Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui

Bent Aulia · 24 Agu, 2020 09:00

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 01

Harga Kia Rio, atau All New Kia Rio, yang dipasarkan sejak 2017 dimulai dari Rp276 jutaan. Cukup tinggi dibandingkan hatchback lain di segmennya. Meski tak begitu populer di Indonesia, namun kelebihan dan kekurangan Kia Rio membuktikan mobil ini tetap menarik untuk dikendarai.

Kelebihan Kia Rio

Desain stylish

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 02

Meski dibuat di Korea, namun eksterior Kia Rio menampilkan model yang elegan layaknya mobil Eropa. Dimensinya kompak dengan desain yang cantik dari luar hingga kabin dalam. Rio bahkan mendapatkan penghargaan iF Design Awards pada tahun 2017. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Kabin dan bagasi lapang

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 01

Terlepas dari dimensi yang kompak untuk memudahkan manuver di jalanan perkotaan, namun interior Kia Rio menawarkan ruang kabin dan penyimpanan yang cukup lapang dibandingkan pesaingnya. Ruang belakangnya mampu menampung barang kebutuhan sehari-hari tanpa kesulitan.

Kenyamanan di dalam kabin

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 02

Suspensi yang empuk dan memberikan kenyamanan menjadi salah satu keunggulan dari mobil Kia Rio. Dan yang paling penting, kualitas material serta build quality Kia Rio bisa dibilang sangat baik dengan tampilan interior yang ergonomis guna memudahkan pengendaraan.

Handling yang presisi

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 03

Tak banyak yang mengetahui bahwa Kia Rio memiliki rasa berkendara yang cukup baik untuk sekadar mobil perkotaan. Mesinnya menawan dengan tenaga 100 PS dan torsi maksimal 133 Nm. Bahkan Rio mendapatkan setir dengan fitur tilt dan teleskopik yang membantu mendapatkan posisi berkendara terbaik.

Kekurangan Kia Rio

Nama Kia yang kurang dikenal

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 04

Kia memang tak begitu populer di Indonesia. Hal ini membuat model Kia kurang mendapatkan nama di pasar otomotif Tanah Air meski memilki dipenuhi berbagai keunggulan. Masalah ini juga berhubungan dengan harga mobil bekas Kia Rio yang terkesan jatuh.

Fitur keselamatan kurang

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 05

Dengan harga yang ditawarkan, konsumen tentu menginginkan berbagai fitur di dalam mobil. Walaupun sudah memiliki panoramic sunroof, fitur keselamatan Kia Rio bisa dibilang masih kalah jika dibandingkan dengan pesaingnya, seperti tanpa kontrol traksi atau kontrol stabilitas. Rio bahkan hanya mendapatkan dua airbag di depan.

Spare part cukup langka

Mengulas Kelebihan dan Kekurangan Kia Rio yang Tak Banyak Diketahui 06

Dibandingkan pesaingnya dari Jepang, model Kia memiliki dealer yang tak begitu masif di Indonesia. Hal ini mengakibatkan mobil Kia membutuhkan perhatian khusus, apalagi dalam hal ketersediaan suku cadang yang cukup langka.

Kesimpulan

Tak banyak yang mengenal keunikan yang ditawarkan bagi mobil Kia Rio ini, termasuk desainnya yang menawan. Tapi bagi yang ingin mencari hatchback dengan gaya berbeda layaknya model yang sering terlihat lalu lalang di jalanan, Kia Rio 2020 bisa menjadi pilihan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

Komentar

Mobil Terbaru