu D-Max EV Bakal Dijual di Asia, Indonesia Kebagian Jatah?

Diketahui sejak tahun 2013, PT IAMI secara konsisten mengirim karyawan terpilihnya untuk diterbangkan ke Jepang. 

Disebutkan, pengiriman ini dilakukan untuk memberikan pengalaman dan mengubah pola pikir serta etos kerja yang nantinya bisa diterapkan di PT IAMI.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Traga Pick Up (FD)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil