Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya

Prasetyo · 30 Nov, 2022 10:08

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 01

Memilih ban mobil terbaik ternyata bisa mempengaruhi banyak hal ketika berkendara. Mulai dari kenyamanan, pengendalian, kemampuan pengereman, hingga efisiensi bahan bakar.

Pemilihan ban yang tepat penting untuk diketahui, karena ban merupakan satu komponen terpenting di mobil. Sementara dipasaran, para produsen ban mobil menawarkan beragam tipe, yang utama ada tiga yakni tipe HT, MT, dan AT.

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 02

Umumnya ban mobil terbagi dalam tiga tipe

Nah bagaimana memilih ban mobil terbaik sesuai peruntukannya supaya nyaman dikendarai dan bisa ikut menghemat bahan bakar? Kami bagikan tipsnya dikutip dari Autofun Thailand.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });
@autofun.indonesia Arti Indikator Malfungsi Mobil #tipsmobil #reviewmobil ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Ban Mobil Terbaik untuk Citycar, Hatchback, dan Sedan

Pertama-tama kita bahas mengenai ban tipe HT. Ini adalah ban standar yang biasanya digunakan pabrikan otomotif untuk mobil-mobil pemakaian di jalan raya beraspal. Misalnya citycar, hatchback, sedan, atau sports car.

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 01

Ban buat di aspal mulus

Ban jenis ini memiliki pola tapak yang kecil dan halus untuk membantu cengkeraman maksimal di jalan. Selain itu bannya sendiri ringan sehingga dapat digunakan pada kecepatan tinggi dengan baik.

Pabrikan ada pula yang menawarkan ban HT tipe ECO. Biasanya ban ini punya karakter rolling resistance (hambatan gulir) yang lebih rendah sehingga bisa menghemat konsumsi bahan bakar dibandingkan jenis ban lainnya.

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 02

Bukan buat medan kasar

Jangan gunakan ban tipe HT jika kendaraan Anda mengangkut beban cukup berat. Tak boleh pula gunakan ban tipe ini ketika berkendara di permukaan jalan yang kasar atau medan offroad sekalipun.

Baca juga: Pernah Dengar Istilah Ban Mobil All Season dan Ban Musim Panas? Yuk Pahami Fungsinya Biar Gak Salah Pasang

Ban Mobil Terbaik untuk Off Road

Tipe ban kedua adalah MT (Mud Terrain). Seperti namanya ini adalah ban yang dirancang khusus untuk penggunaan off-road. Memiliki tapak tebal, dalam dan lebar, sehingga mampu mencengkram permukaan di medan kasar maupun berlumpur.

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 03

Daya cengkramnya bagus di medan kasar

Ban ini cenderung lebih besar, tebal dan berat. Tak pelak membawa kerugian utama adalah pada tingkat konsumsi BBM mobil jadi lebih tinggi dari biasanya.

Karenanya jangan terlalu sering gunakan ban MT di permukaan jalan beraspal. Apalagi ban juga lebih berisik dan tidak mampu membuat daya cengkram maksimal saat dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Baca juga : Sering Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Lain Ban Tubeless Sering Kempes

Ban Segala Medan

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 04

Ban HT, At dan MT

Terakhir ban mobil tipe AT (All Terrain). Ban ini punya pola tapak yang lebih tebal dan lebih besar dari tipe HT tapi tidak seekstrim ban MT. Karenanya ban tipe ini populer digunakan untuk mobil jenis SUV atau pickup.

Lantaran bisa dipakai di jalan beraspal atau medan kasar, ban ini cocok untuk orang yang harus berkendara ke banyak tempat baik di dalam kota maupun luar kota. Tapi kekurangannya ban ini lebih keras dan lebih bising dari ban HT.

Memilih Ban Mobil Terbaik Biar Bisa Lebih Irit BBM, Kenali Tiap Tipenya 05

Seringnya dipakai di mobil SUV

Selain itu ban AT juga mempangaruhi konsumsi BBM mobil jadi lebih banyak ketimbang ban HT. Tetapi pada saat menemui medan kasar seperti kerikil, ban AT punya grip lebih baik dari ban HT.

Baca juga : Bukan Cuma Menambah Kegantengan, Ternyata Ini Fungsi Utama Strutbar yang Belum Banyak Orang Tahu

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru